Bacaan Ayat Kursi

2 min read

Bacaan Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi – Sebagai umat Islam memiliki amalan agar selalu dijaga oleh Allah SWT. merupakan tameng untuk menjaga dirinya. Meminta perlindungan Alah SWT. dengan berbagai cara, baik itu dengan berdoa, berdzikir, atau pun membaca ayat kursi.

Ayat kursi merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu melindungi diri dari gangguan jin dan setan. Dengan membaca ayat kursi ini insyaAllah diri kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Bagaimana dengan bacaan ayat kursi? Manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan terus mengamalkan ayat kursi? So, setelah ini akan dibahas mengenai bacaan ayat kursi dan keutamaan dari ayat kursi.

Bacaan Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang terdapat pada Al Qur’an dan merupakan amalan yang dapat diamalkan secara rutin. Berikut ini merupakan bacaan ayat kursi baik itu bacaan arab, latin, atau pun indonesia.

Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi Arab

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ, لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ, لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ, وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’ khudzuhu sinatuw walaa naum. Lahu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi idznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’, wa si ’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa ya uuduhu hifdhuhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus – menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya-lah apa yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah 2:255)

Ayat kursi dapat kamu baca di tiap harinya, baik sesudah sholat wajib atau pun sunnah, pagi dan sore hari, serta sebelum tidur.

Keutamaan Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat Al Qur’an yang memiliki banyak keutamaan. Dengan terus rutin membaca ayat kursi, kita akan memperoleh banyak manfaat. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan dari ayat kursi:

1. Pemimpin ayat Al Quran

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Artinya:
“Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Al Qur’an ialah surat Al Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Al Qur’an yaitu Ayat Kursi.” (HR. Tirmidzi)

2. Kunci masuk surga

Membaca ayat kursi setelah selesai melaksanakan sholat akan diberikan jalan masuk surga.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Artinya:
“Barang siapa membaca ayat kursi setiap kali sesudah sholat fardhu maka tidak ada penghalang baginya untuk memasuki surga selain hanya kematian.” (HR. Thabrani)

3. Doa yang Mustajab

Jika seseorang membaca ayat kursi dan kemudian berdoa, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Artinya:
“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat yaitu surat Al Baqarah, surat Al Imron, dan surat Thaha.” (HR. Ibnu Majah)

4. Perlindungan dari Jin dan Sihir

Membaca ayat kursi di pagi hari dan sore hari agar dilindungi dari marabahaya dan gangguan jin dan setan. Sesuai hadist At Thabrani sebagai berikut:

مَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُمْسِيَ

Artinya:
“Barang siapa yang membaca ketika sore, ia akan dilindungi (oleh Allah dari beberapa gangguan) dari kamu sampai pagi. Barang siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi sampai sore.” (HR. At Thabrani)

Kamu juga dapat membaca ayat kursi sebelum tidur agar terjaga hingga pagi hari.

Oleh karena itu, ayat kursi juga termasuk dzikir yang dapat diamalkan di setiap harinya.

5. Kunci Rezeki dan Jodoh

Rasulullah SAW. menyuruh salah seorang sahabat yang belum menikah karena tidak memiliki biaya untuk membaca surat Al Ikhlas, surat Al Kafirun, surat Al Zalzalah, surat An Nashr, dan ayat kursi.

Barang siapa yang banyak membaca ayat kursi, akan dimudahkan untuk memperoleh rezeki dan mendapatkan jodoh.

6. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

Rasulullah SAW. bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim)

7. Pahala mati syahid

Membaca ayat kursi sesudah melaksanakan sholat fardhu secara rutin, maka akan memperoleh pahala seperti mati syahid.

من قرأ آية الكرسى دبر كل صلاة كان الذى يلى قبض روحه ذو الجلال والإكرام وكان كمن قاتل عن أنبياء الله ورسله حتى يستشهد

Artinya:
“Barang siapa membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka yang akan mencabut nyawanya adalah Allah sendiri dan ia bagaikan orang yang berperang bersama para nabi hingga mendapatkan mati syahid.” (HR. Hakim)

8. Pengobatan

Rasulullah SAW. bersabda bahwa:

“Barang siapa yang membaca Ayat Kursi ketika melakukan pengobatan bekam, maka manfaatnya sungguh sangat besar, dua kali dibandingkan bekam biasa tanpa dibacakan Ayat Kursi.”

Baca Juga:

Nah, demikianlah pembahasan mengenai bacaan ayat kursi dan keutamaan dari bacaan ayat kursi. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read