Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9

3 min read

Al Hijr Ayat 9

Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9 – Arab, Latin, dan Terjemahan – Saat ini kitab mulai terbiasa dengan kata Hafidz Quran. Sudah banyak sekali sekolah atau pondok khusus untuk para hafidz Quran. Banyak orang tua yang memasukkan anak mereka ke sekolah yang memiliki guru dan prasarana yang lebih mumpuni. Selain itu, sudah banyak juga pondok atau sekolah untuk para tafidz Quran. Tidak sulit mencari sekolah yang mengkhususkan anak untuk belajar Al Quran dan ilmu agama lebih dalam lagi.

Orang tua sudah mulai memikirkan masa depan anak mereka dalam segala aspek, tidak hanya memikirkan dunia saja tetapi juga memikirkan akhirat mereka kelak. Karena anak merupakan jalan untuk mereka dapat bersama di akhirat kelak. Karena manusia tidak selamanya hidup di dunia. Banyak hal yang harus mereka lakukan untuk dapat hidup di dunia dan di akhirat. Karena dunia semakin tua dan mendekati akhir zaman. Jadi, orang tua harus benar-benar menjaga dan merawat anak agar dapat terus berpegang teguh pada Al Quran dan hadits. Mengerjakan apa yang diperintahkan Allah Subhanahu wa ta’ala dan menjauhi segala yang dilarang, serta mencontoh apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam.

Karena Al Quran merupakan sumber dari segala sumber ilmu yang harus dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Al Quran wajib dijaga dan dipelajari agar hidup penuh dengan arahan. Hal ini tertera juga di dalam salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al Hijr ayat 9. Sehingga, artikel berdoa kali ini akan membahas mengenai kandungan yang ada pada surat Al Hijr ayat 9. Simak hingga akhir ya.

Surat Al Hijr

Al Quran merupakan salah satu kitab suci yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diturunkannya Al Quran sebagai petunjuk bagi umat manusia. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan Al Quran kepada para sahabat hingga akhirnya sampai pada seluruh umatnya hingga saat ini.

Salah satu surat yang ada pada Al Quran yaitu Surat Al Hijr. Surat ini merupakan surat ke-15 yang terdiri dari 99 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Surat ini memiliki arti Negeri Kaum Samud. Pada salah satu ayat surat ini menjelaskan mengenai turunnya Al Quran.

Al Quran
Al Quran

Surat Al Hijr Ayat 9

Bacaan Arab Surat Al Hijr ayat 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Latin Bacaan Surat Al Hijr ayat 9

Innaa nahnu nazzalnadz dzikra wa innaa lahuu lahaafizuun.

Terjemahan Arti Surat Al Hijr ayat 9

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami (pula) yang benar-benar memeliharaya.”

Penjabaran Surat Al Hijr ayat 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran.”

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam diberikan kitab suci Al Quran yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dalam bentuk firman-Nya. Kemudian diajarkan kepada para sahabat dan masyarakat mengenai kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena hal itu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dianggap seperti orang gila dan mereka tidak menganggap Al Quran. Al Quran merupakan kitab yang diingkari oleh para kaum kafir Quraisy.

وَإِنَّا لَهُۥ لَحَافِظُونَ

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Menjaga Al Quran hingga akhir zaman dari segala hal yang tidak layak merupakan salah satu janji Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena Al Quran akan dijaga keasliannya. Tidak boleh menambahkan, mengurangi, atau mengganti satu kata pun dalam Al Quran agar tetap terjaga keasliannya.

Allah Subhanahu wa ta’ala menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai petunjuk. Selain itu, Al Quran berisi peringatan bagi segala hal permasalahan dan orang-orang yang tidak mendengarkan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Al Quran juga disebut dengan Adz Dzikra yang berarti petunjuk, rahmat, cahaya, dan obat.

Al Quran yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala akan dijaga oleh-Nya pula hingga akhir zaman. Oleh karena itu, ahlul Quran atau sebutan untuk para penghafal Al Quran, akan dijaga pula oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dengan membaca, mempelajari, dan menghafal Al Quran membantu tiap manusia untuk memperoleh rahmat dan hidayah dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Berpegang teguh pada Al Quran akan membantu tiap hamba-Nya untuk dapat hidup bahagia tidak hanya di dunia melainkan juga di akhirat kelak.

Kandungan Surat Al Hijr ayat 9

Malaikat Jibril menjaga dan mengecek bacaan Al Quran dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di tiap tahunnya. Kemudian Beliau mengecek pula bacaan para sahabat. Hal ini dilakukan agar keaslian dari Al Quran terjaga dengan baik dan tepat. Kemudian muncullah para penghafal Al Quran yang biasa kita sebut sebagai Hafidz Al Quran. Meski para penghafal Al Quran meninggal saat mengikuti peperangan. Tetapi Abu Bakar As Sidiq menerima usulan dari Umar bin Khattab untuk menulis Al Quran. Sahabat nabi yang ditugaskan untuk menulis Al Quran yaitu Zaid bin Sabit. Lembaran-lembaran tersebut tersusun sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam bentuk mushaf.

Peringatan terhadap orang-orang yang mengabaikan dan tidak mempercayai adanya Al Quran. Terutama bagi mereka yang mengolok-olok dan mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam orang gila.

Allah Subhanahu wa ta’ala menjaga Al Quran supaya tidak ada penambahan, pengurangan, atau penggantian. Al Quran juga menjadi bukti dari kerasulan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ayat-ayat yang ada pada Al Quran merupakan firman-firman Allah Subhanahu wa ta’ala. Malaikat Jibril merupakan perantara yang menyampaikan firman Allah Subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga, Al Quran akan terjaga kesucian, keaslian, dan kekekalan-Nya.

Oleh karena itu, kita tidak hanya membaca Al Quran saja tetapi juga mempelajarinya dengan benar dan sesuai. Banyak kita temui orang-orang yang salah dalam mengartikan maksud dari ayat-ayat Al Quran. Sehingga perlu dan harus mempelajari Al Quran di tempat yang tepat dan mumpuni.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai kandungan isi Al Quran surat Al Hijr ayat 9. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat menambah wawasan kita. Amiin ya Rabb. Mohon maaf jika ada salah kata. Terima kasih.