Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah : Bacaan dan Keutamaan Terlengkap

3 min read

Ayat Terakhir Al Baqarah

Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah : Bacaan dan Keutamaan Terlengkap – Al Quran terdiri dari berbagai macam surat. Baik itu surat-surat yang panjang atau pun pendek. Di setiap ayat Al Quran memiliki keutamaannya sendiri-sendiri. Salah satunya pada surat Al Baqarah.

Surat Al Baqarah merupakan surat kedua. Surat ini memiliki keutamaannya sendiri. Tahukah kamu surat ini terdiri dari berapa ayat.? Ya, surat Al baqarah terdiri dari 286 ayat. Pada dua ayat terakhir ini memiliki keutamaan yang baik jika dibaca di tiap malam. Lalu apa saja keutamaan pada ayat tersebut?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan dan keutamaan dari dua ayat terakhir surat Al Baqarah, serta bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Dua ayat terakhir pada surat Al Baqarah yaitu terletak pada ayat 285 dan 286.

Pada surat al baqarah juga terdapat ayat kursi yaitu pada ayat 255.

Adapun berikut ini merupakan bacaan dari dua ayat terakhir surat Al Baqarah yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan juga artinya.

Surat Al Baqarah ayat 285 dan 286
Surat Al Baqarah ayat 285 dan 286

a. Surat Al Baqarah ayat 285

Berikut ini merupakan bacaan dari surat Al Baqarah ayat 285 yaitu:

Bacaan Arab Surat Al Baqarah ayat 285

آمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُوْنَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Bacaan Latin Surat Al Baqarah ayat 285

Aamanar rasuulu bimaa unzila ilaihi mir rabbihi wal mu’minuun kullun aamana billaahi wa malaa ikatihi wa kutubihi wa rusulih, laa nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qaaluu sami’naa wa atha’naa ghufraanaka rabbanaa wa ilaikal mashiir.

Terjemahan Arti Surat Al Baqarah ayat 285

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat (kami) kembali”.” (QS. Al Baqarah ayat 285)

b. Surat Al Baqarah ayat 286

Adapun berikut ini merupakan bacaan surat Al Baqarah ayat 286:

Bacaan Arab Surat Al Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ

Bacaan Latin Surat Al Baqarah ayat 286

Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa, lahaa maa kasabat wa ‘alaihaa maktasabat rabbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtha’naa, rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahu ‘alalladziinaa min qablinaa, rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wa’fu ‘annaa, wagfir lanaa war hamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin.

Terjemahan Arti Surat Al Baqarah ayat 286

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia memperoleh pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia memperoleh siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami menghadapi kaum yang kafir.” (QS. Al Baqarah ayat 286)

Keutamaan Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah merupakan salah satu puncak dari ayat-ayat yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Pada surat ini, terdapat keutamaan-keutamaan yang begitu besar. Meskipun begitu, pada surat lainnya yang terdapat pada Al Quran juga memiliki keutamaan yang tidak kalah pentingnya juga.

Pada surat Al Baqarah juga terdapat ayat kursi yang menjadi doa yang biasa kita ucapkan sebagai alat atau bacaan yang dapat menjaga kita dari segala marabahaya. Selain itu, pada dua ayat terakhir surat ini juga memiliki keutamaan yang bisa kita peroleh.

Adapun berikut ini keutamaan pada dua ayat terakhir surat Al Baqarah yaitu:

a. Dicukupi segala kebutuhan

Abu Mas’ud Al Badri Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya: “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut disebutkan bahwa ketika hamba-Nya membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah tersebut pada malam harinya atau sebelum tidur akan dicukupi hingga malam selanjutnya.

b. Dilindungi dari setan

Membaca dua ayat terakhir pada surat Al Baqarah dapat menjaga kita dari gangguan setan.

Rumah yang dibacakan surat Al Baqarah selama tiga hari berturut-turut akan dijaga dari gangguan setan.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam berikut ini:

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: إِنَّ اللهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ، أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ، وَلَا يُقْرَأَانِ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ

Artinya: “Al Nu’man ibn Basyir Radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menuliskan kitab (takdir) 2000 tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi, diturunkan dari kitabnya (takdirnya) itu dua ayat yang dijadikan penutup surat Al Baqarah, dan tidaklah keduanya (dua ayat) itu dibaca di sebuah rumah selama tiga malam, kecuali setan tidak akan mendekatinya.” (HR. AT Tirmidzi, An Nasa’i, Al Darimi, Ibnu Hibban, dan Al Hakim)

Kandungan pada Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Pada Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah disebutkan beberapa permohonan hamba-Nya terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala, yaitu di antaranya:

  1. Wa’fu ‘anna : maafkanlah atas kekurangan ketika melaksanakan ibadah yang wajib.
  2. Waghfirlanaa : ampunilah segala perbuatan haram atau yang dilarang yang telah dilakukan.
  3. Warhamnaa : rahmatilah segala perbuatan dengan memberikan taufik dan hidayah dan tetap istiqomah pada jalan yang Engkau berikan.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai dua ayat terakhir surat Al Baqarah yang dilengkapi dengan bacaan dan keutamaannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read