Alhamdulillah : Arti, Tulisan Arab, dan Keutamaannya

2 min read

Alhamdulillah

Alhamdulillah : Arti, Tulisan Arab, dan Keutamaannya – Siapa yang tidak mengetahui ucapan alhamdulillah? Ya, ucapan ini sering sekali kita dengar dan ucapkan. Kalimt yang ringan dan mudah untuk diucapkan. Apapun yang kita lakukan, kalimat ini merupakan satu-satunya kalimat yang mudah sekali diucapkan.

Alhamdulillah merupakan salah satu ucapan syukur yang dilakukan oleh tiap orang umat Muslim ketika memperoleh nikmat berupa rezeki, hadiah, kejutan, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu apa saja keutamaan dari kalimat ini?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai arti, tulisan Arab, dan keutamaan apa saja yang terkandung dari ucapan alhamdulillah. Simak terus ya.

Arti Alhamdulillah

Alhamdulillah merupakan bacaan tahmid atau biasa juga disebut dengan Hamdalah.

Alhamdulillah merupakan suatu ucapan syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Kalimat ini juga sebagai pengingat agar terus bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah Subhanahu wa a’ala berikan selama ini.

Alhamdulillah memiliki arti berikut ini:

  1. Ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala nikmat yang telah diberikan.
  2. Ungkapan puji-pujian yang berupa dzikir kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Allah Subhanahu wa ta’ala telah berfirman,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.” (QS. Ibrahim ayat 7)

Berdasarkan ayat tersebut, orang-orang yang bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala akan diberikan nikmat dan rezeki yang lebih.

Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan rezeki yang tidak ternilai kepada tiap-tiap hamba-Nya dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya dengan mengucapkan “Alhamdulillah“.

Alhamdulillah merupakan kata-kata mudah dan ringan untuk diucapkan.

Jadi, tidak ada alasan berat untuk melakukannya. Biasakan untuk memulai agar menjadi terbiasa. Karena pahala akan menanti orang-orang yang pandai bersyukur.

Tulisan Arab

Alhamdulillah Lengkap

Adapun berikut ini merupakan tulisan Arab dari Alhamdulillah:

اَلْحَمْدُ لِلهِ

Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Untuk lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut,

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْن

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: “Segala puji hanya milik Allah tuhan semesta alam.”

Berikut ini arti perkata dari kalimat tersebut yaitu:

اَلْحَمْدُ : Segala puji
ل : untuk
الله : Allah
رَبِّ : Tuhan
اْلعَالَمِيْن : Semesta Alam

Keutamaan Alhamdulillah

Kalimat alhamdulillah merupakan kalimat yang memiliki berbagai macam keutamaan. Adapun berikut ini merupakan keutamaan dari kalimat hamdalah yaitu di antaranya:

a. Doa yang Paling Utama

Doa yang paling utama yang dapat diucapkan oleh seseorang yaitu alhamdulillah. Karena ucapan ini merupakan kalimat tahmid.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits berikut ini:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَفْضَلُ الذِّكْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ الْحَمْدُ لِلهِ

Artinya: “Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.” (HR At Tirmidzi)

b. Pahala yang Paling Banyak

Alhamdulillah merupakan ucapan rasa syukur yang memiliki pahala yang besar. Selain itu juga Allah Subhanahu wa ta’ala akan menghapuskan doa-dosa kita sebesar pahala kita. Dalam sebuah hadits disebutkan:

إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ اصْطَفَى مِنْ الْكَلَامِ أَرْبَعًا سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ قَالَ وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللهِ كُتِبَتْ لَهُ بِهَا عِشْرُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ عِشْرُونَ سَيِّئَةً وَمَنْ قَالَ اللهُ أَكْبَرُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ كُتِبَ لَهُ بِهَا ثَلَاثُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا ثَلَاثُونَ سَيِّئَةً

Artinya: “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha illallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad)

c. Puji-pujian kepada Allah

Salah satu dari bentuk puji-pujian yang bisa kita berikan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yaitu dengan berdzikir. Salah satu dari bacaan dzikir yaitu alhamdulillah. Dzikir biasanya dibaca setelah selesai melaksanakan sholat untuk mengagungkan Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai jalan agar doa kita diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

d. Kalimat Ampunan Dosa

Alhamdulillah merupakan kalimat tahmid yang dibaca berbarengan dengan tasbih dan takbir yang dipanjatkan untuk memohon ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala dosa.

e. Ucapan Syukur

Kalimat tahmid merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita. Biasanya kalimat ini sebagai awal dari doa-doa berikut ini, di antaranya:

Doa Setelah Selesai Makan

Saat kita selesai makan, kita mengucakan doa yang diawali dengan alhamdulillah. Hal ini dilakukan sebagai rasa syukur kita terhadap rezeki atas makanan dan minuman yang telah kita makan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bacaan Ketika Bersin

Ketika kita bersin, Allah Subhanahu wa ta’ala menyuruh kita untuk mengucapkan kalimat tahmid. Ungkapan rasa syukur atas penyakit yang Allah Subhanahu wa ta’ala keluarkan melalui bersin.

Doa Pekerjaan Telah Selesai

Ketika kita selesai melakukan suatu pekerjaan, ucapkan alhamdulillah. Hal ini dilakukan sebagai ucapan rasa syukur karena Allah Subhanahu wa ta’ala telah membantu pekerjaan kita hingga selesai.

f. Sebagai Kalimat Pembuka Khutbah

Kalimat pertama yang diucapkan oleh khatib saat menaiki mimbar yaitu alhamdulillah.

g. Sebagai kalimat Pembuka Khutbah Akad Nikah

Khutbah nikah yang dilakukan biasanya oleh penghulu diawali dengan mengucapkan hamdalah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan artikel mengenai alhadulillah yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read