Bacaan Sholat Isya : Niat, Waktu, dan Tata Cara yang Benar dan Lengkap

2 min read

Bacaan Sholat Isya

Bacaan Sholat Isya : Niat, Waktu, dan Tata Cara yang Benar dan Lengkap – Perintah yang wajib dilaksanakan oleh tiap umat Islam yaitu mengerjakan ibadah sholat wajib lima waktu. Tidak ada kata tidak untuk melaksanakan sholat wajib.

Karena ibadah merupakan salah satu tiang agama yang ada di dalam rukun Islam yang wajib dilaksanakan.

Salah satu sholat yang wajib kita laksanakan yaitu sholat Isya. Tahukah kamu mengenai sholat Isya, dari bacaan hingga waktu pelaksanaannya?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai ibadah shalat Isya dimulai dari niat, bacaan shalat Isya, hingga waktu pelaksanaannya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini ya guys.

Perintah Melaksanakan Sholat

Salah satu cara agar kita termasuk dalam kumpulan orang – orang yang beriman dan bertakwa yaitu dengan beribadah kepada Allah SWT., menjalani segala perintah Nya dan menjauhi segala yang dilarang Nya.

Salah satu perintah dari Allah SWT. yaitu melaksanakan sholat wajib lima waktu, yaitu sebagai berikut:
a. Sholat Subuh
b. Sholat Dzuhur
c. Sholat Ashar
d. Sholat Maghrib
e. Sholat Isya

Di dalam Al Quran, Allah SWT. berulang kali mengingatkan kita tentang kewajiban kita untuk melaksanakan sholat. Perintah dalam melaksanakan sholat salah satunya terdapat pada surat Al Baqarah ayat 43 Allah SWT. berfirman,

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang – orang yang rukuk.” (QS. Al Baqarah ayat 43)

Niat Sholat Isya

Setiap memulai suatu kegiatan kita diajarkan untuk melakukannya dengan doa dan niat terlebih dahulu.

Begitu pula dengan melaksanakan sholat. Niat merupakan salah satu dalam rukun sholat yang wajib dilakukan agar sholat kita bisa dianggap sah.

Adapun niat beserta bacaan shalat Isya yang dilakukan baik itu berjamaah sebagai seorang imam, atau makmum, atau pun melaksanakan sholat sendiri atau munfarid yaitu sebagai berikut:

a. Bacaan Niat Sholat Isya sebagai Imam

Bacaan Arab Niat Sholat Isya sebagai Imam

اُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Isya sebagai Imam

Ushallii fardhal ‘isyaai arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa an imaaman lillaahi ta’aala.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Isya sebagai Imam

“Aku berniat melaksanakan sholat fardhu Isya sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat saat ini sebagai imam karena Allah ta’ala.”

b. Bacaan Niat Sholat Isya sebagai Makmum

Bacaan Arab Niat Sholat Isya sebagai Makmum

اُصَلِّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Isya sebagai Makmum

Ushallii fardhal ‘isyaai arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa an ma’muuman lillaahi ta’aala.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Isya sebagai Makmum

“Aku berniat melaksanakan sholat fardhu Isya sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat saat ini sebagai makmum karena Allah ta’ala.”

c. Bacaan Niat Sholat Isya

Niat Sholat Isya secara Munfarid

Bacaan Arab Niat Sholat Isya

أُصَلِّى فَرْضَ العِشَاء ِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Bacaan Latin Niat Sholat Isya

Ushallii fardhal ‘isyaai arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa an lillaahi ta’aala.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sholat Isya

“Aku berniat melaksanakan sholat fardhu Isya sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat saat ini karena Allah ta’ala.”

Anda dapat membaca niat tersebut sesuai dengan kondisi Anda, apakah Anda mengerjakannya secara berjamaah atau sendiri. Jika Anda melaksanakan secara berjamaah dapat membaca doa yang (a. Bacaan Niat Shalat Isya sebagai Imam) atau (b. Bacaan Niat Shalat Isya sebagai Makmum), tetapi jika melaksanakan secara munfarid atau sendiri dapat membaca doa yang (c. Bacaan Niat Shalat Isya).

Waktu Sholat Isya

Sholat wajib lima waktu memiliki waktu pelaksanaannya masing – masing. ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Nabi SAW. bersabda,

وَقْتُ اَلظُّهْرِ: إِذَا زَالَتِ اَلشَّمْسُ, وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ, مَا لَمْ تَحْضُرِ اَلْعَصْرُ, وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ: مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ, وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ: مَا لَمْ يَغِبِ اَلشَّفَقُ, وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ: إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ, وَوَقْتُ صَلاَةِ الصُّبْحِ: مِنْ طُلُوْعِ الفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: “Waktu sholat Dzuhur jika matahari sudah tergelincir ke barat ketika itu panjang bayangan sama dengan tinggi seseorang, selama belum masuk sholat ‘Ashar. Waktu sholat ‘Ashar adalah selama matahari belum menguning. Waktu sholat Maghrib adalah selama belum hilang cahaya merah pada ufuk barat. Waktu sholat Isya adalah sampai pertengahan malam. Waktu sholat Subuh adalah dari terbit fajar selama belum terbit matahari.” (HR. Muslim)

Waktu pelaksanaan sholat Isya yaitu dari selesainya waktu sholat maghrib, saat hilangnya sinar merah di langit, sampai terbitnya fajar sidiq.

Salah satu yang memiliki waktu sholat yang paling panjang yaitu sholat Isya. Tetapi Rasulullah SAW. biasanya mengakhiri sholat Isya di sepertiga malam.

وَصَلَّى الْعِشَاءَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ

Artinya: “Beliau (Rasulullah) mengerjakan sholat Isya hingga sepertiga malam.” (HR. Abu Daud)

Sholat Isya merupakan salah satu dari sholat yang berat untuk dilaksanakan karena sholat Isya dikerjakan di waktu seseorang telah kelelahan dari beraktivitas selama seharian penuh. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa:

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya: “Sesungguhnya sholat yang paling berat dikerjakan oleh orang – orang munafik yaitu sholat Isya dan sholat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan dari keduanya, maka sungguh mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Meskipun sholat Isya memiliki waktu pelaksanaan yang panjang tetapi kita tidak boleh lalai atau pun menunda untuk melaksanakannya.

Tata Cara Sholat Isya

Dalam melaksanakan sholat kita harus melaksanakan dengan khusyuk dan ikhlas, maka sholat akan terasa ringan. Allah SWT. berfirman,

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang – orang yang khusyuk.” (QS. Al Baqarah ayat 45)

Tata cara dari sholat Isya sama dengan sholat lainnya begitu pula dengan bacaan sholatnya. Sholat Isya dikerjakan sebanyak 4 rakaat.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan shalat Isya yang telah dijelaskan dari niat, waktu pelaksanaan, hingga tata cara sholatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda ya. Terima kasih.

Tata Cara Sholat Tahajud

_pur
2 min read

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Bacaan Sholat Lima Waktu

_pur
3 min read