Bacaan Sujud

2 min read

Bacaan Sujud

Berikut ini adalah materi tentang bacaan sujud dalam sholat mulai dari berapa kali membaca bacaan sujud, hukum membaca bacaan sujud serta contoh bacaan sujud dalam sholat.

Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan setiap umat muslim diberbagai belahan dunia. Sholat wajib atau sholat fardu adalah doa yang telah ditentukan waktunya. Setiap sholat harus dilakukan pada waktu yang tepat.

Ada aturan dari kapan hingga kapan harus sholat subuh, dzuhur, asar, maghrib, isya.

Sangat disarankan agar melaksanakan sholat di awal waktu. Jadi ketika Anda mendengar panggilan untuk melaksanakan sholat (adzan), Anda harus siap dan cepat untuk melaksanakan sholat.

Perintah sholat lima waktu dinyatakan dalam Al-Quran dalam Surat An Nisa ayat 103 bahwa shalat Fardhu telah ditetapkan waktunya untuk orang-orang beriman.

Firman Allah tentang Sholat Wajib dalam Surat An Nisa Ayat 103 yang artinya : “Sesungguhnya sholat adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Jadi Sholatlah, karena sholat adalah kewajiban seorang Muslim. Siapa pun yang melaksanakan sholat harus mengikuti dan memahami syarat dan rikim yang telah ditetapkan.

Ketentuan dan syarat untuk melaksanakan shalat wajib juga diatur dalam Al-Quran.

Hukum Membaca Bacaan Sujud

Jumhur Ulama Mengatakan Hukumnya Sunnah

Para ulama termasuk para ulama mazhab Al-Hanafiyah, Al-Malikiyah dan Ash-Shafi’iyah, yang menyatakan bahwa Lafadz-Lafadz yang dibacakan pada saat sujud berupa takbir, tasbih dan membaca doa hukumnya sunnah dan tidak wajib.

Jika tidak membaca sama sekali dan ditinggalkan dengan sengaja atau tidak sengaja sholat sama sekali tidak rusak. Tetap sah sholatnya walaupun tanpa membaca apa pun pada saat sujud.

Dasarnya merupakan Hadits Nabi SAW tentang bagaimana dia memberitahu orang-orang yang melakukan sholat dengan buruk dan di mana dia mengajarkan tata cara sujud tanpa menyebutkan bahwa dia harus membaca apa pun. Jika membaca bacaan adalah wajib hukumnya selama sujud, maka ia pasti mengajarkan orang itu.

Bacaan sujud dibaca berapa kali

Bacaan Sujud apakah dibaca sekali atau tiga kali

Para ulama berbeda pendapat tentang seberapa sering Lafadz Tasbih ini dibaca.

Mahzab Al-Hanafiyah

Mazhab Al Hanafiyah mensyaratkan bahwa tasbih harus dibacakan setidaknya tiga kali dalam sujud. Jika kurang dari tiga kali, maka hukumnya makruh tanzih.

Jika Anda melaksanakan sholat sendirian, akan menjadi penting jika Anda membaca lebih dari tiga kali. Sementara itu, jika Anda seorang imam dalam melaksanakan sholat lima waktu, Anda tidak harus berdoa membaca tasbih lebih dari tiga kali sehingga mereka yang sholat di belakangnya tidak merasa terlalu lama.

Menurut mazhab Al-Malikiyah

Mazhab Al-Malikiyah menyatakan bahwa membaca tasbih dalam sujud hukumnya Sunnah dengan setiap Lafadz. Tetapi yang utama merupakan lafadz subhana rabbiyal a’la wabihamdih. Jika dibaca dengan diulang-ulang, pahalanya akan lebih tinggi.

Namun, imam dalam shalat lima waktu tidak dianjurkan untuk mengulang-ulang karena takut akan memberatkan para makmum.

Menurut mahzab Asy-Syafi’iyah

Mahzab Asy-Syafi’iyah meyakini bahwa membaca tasbih dalam sujud hanya sekali saja, paling tidak Anda membaca subhanallah atau subhanarabbi. Sebaliknya, jika Anda ingin membaca yang sempurna, bacalah subhana rabbiyal a’la wabihamdih setidaknya tiga kali. Jika dibaca lima kali, tujuh kali, sembilan kali dan sebelas kali, akan menjadi lebih sempurna.

Tetapi seperti pendapat mazhab-mazhab lain, mahzab Asy-yafi’iyah melarang Imam dalam sholat membaca tasbih lebih dari tiga kali untuk melindungi makmum.

Menurut Mahzab Al-Hanabilah

Disebutkan di atas bahwa mahzab Al-Hanabilah mewajibkan membaca bacaan sujud. Dan bacaan itu setidaknya ialah subhana rabbiyal a’la dan membaca setidaknya sekali, tanpa tambahan wabihamdih.

Bacaan Sujud dalam Sholat

Turun setelah melakukan dan membaca Iktidal dan kemudian membaca takbir (Allahu akbar). Kemudian lanjutkan melakukan sujud.

Ketika sujud membaca bacaan sujud, pelafalan sujud dibaca tiga kali.

Bacaan Arab

Bacaan Sujud Arab

Bacaan Latinnya :
“Subhaana robbiyal’ a’la wabihamdih “

Artinya :
“Maha Suci bagi Tuhanku Yang Maha Tinggi dan segala puji bagi-Nya.”

Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan setiap umat muslim diberbagai belahan dunia. Ada aturan dari kapan hingga kapan harus sholat subuh, dzuhur, asar, maghrib, isya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yang mengenai Bacaan Sujud. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Shalat Sunnah

_pur
3 min read

Keutamaan Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *