Bacaan Takbir Panjang dan Pendek : Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Bacaan Takbir

Bacaan Takbir Panjang dan Pendek : Arab, Latin, dan Artinya – Melakukan takbir merupakan hal yang rutin kita lakukan. Takbir merupakan kalimat yang selalu kita baca ketika sedang sholat. Selain itu takbir merupakan kalimat puji – pujian kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Berdzikir mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala dengan membaca takbir. Kita harus terus mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala di mana pun kita berada. Selain itu, saat saat lebaran kita juga sering mendengar orang – orang yang melakukan takbir.

Tahukah kamu bagaimana bacaan takbir yang benar? Bagaimana bacaan takbir yang dibaca ketika takbiran saat menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha? Ulasan kali ini akan membahas mengenai bacaan takbir pendek dan panjang dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya secara lengkap. Simak terus ya.

Pengertian

Takbir merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu تَكْبِير atau Takbiir. Takbir merupakan suatu istilah untuk menyebut kalimat Allahu Akbar atau ٱللهُ أَكْبَرُ yang memiliki arti Allah Maha Besar.

Takbir merupakan salah satu bacaan dzikir ketika kita memuji Allah Subhanahu wa ta’ala. Sedangkan takbiran merupakan suatu aktivitas yang dilakukan bersama – sama untuk mengucapkan kalimat takbir. Biasanya takbiran dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Perintah Bertakbir

Takbir merupakan salah satu kalimat puji – pujian kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain itu, saat berdzikir juga kita membaca takbir.

Perintah bertakbir adalah salah satu hal yang harus kita lakukan, karena dengan begitu kita tidak akan melupakan Allah Subhanahu wa ta’ala dan menjadikan kita hamba yang kuat. Dengan begitu, kita lebih bersyukur lagi dalam menjalani semua cobaan dalam hidup. Hal ini juga terdapat di dalam Al Quran. Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman,

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Dan hendaklah kamu menyempurnakan bilangan puasa dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Baqarah ayat 185)

Selain itu disebutkan juga perihal mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala dengan berdzikir.

وَيَذْكُرُوْا اسْمَ ٱللهِ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ …

Artinya: “… dan supaya mereka berdzikir (menyebut) nama Allah pada hari yang telah ditentukan …” (QS. Al Hajj ayat 28)

Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kita untuk berdzikir mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala.

Mengikuti apa yang diajarkan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan kita manusia yang taat. Ibadah yang wajib dikerjakan dan melaksanakan hal – hal sunnah lainnya juga menjadikan kita manusia yang imannya kuat.

Dengan terus mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala membuat iman kita semakin kuat. Tingkat keimanan seseorang juga dapat berubah – ubah. Oleh karena itu, mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan cara yang baik yang dapat kita lakukan.

Bacaan Takbir

Bacaan takbir biasanya dibaca saat kita sholat dan berdzikir. Selain itu juga dibaca saat takbiran menjelang Idul Fitri dan Idul Adha.

Bacaan takbir terdiri dari dua jenis, yaitu takbir pendek dan panjang. Berikut ini bacaan takbir pendek dan takbir panjang yaitu sebagai berikut:

a. Takbir Pendek

Adapun bacaan dari takbir pendek yaitu:

Bacaan Arab Takbir Pendek

اَللهُ أكْبَرُ، اَللهُ أكْبَرُ، اَللهُ أكْبَرُ، لآ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أكْبَرُ، اَللهُ أكْبَرُ، وَلِلهِ الْحَمْدُ

Bacaan Latin Takbir Pendek

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahil hamd.

Terjemahan Arti Bacaan Arab Takbir Pendek

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji hanya bagi Allah.”

b. Takbir Panjang

Adapun bacaan dari takbir yang lebih panjang dan lengkap yaitu:

Bacaan Takbir Panjang
Bacaan Takbir Panjang

Bacaan Arab Takbir Panjang

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآاِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ، وَلِلهِ الْحَمْدُ
اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ
اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلاً، لآ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ وَلاَنَعْبُدُ اِلاَّ إِيَّاهُ، مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ، وَلَوْكَرِهَ الْكَافِرُوْنَ، وَلَوْ كرِهَ الْمُنَافِقوْن، وَلَوْكَرِهَ الْمُشْرِكوْن. لآاِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْـدَهُ وَنَصَرَعَبِدَهُ وَاَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لآ اِلٰهَ اِلاَّ اللهُ . اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، وَلِلهِ الْحَمْدُ

Bacaan Latin Takbir Panjang

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allaahu akbar, wa lillaahil hamd.
Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar.
Allaahu akbar, kabiiraa walhamdulillaahi katsiiraa wa subhaanallaahi bukrataw wa ashillaa, Laa ilaaha illallaahu wa laa na’budu illaa iyyaahu. Mukhlishiina lahuddiin, walau karihal kaafiruun, walau karihal munaafiqun, walau karihal musyrikuun. Laa ilaaha illallaahu wahdahu shadaqa wa’dahu wa nashara ‘abidahu wa a’azza jundahu wa hazamal ahzaaba wahdahu Laa ilaaha illallaahu. Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahil hamd.

Terjemahan Arti Bacaan Arab Takbir Panjang

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan segala puji hanya bagi Allah.
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.
Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, Segala puji hanya bagi Allah sebanyak – banyak puji, dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang – orang kafir, munafik, dan musyrik membenci-Nya. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dengan ke-Esa-an-Nya. Dia Zat yang menepati janji, Zat yang menolong hamba-Nya, dan memuliakan bala tentara-Nya, serta menyiksa musuh dengan ke-Esa-an-Nya. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, dan segala puji hanya bagi Allah.

Waktu Takbiran

Takbiran yang dilakukan pada Idul Fitri yaitu pada akhir bulan Ramadan saat matahari terbenam hingga imam memimpin sholat Idul Fitri. Akhir bulan Ramadhan saat matahari tenggelam yaitu pada malam tanggal 1 Syawal waktu masuk sholat maghrib.

Sedangkan pada Idul Adha, takbiran dilakukan saat masuk waktu sholat Subuh di tanggal 9 Dzulhijjah hingga saat tiba waktu sholat Ashar di tanggal 13 Dzulhijjah, yaitu pada Hari Arafah hingga hari Tasyrik.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai bacaan takbir yang pendek dan panjang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.