Arti dan Tulisan Arab Aamiin Allahumma Aamiin

1 min read

Aamiin Allahumma Aamiin

Arti dan Tulisan Arab Aamiin Allahumma Aamiin – Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Muslim. Setelah melaksanakan sholat, kita akan berdzikir dan berdoa memohon ampunan dan perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Berdoa dengan khusyuk dan diakhiri dengan mengucapkan Aamiin. Tahukah kamu dengan bacaan aamiin allahumma aamiin? Ya, bacaan tersebut merupakan pengganti atau pelengkap dari kata aamiin. Bacaan tersebut biasanya digunakan untuk mengakhiri doa.

Berikut ini akan disampaikan mengenai arti dan tulisan Arab dari kalimat aamiin allahumma aamiin. Simak terus ya.

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Ketika berdoa biasanya akan diakhiri dengan aamiin. Selain menggunakan kata tersebut dapat juga menggunakan kalimat yang lebih lengkap yaitu Aamiin allahumma aamiin. Bacaan tersebut hampir sama maknanya dengan aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Aamiin artinya yaitu kabulkanlah. Sedangkan allahumma artinya yaitu ya Allah. Sehingga, Aamiin Allahumma Aamiin artinya kabulkanlah ya Allah kabulkanlah.

Biasanya kalimat ini digunakan oleh para penceramah seperti ulama, dai, dan sebagianya. Contohnya ketika penceramah berkata, “Allahumma”, para jamaah akan menjawab dengan, “Aamiin”.

Kalimat aamiin allahumma aamiin ini merupakan bacaan dari permohonan atau doa yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Penulisan Aamiin Allahumma Aamiin

Adapun berikut ini tulisan Arab dari bacaan aamiin yang lebih lengkap yaitu sebagai berikut:

Aamiin Allahumma Aamiin

Bacaan Arab

آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

Bacaan Latin

Aamiin allahumma aamiin.

Artinya

“Kabulkanlah ya Allah kabulkanlah.”

Perintah Berdoa

Berdoa merupakan hal yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Bahkan berdoa memiliki tata caranya sendiri dan berdoa juga harus dengan cara yang benar berdoa supaya doa kita dikabulkan oleh allah Subhanahu wa ta’ala.

Sebagaimana telah Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيْبٌ ۖ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيْبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah ayat 186)

Oleh karena itu, berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilaksanakan.

Berdoa tidak menjadikan kita hina, justru malah meningkatkan derajat kita. Dengan memasrahkan semua harapan dan doa kita hanya kepada Allah SUbhanahu wa ta’ala berarti kita hanya mempercayai-Nya. Berusaha semaksimal mungkin, dan berdoa memohon pertolongan Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan yang terbaik.

Karena kita makhluk yang lemah yang membutuhkan pertolongan Allah Subhanahu wa ta’ala agar dapat melewati segala hal dengan kuat dan sabar. Bagaimana pun keadaannya dan apapun yang dilakukan kita butuh Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita tidak tahu bisa jadi saat kita diam ada bencana atau musibah yang akan menimpa kita. Dengan berdoa, Allah Subhanahu wa ta’ala akan selalu menjaga kita.

Sebagaimana yang telah difirmankan,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللهِ ۖ وَاللهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيْدُ

Artinya: “Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah, dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS. Fatir ayat 15)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai materi aamiin allahumma aamiin yang menjelaskan tentang arti dan tulisan Arab dari bacaan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read