Bacaan Dua Kalimat Syahadat

2 min read

Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Berikut ini adalah materi dari dua kalimat syahadat, mulai dari bacaan dua kalimat syahadat, pengertian dua kalimat syahadat sampai makna dua kalimat syahadat.

Islam adalah agama terakhir yang menyempurnakan agama-agama sebelumnya. Ini menjelaskan aturan Allah, yang sepenuhnya berisi Aqidah, ibadah, Muamalah dan sebagainya. Islam dapat mencakup semua aspek kehidupan dengan sempurna. Salah satu penyempurnaan Islam dari agama-agama sebelumnya adalah akidah. Ini adalah tentang kepercayaan yang dulu dipercayai orang disempurnakan dalam ajaran tauhid.

Pengertian Dua Kalimat Syahadat

Sebagai seorang Muslim, kita harus mengamalkan lima rukun Islam yaitu :

  1. Membaca dua kalimat syahadat
  2. Sholat
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Haji (Bagi mereka yang mampu)

Syahadat merupakan rukun islam yang pertama. Syahadat adalah pondasi dari lima rukun Islam itu sendiri yang merupakan inti dan landasan dari ajaran Islam.

Arti Syahadat berasal dari kata Arab syahid, yang berarti “menyaksikan”. Dalam hukum Syariah Islam, syahadat berarti sebuah pernyataan keyakinan akan keesaan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sebagai Utusan-Nya.

Secara umum, makna syahadat berarti bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Allah SWT dan mengakui Nabi Muhammad Saw sebagai Utusan Allah.

Bacaan Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat diucapkan secara lisan, dengan membenarkan pernyataan tersebut di dalam hati, dan di praktikkan dengan tindakan.

Pondasi dasar ajaran Islam adalah Dua Kalimat Syahadat. Dua kalimat Syahadat memiliki makna dan konsekuensi yang besar dan diminta pertanggung jawaban oleh orang yang mengucapkannya.

Karena itu, sebagai Muslim kita harus memahami dan mengamalkan isi kandungan yang ada dala kalimat syahadat.

Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat Syahadat adalah penentu keIslam dan kepercayaan seseorang. Dengan kalimat syahadat dari perbuatan yang baik diterima di hadapan Allah. Dan apa yang perlu kita ketahui adalah bahwa syahadat tidak cukup diucapkan dengan syahadat tauhid, tetapi harus disertai dengan syahadat rasul. Berikut ini adalah bacaan dari dua kalimat syahadat yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

Makna Dua Kalimat Syahadat

Jika seseorang telah berjanji dengan mengucap dua kalimat Syahadat dengan disertai kebenaran di dalam hati, maka dia telah masuk Islam. Karena itu, janji dan pembenaran harus diwujudkan dengan percaya bahwa Allah merupakan Dzat yang memiliki sifat-sifat sempurna dan tidak mungkin memiliki sifat yang kurang.

Sifat Allah yang harus diketahui dan dipercayai oleh seorang Muslim berjumlah dua puluh harus diaktualisasi dengan benar oleh satu orang. Jika Anda sudah tahu dan percaya bahwa Allah adalah orang yang Maha mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar, Maka tindakan Muslim terkendali oleh keyakinannya, sehingga tidak mudah untuk merendahkan, memfitnah, atau menyebarkan berita bohong.

Sementara arti dari Syahadat Rasul adalah meyakini bahwa Allah mengutus Rasulullah kepada manusia dan jin, Arab dan non-Arab. Itulah yang dikatakan percaya dan mengamalkan bahwa segala sesuatu yang berasal dari Nabi adalah sesuatu yang haq dan benar. Jadi jika dia percaya bahwa Nabi Muhammad benar-benar Utusan Allah, dia akan selalu memenuhi hukum Syariat Allah yang dibawa oleh Utusan Allah (Rasulullah).

Apabila seseorang mengimani dengan benar, maka akan selalu melakukan apa yang telah diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang, seperti melakukan sholat lima waktu, menjauhi alk0hol, n4rkoba, dll.

Syariat juga mengajarkan muamalat antara sesama manusia, misalnya dalam kaitannya dengan transaksi. Rassulullah melarang siapa pun untuk melakukan transaksi penipuan yang mengandung unsur riba dan perjudian.

Selain menjadi penyampai Syariat, Nabi juga diutus untuk menyempurnakan akhlak. Karena itu, akhlak Nabi adalah tolok ukur dan berfungsi sebagai pedoman bagi umat Islam untuk selalu mengikuti dan meneladani nabi. Jika seseorang mengaku sudah mengikrarkan syahadat, ia harus mencoba meneladani dan melaksanakan perintahnya tentang masalah akhlak.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Bacaan Dua Kalimat Syahadat beserta pengertiannya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.