Arti dan Keutamaan Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin

2 min read

Aamiin Ya Rabbal 'Alamin

Arti dan Keutamaan Aamiin Ya Rabbal ‘Alamiin – Berdoa merupakan salah satu cara dalam memohon kepada Sang Pencipta, Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan berdoa apapun keluh kesah, harapan, impian, dan keinginan lainnya dapat kita sampaikan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bahkan kita terkadang mengadakan doa bersama. Hal ini dilakukan supaya doa kita diaminkan banyak orang dan berharap Allah Subhanahu wa ta’ala mengabulkan doa kita. Saat melakukan doa bersama, terdapat salah seorang yang memimpin doa dan yang lainnya mengaminkan doa tersebut. Berkata “aamiin” atau “aamiin ya rabbal ‘alamiin”.

Manakah yang lebih baik jawabannya? Kita juga tahu terdapat beragam penulisan aamiin. Di antaranya yaitu amin dan amiin. Manakah penulisan aamiin yang benar? Apakah itu berpengaruh pada doa kita? Berikut ini akan dibahas mengenai aamiin ya rabbal ‘alamiin, meliputi pengertian, penulisan, dan manfaat dari kalimat tersebut. Simak terus ya.

Arti

Amiin ya rabbal ‘alamiin merupakan salah satu doa dan ucapan permohonan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Kalimat tersebut merupakan penutup atau akhir dari doa.

Kalimat tersebut biasanya dibaca ketika terdapat orang lain yang mendoakan kita atau ketika kita menghadiri acara doa bersama. Terkadang kita hanya menjawab doa dengan satu kata yaitu “Amiin“.

Berdoa adalah cara kita berkomunikasi dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Apapun masalah kita dan harapan yang kita inginkan semua dapat kita bicarakan dengan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala hati kita merasa lebih tenang dan hidup kita lebih tenteram.

Seberat apapun masalah kita dan sesulit apapun keinginan kita semua dapat teratasi, yakin dan percayalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, karena hanya Dia lah yang dapat mengabulkan doa kita. Teruslah berikhtiar dan sabar dalam memohon. Semua akan diijabah di waktu dan di saat yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Karena hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

Berdoa juga sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Bahkan Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa memohon kepada-Nya. Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah (berdoa) kepada-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”” (QS. Al Mu’min ayat 60)

Tahukah kamu bagaimana cara menulis aamiin? Ya, kita sering sekali menemukan atau bahkan kita sendiri menulis aamiin dengan amin atau aamin atau amiin. Apakah kata tersebut memiliki makna yang sama? Jika tidak, manakah penulisan aamiin yang benar?

Pelafalan aamiin memanglah berbeda-beda. Tetapi perlu diketahui cara kata-kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Meskipun kata-kata tersebut jika dibaca akan terdengar sama, yang membedakan hanya dari panjang pendeknya harakat.

Adapun berikut ini perbedaan lafadz aamiin di antaranya yaitu:

a. Amin artinya yaitu aman atau tenteram. Dalam bahasa Arab ditulis sebagai berikut:

أَ مِن

b. Aamin artinya yaitu meminta perlindungan keamanan. Dalam bahasa Arab ditulis sebagai berikut:

آ مِن

c. Amiin artinya yaitu jujur terpercaya. Dalam bahasa Arab ditulis sebagai berikut:

أَ مِيْن

d. Aamiin artinya yaitu Ya Allah kabulkanlah doaku. Dalam bahasa Arab ditulis sebagai berikut:

آمِيْن

Oleh karena itu, cara membaca dan menulis aamiin memiliki makna yang berbeda. Sehingga perlu diperhatikan mulai dari sekarang. Agar konteks kalimat ketika kita menggunakannya tepat. Jika ingin mengatakan amin setelah berdoa maka gunakanlah kata “Aamiin“.

Penulisan

Adapun berikut ini penulisan dari kalimat aamiin ya rabbal ‘alamiin yaitu sebagai berikut:

Aamiin Ya Rabbal 'Alamiin

Bacaan Arab

آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin

Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Artinya

“Kabulkanlah doa kami ya Allah Tuhan Semesta Alam.”

Keutamaan

Seperti yang kita ketahui, kata amin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat sholat pun kita membaca aamiin setelah selesai membaca surat Al Fatihah. Hal itu merupakan salah satu yang disunnahkan dalam sholat.

Selain itu, membaca aamiin ya rabbal ‘alamiin dapat mendatangkan banyak pahala dan keutamaan-keutamaan lainnya.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ، فَقُولُوا: آمِينَ. فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Jika imam membaca, “Ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalliin”, maka ucapkanlah “aamiin”. Karena siapa saja yang mengucapkan “aamiin” bersamaan dengan ucapan “aamiin” malaikat, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dengan kalimat aamiin, Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuni dosa kita.

Meskipun demikian, dengan berjanji dan bertaubat untuk tidak mengulangi lagi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya ya.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai kalimat Aamiin ya rabbal ‘alamiin yang telah diterangkan dengan jelas meliputi arti, penulisan, dan keutamaan dari kalimat tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan kita bisa lebih baik lagi dalam beribadah. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read