At Taubah Ayat 103

2 min read

At Taubah Ayat 103

At Taubah ayat 103 Lengkap dengan Perintah Zakat – Setiap manusia pernah melakukan suatu kesalahan. Tidak ada satu manusia pun yang luput dari dosa. Dengan memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala dosa yang telah dilakukan. Kita sering mendengar perihal kembali ke fitri. Hal ini merupakan salah satu makna dari Idul Fitri. Ketika bulan Ramadhan, seluruh umat Muslim melaksanakan ibadah puasa yang wajib dilakukan. Selain itu, setelah sebulan penuh berpuasa umat Muslim melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu membayar zakat.

Zakat yang dikeluarkan di akhiri bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan. Dengan membayar zakat itu artinya kita melaksanakan kewajiban menyucikan diri kita. Zakat dapat berupa beberapa jenis. Salah satunya zakat fitrah.

Perintah untuk melaksanakan zakat tertera pada salah satu ayat Al Quran. Tahukah kamu pada surat apakah itu? Salah satu surat yang berisi tentang perintah melaksanakan zakat yaitu pada surat At Taubah ayat 103. Artikel berdoa kali ini akan berisi tentang Al Quran surat At Taubah ayat 103 lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak terus yaa hingga selesai.

Bacaan Surat At Taubah ayat 103

Adapun berikut ini surat At Taubah ayat 103, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Khudzmin amwaa lihim shadaqata tuthahhiru humwa tuzak kiihim bihaa wa shalli ‘alaihim, inna shalaataka sakanun lahum, wallaahu samii’u ‘alaihim.

Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Al Quran Surat At Taubah Ayat 103

Isi Kandungan Surat At Taubah ayat 103

Pada surat At Taubah ayat 103 ini berisi tentang zakat. Ambillah zakat dari orang-orang yang bertaubat untuk menyucikan dan membersihakan diri dari segala dosa-dosa yang telah diperbuat. Zakat yang dilakukan secara ikhlas dapat menumbuhkan ketenteraman jiwa bagi mereka.

Berikut ini penjabaran dari Al Quran surat At Taubah ayat 103 yaitu:

خُذْ مِنْ أَمْوٰلِهِمْ صَدَقَةً

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka.

تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا

dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.

وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ

dan berdoalah untuk mereka.

إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ

Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.

Maksud dari mereka yaitu orang-orang Muslim yang beriman. Zakat berhak diambil dari harta seseorang. Karena dalam harta seseorang terdapat hak orang lain yang wajib diberikan kepada orang yang membutuhkan. Dengan bertaubat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan tidak mengulangi segala perbuatan dosa.

At Taubah Ayat 103

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Memohon ampunan atas segala dosa yang telah diperbuat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dapat membantu dalam menyucikan diri. Dengan begitu hidup menjadi lebih tenang dan tenteram. Tidak semua orang dapat hidup dengan sejahtera dan tenteram. Orang yang memiliki harta bisa saja malah tidak tenang dan tenteram hidupnya. Begitu pula sebaliknya.

Perintah Membayar Zakat

Tidak ada manusia pun yang dapat menjamin kehidupan seseorang. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala saja yang dapat memberikan seseorang hidup dengan tenteram dan sejahtera. Selain itu, dengan membayar zakat dapat menambah kebaikan orang-orang yang membayar zakat.

Karena zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi setiap umat Muslim. Iman dapat menjadi sempurna dengan melaksanakan salah satu rukun Islam yaitu zakat. Dengan zakat dapat membersihkan diri dari dosa-dosa, kekikiran, dan rasa cinta yang berlebihan terhadap harta benda. Segala doa yang kita haturkan akan didengar oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai Al Quran surat At Taubah ayat 103 yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Selain itu, artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda sekalian. Amiin ya rabb. Terima kasih.