Bacaan Sholawat Nabi untuk Sehari – Hari : Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Bacaan Sholawat

Bacaan Sholawat Nabi untuk Sehari – Hari : Arab, Latin, dan Artinya – Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan Nabi yang diutus oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk terus bersholawat. Sholawat dilantunkan sebagai rasa penghormatan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan membaca sholawat itu berarti umat Islam telah menjalankan perintah dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Umat Islam memuji melalui sholawat Nabi. Dalam kehidupan sehari – hari membiasakan diri untuk membaca sholawat merupakan hal yang baik.

Sholawat juga memiliki keutamaan yang luar biasa dan banyak yang dapat kita peroleh jika umat Islam membiasakan untuk membacanya di tiap harinya. Tapi tahukah kamu bagaimana dengan bacaan sholawat yang dpaat kita amalkan di kehidupan sehari – hari? Apakah harus membaca sholawat yang panjang dan lengkap atau dengan membaca sholawat yang pendek tidak masaalah?

Ulasan kali ini akan membahas mengeni sholawat yang dapat dibaca untuk sehari – hari beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Sholawat

Sholawat merupakan puji – pujian yang dapat kita amalkan untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sholawat berasal dari bahasa Arab yaitu “shola” yang artinya doa, keberkahan, kesejahteraan, dan kemuliaan.

Bagi umat Islam membaca sholawat merupakan salah satu dari perintah Allah Subhanahu wa ta’ala yang harus kita amalkan.

Sholawat dilakukan bukan hanya oleh manusia saja tetapi Allah Subhanahu wa ta’ala beserta para malaikat pun memberikan sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini terdapat dalam sebuah ayat Al Quran pada surat Al Ahzab ayat 56, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat – malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab ayat 56)

Dengan membaca sholawat insyaAllah kita akan mendapatkan keberkahan dan hidup menjadi lebih tenang, serta dimudahkan segala urusan kita.

Bacaan Sholawat

Sholawat terdiri dari berbagai macam jenisnya. Sholawat terdiri dari berbagai jenisnya yaitu sebagai berikut:

a. sholawat fatih
b. sholawat nariyah
c. sholawat mukafah
d. sholawat ibrahimiyah
e. sholawat matsurah
f. sholawat nur al anwar
g. sholawat munjiyat

Selain itu terdapat sholawat yang dapat kita baca sehari – hari. Ada pula juga sholawat yang dibaca saat sholat.

a. Sholawat Pendek

Setiap umat Islam dapat membaca sholawat tiap harinya. Kita tidak dibatasi dalam bersholawat mau sebanyak apapun tidak masalah, malah semakin banyak semakin baik. Dengan membaca sholawat kita akan memperoleh syafaat di akhirat kelak dan dimudahkan segala urusan kita. Banyak hal lain yang baik – baik yang akan datang dalam hidup kita.

Adapun bacaan sholawat yang dapat kita baca sehari – hari yaitu sebagai berikut:

Bacaan Sholawat Pendek
Bacaan Sholawat Pendek

Bacaan Arab Sholawat Nabi Pendek

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Bacaan Latin Sholawat Nabi Pendek

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad.

Terjemahan Arti Bacaan Sholawat Nabi Pendek

“Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta kepada para keluarga Nabi Muhammad.”

Beberapa ulama pun menyarankan kepada umat Islam untuk bersholawat sebanyak – banyaknya. Bisa sebanyak 100 kali, 1000 kali, atau 4444 kali.

Perlu untuk diri kita sendiri memaksakan bersholawat. Jika tidak dipaksakan maka akan nanti – nanti dan akhirnya tidak bersholawat. Mulailah bersholawat sedikit demi sedikit, jika memang sulit untuk membaca sholawat sebanyak – banyaknya.

Saat kita diam, kita bisa sambil membaca sholawat. Mendengarkan atau menyanyikan lagu saja bisa kita lakukan. Apalagi membaca sholawat. Saat menunggu kita bisa sambil membaca sholawat. Saat sedang istirahat kita bisa sambil membaca sholawat. Kapanpun dan di mana pun dapat melakukan sholawat.

Yang perlu diingat. Tanamkan dalam diri kita. Kuatkan niat agar terus dapat istiqomah dalam mengamalkan sholawat.

b. Sholawat Nabi saat Tasyahud Akhir

Saat melakukan sholat pun kita membaca sholawat Nabi. Setidaknya dalam sehari kita telah membaca sholawat Nabi sebanyak 5 kali dalam sehari semalam. Sholawat Nabi kita baca ketika sedang di posisi duduk tasyahud akhir. Adapun bacaan shalawat Nabi yang dibaca saat tasyahud akhir yaitu:

Bacaan Arab Sholawat Nabi saat Tasyahud Akhir

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Latin Sholawat Nabi saat Tasyahud Akhir

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibraahiim wa ‘ala aali Ibraahiim, wa baarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kamaa baarakta ‘ala Ibraahiim wa ‘ala aali Ibraahiim, innaka hamiidum majiid.

Terjemahan Arti Bacaan Sholawat Nabi saat Tasyahud Akhir

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi rahmat kepada Nabi Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia di seluruh alam ini.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Sholawat – sholawat tersebut dapat diamalkan untuk sehari – hari. Sholawat Nabi yang akan kita baca ketika sholat pun sudah termasuk dalam rukun sholat yang pasti akan kita baca. Biasakanlah untuk membaca sholawat dalam kehidupan sehari – hari. Jika terlalu berat dalam membaca sholawat Nabi yang panjang dan lengkap dapat pula kita membaca sholawat yang pendek.

Memperbanyak membaca sholawat dalam sehari sangatlah baik. Dengan begitu kita terus mengingat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tentunya Allah Subhanahu wa ta’ala.

Allah Subhanahu wa ta’ala menjanjikan kepada kita perihal sholawat. Apabila kita bersholawat, maka Allah subhanahu wa ta’ala akan bersholawat untuk kita sebanyak 10 kali lipat. Sungguh amat sangat besar manfaat yang terkandung dari sholawat.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai bacaan sholawat yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga Anda sekalian istiqomah dalam bersholawat. Teruslah berusaha untuk membiasakan diri dengan membaca sholawat di tiap waktu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.