Bacaan Tahiyat Akhir

1 min read

Bacaan Tahiyat Akhir

Berikut ini adalah materi tentang bacaan tahiyat akhir mulai dari pengertian tahiyat akhir, sampai tata cara tahiyat akhir lengkap dengan penjelasannya.

Setiap Muslim wajib untuk selalu memahami setiap rukun-rukun Islam, menghafalkannya, mempercayai dan mempraktikkannya.

Jadi jika seorang Muslim mempercayainya, mempelajarinya dengan hati dan melafalkannya, maka ia akan menjadi Muslim yang baik.

Salah satu rukun Islam yang perlu dilafalkan dan diamalkan dalam ibadah wajib sehari-hari adalah rukun sholat.

Rukun Sholat terdiri dari:

  1. Berdiri Tegak (bagi mereka yang mampu
  2. Takbiratul ihram
  3. Baca surat Al Fatihah untuk setiap rakaat
  4. Rukuk dengan Tuma’ninah
  5. Iktidal
  6. Sujud
  7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk dan baca tahiyat akhir
  9. Baca sholawat nabi di tahiyat akhir
  10. Ucapkan salam
  11. Tertib dengan melaksanakan rukun secara berurutan

Pada kesempatan ini, saya akan membahas salah satu bacaan dalam tata cara doa, yaitu Doa Tasyahud akhir atau doa tahiyat akhir.

Pengertian Tahiyat Akhir

Sebuah hadits mengungkapkan bahwa tasyadud akhir hukumnya adalah wajib dan merupakan salah satu rukun sholat.

Tahiyat akhir adalah salah satu rukun sholat dan wajib untuk dilaksanakan. Jika bacaan tidak lengkap, dapat ditentukan bahwa shalatnya kurang sempurna.

Tasyahud akhir atau tahiyat akhir merupakan bacaan terakhir dari sholat. Doa ini dilantunkan setelah sujud terakhir diposisi Tasyahud akhir atau duduk Tawarruk.

Doa ini berisi kisah yang mendalam, doa untuk menyembah Allah dan memuji Nabi Muhammad.

Bacaan tahiyat akhir mengandung beberapa nilai historis seperti kisah pertemuan Nabi Muhammad dan Allah, munculnya nama Nabi Ibrahim dan lainnya.

Bacaan Tahiyat Akhir

Bacaan tahiyat akhir merupakan bacaan sholat yang dibacakan pada rakaat terakhir setelah sujud kedua. Pembacaan doa tahiyat akhir lebih panjang dari pembacaan doa tahiyat awal.

Bacaan Tahiyat Akhir Arab :

Bacaan Tahiyat Akhir Arab

Bacaan akhir latin :
“At-Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. As-Salaamu’Alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’Alaina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullaah. Allaahumma Shalli’Alaa Muhammad, Wa’Alaa Aali Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim.
Wabaarik’ Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil’Aalamiina Innaka Hamiidum Majiid.”

Artinya :
“Segala kehormatan dan kemuliaan, kebahagiaan dan kebaikan adalah milik Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad serta rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan atas kami dan semua hamba Allah yang Sholeh. Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Allah.

Dan saya bersaksi atas Nabi Muhammad adalah Utusan Allah. Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Sama seperti rahmat yang telah Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad dan keluarganya. Sama Seperti berkah yang telah Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang paling terpuji dan paling mulia di seluruh alam.”

Bacaan doa tahiyat akhir ini sama dengan bacaan doa tahiyat awal, dengan hanya dua bagian utama tambahan.

Pembacaan doa tahiyat akhir ini berisi pembacaan doa tahiyat awal, yang dilengkapi dengan pembacaan syahadat dan pembacaan sholawat atas nabi.

Tata Cara Tahiyat Akhir

Setiap gerakan sholat memiliki aturan gerakan dan doa yang berbeda. Setiap aturan ini harus dipatuhi agar doa yang dilakukan sah dan sempurna.

Berikut ini adalah beberapa tata cara tahiyat akhir berdasarkan hadits:

  1. Duduk Tasyahadud dengan duduk Tawarruk
  2. Isyarat jari
  3. Membaca bacaan tahiyat akhir

Tahiyat akhir adalah salah satu rukun sholat dan wajib untuk dilaksanakan. Pembacaan doa tahiyat akhir lebih panjang dari pembacaan doa tahiyat awal.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas mengenai Bacaan Tahiyat Akhir beserta penjelasannya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Keutamaan Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Bacaan Rukuk

Doa ibu
2 min read

Bacaan Sujud

Doa ibu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *