Bacaan Tahiyat / Tasyahud Akhir Lengkap : Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Bacaan Tasyahud Akhir

Bacaan Tahiyat / Tasyahud Akhir Lengkap : Arab, Latin, dan Artinya Sholat merupakan tiang agama. Bgai umat Islam ibadah yang wajib dilaksanakan di tiap harinya yaitu sholat fardhu. Selain itu, melaksanakan sholat sunnah juga dapat dikerjakan di tiap harinya.

Terlebih dahulu berwudhu sebelum melaksanakan sholat. Pastikan tubuh dan diri kita bersih dan suci dari hadats besar atau pun kecil. Selain itu, kita juga harus mempelajari dan memahami gerakan – gerakan sholat dan bacaan – bacaannya. Gerakan dan bacaan di tiap gerakan sholat merupakan hal utama yang harus dilakukan ketika mempelajari sholat.

Pada gerakan sholat terdapat satu gerakan sholat yaitu tahiyat atau tsyahud akhir. Bagaimana bacaan tahiyat akhir dan cara pelaksanaan tahiyat akhir?

Berikut ini akan dijabarkan artikel mengenai bacaan tahiyat atau tasyahud akhir dilengkapi dengan tata cara dari duduk tahiyat akhir. Simak terus artikel kali ini ya.

Tasyahud atau Tahiyat Akhir

Tahiyat akhir merupakan salah satu gerakan sholat dan termasuk dalam rukun sholat. Tahiyat akhir dilakukan saat duduk tasyahud untuk mengakhiri sholat.

Duduk tasyahud akhir dilakukan dengan cara bertumpu di atas paha atau pantat kiri yang ditempelkan pada tempat duduk, kaki yang kiri dimasukkan ke bawah kaki yang kanan, dan jari – jari kaki kanan menekan ke tanah.

Dalam pelaksanaan duduk tahiyat akhir terdapat sunnah – sunnah yang dapat dikerjakan. Adapun sunnah – sunnah yang dapat dilakukan saat melakukan duduk tahiyat akhir yaitu sebagai berikut:

a. ujung kaki menempel pada lantai atau sajadah sambil mengarah ke arah kiblat.
b. ujung jari tangan diletakkan sejajar dengan lutut sambil terbuka rapat mengarah ke arah kiblat
c. tangan kanan digenggam kecuali jari telunjuk
d. mengarahkan pandangan pada jari telunjuk

Dengan melaksanakan perbuatan – perbuatan sunnah tersebut di atas semoga menambah amal ibadah kita dalam sholat dan dapat menyempurnakan sholat yang kita kerjakan. Amiin.

Pentingnya melaksanakan sholat secara sempurna terdapat pada sebuah hadits berikut ini:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمْ الصَّلَاةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلَائِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِي صَلَاةِ عَبْدِي أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِي فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الْأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat yaitu sholatnya. Tuhan kita ‘Azza wa Jalla berfirman kepada para malaikat-Nya, sedangkan Dia lebih mengetahui, “Perhatikan sholat hamba-Ku, apakah sempurna atau justru kurang?”
Sekiranya sempurna, maka akan dituliskan baginya dengan sempurna, dan jika terdapat kekurangan maka Allah berfirman, “Perhatikan lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah?”
Jika terdapat sholat sunnahnya, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada sholat wajib hamba-Ku itu dengan sholat sunnahnya.”
Kemudian semua amal manusia akan dihisab dengan cara demikian.”
(HR. Abu Daud)

Bacaan Tahiyat Akhir

Adapun bacaan yang dapat dibaca ketika sedang duduk tahiyat atau tasyahud akhir yaitu sebagai berikut:

Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Akhir
Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Akhir

Bacaan Arab Tahiyat atau Tasyahud Akhir

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلهِ. أَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. أَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ. وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Latin Tahiyat atau Tasyahud Akhir

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatu lillaahi. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihin. Asyhadu al laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuulullaah. Allahumma shalli ‘ala sayyidinaa Muhammad, wa ‘ala aali sayyidinaa Muhammad, kamaa shallayta ‘ala sayyidinaa Ibraahiim. Wa baarik ‘ala sayyidinaa Muhammad, wa ‘ala aali sayyidinaa Muhammad. Kamaa baarakta ‘ala sayyidinaa Ibraahiim, wa ‘ala aali sayyidinaa Ibraahiim, innaka hamiidun majiid.

Terjemahan Arti Bacaan Tahiyat atau Tasyahud Akhir

“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah – mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi Muhammad beserta rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah – mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada para keluarganya. Sebagaimana Engkau sampaikan rahmat kepada Nabi Ibrahim, serta kepada para keluarganya. Dan berikanlah keberkahan kepada junjungan kita Nabi Muhammad, serta kepada para keluarganya. Sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada junjungan kita Nabi Ibrahim, serta keberkahan yang dilimpahkan kepada keluarga Nabi Ibrahim. Bahwasanya Engkaulah Yang Maha Terpuji lagi Maha Kekal di seluruh alam semesta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Membaca bacaan secara benar dan tepat merupakan hal yang harus dipelajari dengan baik dan benar. Dengan memperbaiki sholat kita dari gerakan hingga bacaannya dapat membantu kita dalam menjalani kehidupan.

Bacaan dan gerakan sholat yang dapat kita lakukan harus sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Al Hadits sesuai ajaran yang diajarkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sempurnanya sholat kita bergantung dari gerakan dan bacaan yang kita lakukan. Jika ada salah satu dari rukun sholat atau pun bacaan yang tidak kita kerjakan atau dibaca dengan benar, maka sholat yang kita kerjakan terasa kurang sempurna.

Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada para umatnya untuk melaksanakan sholat seperti yang Beliau kerjakan. Pada sebuah hadits, setelah Malik ibnu Huwairits radhiyallahu ‘anhu melaksanakan sholat bersama Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau berkata bahwa,

اذْهَبُوا إِلَى أَهْلِيْكُمْ، وَمُرُوْهُمْ وَعَلِّمُوْهُمْ وَصَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

Artinya: “Pulanglah kalian kepada keluarga kalian, perintahkanlah dan ajarkanlah mereka. Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat!” (HR. Al Bukhari)

Berdasarkan hadits tersebut, kita diperintahkan untuk belajar dan mengerjakan sholat sesuai yang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kerjakan.

Baca Juga:

Demikianlah artikel kali ini mengenai bacaan tahiyat atau tasyahud akhir yang dilengkapi dengan tata cara duduk tasyahud akhir. Artikel kali ini telah dijelaskan secara jelas dan lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read