Bacaan Tahiyat Awal

1 min read

Bacaan Tahiyat Awal

Berikut ini adalah bacaan tahiyat awal, hukum membaca bacaan dalam sholat, Cara duduk tahiyat awal serta Isyarat telunjuk dengan lengkap.

Saat melaksanakan sholat, perlu memperhatikan semua rangkaian sholat. Tahiyat awal adalah salah satu bagian dari sholat yang merupakan sarana untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Karena itu penting untuk melantunkan macam-macam bacaan tahiyat awal dalam sholat.

Dengan sholat, seseorang dengan lemah mengakui diri penuh dosa di hadapan Sang Pencipta. Sholat dapat menjadi momen spesial bagi orang-orang. Dimana Anda bisa mencurahkan kesedihan dan keluh kesahnya memohon diringankan segala beban kepada Allah melalui sholat.

Ada tata cara dan bacaan sholat yang diajarkan oleh Nabi Saw. Adapun sikap yang benar untuk mengamalkan secara bergantian.

Sholat adalah suatu kondisi yang membawa seorang hamba lebih dekat kepada penciptanya. Posisi tersebut menunjukkan kerendahan hati seorang hamba, yang menyiratkan bahwa ia hanya bisa pasrah dan berserah kepada Allah SWT.

Dalam hadits, Nabi menyebutkan bahwa salah satu waktu terbaik untuk shalat adalah sujud. Karena itu, Anda dapat melipat gandakan doa Anda ketika Anda sujud. Nabi bersabda yang artinya : “Keadaan seorang hamba yang paling dekat dengan Allah adalah ketiks sujud. Jadi berdoalah lebih banyak. “(HR: Muslim)

Karena itu, perbanyaklah membaca doa selama sujud karena itu adalah waktu yang tepat untuk berdoa.

Hukum Membaca Bacaan Sholat

Menurut para ulama di antara para ulama dari mazhab Al-Hanafiyah, Al-Malikiyah dan Ash-Shyafi’iyah, mengatakan bahwa lafadz-lafadz yang dibacakan hukumnya sunnah dan bukan wajib.

Contoh Tahiyat Awal

Jika tidak dibaca sama sekali dan dibiarkan dengan sengaja atau tidak sengaja, itu tidak merusak sholat. sholat itu tetap sah tanpa membaca apa pun selama sholat.

Bacaan Tahiyat Awal

Bacaan Tahiyat awal adalah bacaan dari dialog Nabi Muhammad Saw dan Allah ketika Nabi Muhammad Saw mengalami peristiwa Isra ‘Mi’raj.

Bacaan ini adalah tentang penyembahan kepada Allah dan kehormatan Nabi Muhammad.

Bacaan Tahiyat Awal Arab

tahiyat-awal

Bacaan Tahiyat Awal latin : “At-Tahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawaatuth Thoyyibaatulillaah. As-Salaamu’Aikaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’laina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin.”

Artinya : “Segala kehormatan dan kemuliaan, kebahagiaan dan kebaikan adalah milik Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad serta rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan atas kami dan atas semua hamba Allah yang sholeh.”

Bacaan yang sama berlaku untuk bacaan tahiyat awal dan bacaan tahiyat akhir, satu-satunya perbedaan adalah bacaan Shalawat dalam tahiyat itu. Jika Tahiyat awal hanya cukup untuk Nabi Muhammad, sedangkan Tasyahud akhir diperluas untuk keluarga Nabi Muhammad dan Nabi Ibrahim serta keluarga Nabi Ibrahim.

Cara Duduk Tahiyat Awal

Cara pertama untuk duduk tahiyat awal adalah dengan duduk iftirasy, ketika Anda duduk di antara dua sujud, yaitu telapak kaki kiri diregangkan dan diduduki, kemudian telapak kaki kanan ditegakkan.

Saat duduk tahiyat lengan kanan terletak di paha atau lutut kanan dan tangan kiri di atas paha atau lutut kiri, dengan telapak tangan menggenggam dan jari telunjuk terentang dan jari-jari menghadap kiblat.

Kemudian posisikan siku sejajar dengan paha dan letakkan diatas paha.

Isyarat Telunjuk

Dari hadits Ibnu Umar dan Wail bin Hujr Ra di atas kita tahu bahwa ada dua cara untuk menunjuk dengan tangan kanan selama tahiyat:

  1. Genggam semua jari kecuali jari telunjuk yang menunjuk ke Kiblat, seperti dalam Hadits Ibnu Umar
  2. Genggam ibu jari dan jari telunjuk bersama-sama dan bentuk lingkaran dengan jari tengah dan ibu jari serta telunjuk menunjuk ke kiblat.

Selama Tahiyat awal, jari telunjuk dari tangan kanan menunjuk ke kiblat dan pandangan mata ke arah jari telunjuk tersebut .

Waktu Sholat dalam Islam

_pur
2 min read

Shalat Sunnah

_pur
3 min read

Keutamaan Shalat Tarawih

_pur
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *