Bacaan Rukuk

2 min read

Bacaan Rukuk

Berikut ini adalah materi tentang bacaan rukuk serta tata cara rukuk dan dzikir yang dilarang ketika rukuk dengan terjemahan dapat membantu untuk melaksanakan sholat dengan baik dan benar.

Bacaan sholat yang dibaca selalu memiliki makna. Sholat adalah rukun Islam yang kedua, yang terdiri dari sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib berarti

sholat yang ketika dilakukan akan mendapat pahala dan ketika ditinggalkan mendapat dosa. Sedangkan sholat Sunnah yaitu sholat yang akan mendapat pahala jika melakukannya, tetapi jika tidak kita tidak akan mendapatkan dosa.

Bacaan sholat dimulai dari Takbir hingga salam. Ada beberapa bacaan sholat bersama dengan gerakan-gerakan yang perlu dilakukan.

Tata Cara Melakukan Rukuk

Mengucap takbir jika akan rukuk

Mengucap takbir jika akan rukuk telah menjadi kesepakatan para ulama, tidak ada perselisihan tentang masalah ini. Ini berdasarkan hadits riwayat Ibnu Mas’ud a. Dia berkata: “Saya melihat Rasulullah Bertakbir setiap kali dia bangkit, sujud, berdiri dan duduk.” (H.R Ahmad, NASA’i, dan Tirmidzi.)

Yaitu takbir disertai dengan mengangkat kedua tangan sehingga sejajar dengan kedua bahu atau telinga dengan memegang kepala sejajar dengan bagian belakang tangan.

Pegang kedua lutut dengan kedua tangan dan renggangkan jari.

Hal tersebut didasarkan pada hadits: “Jika Anda rukuk, letakkan tangan Anda di atas lutut. Kemudian rentangkan jari-jari Anda sampai tulang belakang mapan ditempatnya.” (HR Ibn Khuzaimah & Ibnu Hibban).

Luruskan punggung ketika rukuk

Bagian dari sifat Rukuk bahwa dalam sholat nabi merentangkan punggungnya dan menyeimbangkan kepalanya, yang tidak melihat ke bawah atau ke atas. Seperti pernyataan dari ummul mukminin Aisyah, yang mengatakan, “Beliau, ketika Rukuk, tidak mengangkat atau menurunkan kepalanya, tetapi menyeimbangkan di antara keduanya.” (HR. Muslim)

Mengenai sifat punggung Nabi pada saat rukuk, Sayidina Ali mencirikan: “Adalah Rasulullah jika Rukuk diletakkan gelas yang diisi dengan air, pasti tidak akan tumpah.” (HR Ahmad)

Dikarenakan karena punggungnya lurus dan tenangnya Beliau saat rukuk.

Tumaninah pada saat rukuk

Rasulullah Saw Bersabda, “Seburuk-buruknya pencuri adalah seorang pencuri yang mencuri sholatnya.” Mereka bertanya, “Ya Rasulullah. Bagaimana caranya mencuri dari sholat ini?” ” Beliau Menjawab :” Tidak sempurnanya rukuk dan sujudnya” atau dalam riwayat lain dikatakan “Tidak diluruskannya punggung sewaktu sujud dan rukuk” (HR Ahmad dan lainnya)

Bacaan Rukuk

Terdapat beberapa macam bacaan ketika rukuk yang dibaca Rasulullah dalam sholatnya. Yaitu, dia terkadang membaca

dengan satu bagian, tetapi kadang-kadang menggantikannya dengan yang lain. Berikut ini adalah di antara

Bacaan rukuk:

Bacaan Latinnya : ” Subhaana robbiyal aziimi”

Artinya : “Maha Suci Rabbku yang Maha Kuasa.”

Atau biasanya dengan lafadz berikut:

Bacaan Latinnya : “Subhaana robbiyal aziimi wabihamdih”

Artinya : “Maha Suci Rabbku Yang Maha Tinggi dan Maha Terpuji.”

Para ulama berpendapat bahwa kalimat Dzikir di atas minimal dibaca sekali dan dibaca dengan sempurna tiga kali. Pendapat ini didasarkan pada Hadits Riwayat Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah saw bersabda: “Jika kalian rukuk, bacalah Subhana rabbiyal adziiim tiga kali” (HR Tirmidzi)

Beberapa ulama menyukai membaca tasbih sepuluh kali. Ini didasarkan pada perkataan para sahabat Anas bin Malik ketika dia melihat Umar bin Abdul Aziz sholay, ia berkata : “Aku tidak pernah sholat dibelakang seorangpun (setelah Rasulullah meninggal) yang sholatnya paling mirip dengan Rasulullah pada pemuda ini (Umar bin Abdul Aziz). Sa’id bin Jubair berkata, “Jadi kami memperkirakan waktu Rukuk dan sujud adalah sekitar sepuluh kali pembacaan bacaan tasbih.” (HR Abu Dawud)

Dzikir yang dilarang saat Rukuk

Bentuk pembacaan dzikir yang dilarang pada saat Rukuk ialah membaca ayat-ayat dari Al-Quran.

Berdasarkan hadits: “Bahwa Nabi melarang membaca Al-Quran didalam rukuk dan sujud.” (HR. Muslim)

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bacaan Rukuk. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat.

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Shalat Sunnah

_pur
3 min read

Keutamaan Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *