Allahu Akbar : Tulisan Arab dan Artinya, Serta Tujuan Takbir

2 min read

Allahu Akbar

Allahu Akbar : Tulisan Arab dan Artinya, Serta Tujuan Takbir – Takbir merupakan salah satu ucapan yang biasa kita lakukan. Setiap harinya kita mengucapkan kalimat takbir tersebut. Kalimat takbir yaitu allahu akbar.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kita untuk mengucapkan allahu akbar di tiap harinya. Bagi umat Islam mengucapkan takbir merupakan salah satu hal yang baik untuk dilakukan agar dapat mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala. Kalimat ini memiliki arti yang cukup besar dan dapat memberikan kekuatan yang sangat besar bagi hamba yang mengucapkannya.

Tapi tahukah kamu bagaimana tulisan Arab dari allahu akbar? Apa arti dari kalimat ini dan makna apa saja yang terkandung di dalamnya? Berikut ini akan dijelaskan mengenai bacaan allahu akbar beserta tulisan arab, arti, dan makna, serta keutamaan dari kalimat tersebut. Simak terus ya.

Tulisan Arab Allahu Akbar

Allahu akbar

Adapun berikut ini bacaan Arab, Latin, dan arti dari allahu akbar, yaitu:

اَللهُ أَكْبَرُ

Allahu akbar.

Artinya: “Allah Maha Besar.”

Arti Allahu Akbar

Salah satu dari asma Allah yaitu Allahu Akbar.

Allahu akbar merupakan salah satu kata yang sering diucapkan ketika sholat. Karena Allahu akbar merupakan bacaan takbir dan merupakan salah satu dari gerakan sholat. Selain itu, takbir juga dilakukan saat hari Raya baik itu Idul Fitri atau pun Idul Adha.

Takbir juga merupakan puji-pujian yang dilakukan untuk mengingat dan menggemakan kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ketika kita berdzikir, kita akan mengucapkan takbir. Dengan begitu kita akan terus mengingat dan memuji Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala keagungan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Tujuan Bertakbir

Bertakbir merupakan salah satu cara untuk menyatakan dan mengakui kebesaran dan keagungan hanya milik Allah Subhanhu wa ta’ala. Selain itu, tujuan dari bertakbir di antaranya yaitu:

  1. Menambah keimanan
  2. Mengingatkan diri akan kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita kembali kepada hal-hal yang baik.
  3. Kesombongan berkurang dan semakin lama menghilang.

Ketika seseorang merasa senang atau ketika seseorang merasa sangat terpuruk, dan dalam kondisi apapun setelah mengucapkan takbir “allahu akbar”, kita akan mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala dan menjadi lebih kuat. Hal ini terjadi karena kita percaya bahwa hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang memberikan kita kekuatan.

Hati manusia tidak ada yang tahu. Meskipun begitu Allah Subhanahu wa ta’ala Maha Mengetahui, Dia akan tahu hati hamba-Nya yang memiliki kesombongan atau tidak. Meskipun seseorang rajin dan terus bertakbir hanya kepada-Nya tetapi masih memiliki rasa sombong dalam hatinya. Seseorang yang memiliki kesombongan dalam hatinya diumpakan tidak dapat setinggi gunung dan tidak dapat menembus bumi. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat Al Isra ayat 37,

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

Artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. Al Isra ayat 37)

Dengan terus menerus membaca takbir dapat membuat hati semakin luluh dan hilang rasa sombong dari dalam hatinya.

Keutamaan Takbir

Adapun berikut ini keutamaan dari membaca takbir yaitu di antaranya:

a. Mendapatkan pahala

Takbir yang diucapkan akan mendatangkan pahala bagi yang membacanya. Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan,

وَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا

Artinya: “Dan katakanlah: “Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak pula diperanakan, dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya, dan Dia bukan pula hina seperti manusia yang memerlukan pertolongan, maka agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.” (QS. Al Isra ayat 111)

b. Dapat bersyukur

Dengan terus bertakbir, kita semakin meyakini akan kebesaran Allah Subhanahu wa ta’ala dan hanya Dia yang Maha Agung. Takbir menjadikan kita hamba yang pandai bersyukur. Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan (mengucapkan takbir) Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al Baqarah ayat 185)

c. Membawa kebaikan dalam hidup

Takbir merupakan salah satu dari asmaul husna yang akan mendatangkan kebaikan dalam hidup. Melafalkan puji-pujian merupakan salah satu cara kita lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

d. Lebih Tenang

Dengan bertakbir akan menjadikan kita lebih bersemangat dalam menjalani hari dengan ikhlas dan sabar.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai allahu akbar yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan membuat kita membiasakan diri untuk melakukan takbir di tiap harinya. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read