Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Awal Lengkap : Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Bacaan Tasyahud Awal

Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Awal Lengkap : Arab, Latin, dan Artinya – Sholat terdiri dari rukun – rukun sholat. Di tiap gerakan sholat terdapat bacaan – bacaannya masing – masing. Setiap umat Islam yang mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Di tiap gerakan yang dilakukan secara khusyuk, terdapat bacaan yang dibaca dengan benar.

Dalam setiap gerakan, bacaan yang dibaca tentunya berbeda – beda. Pelaksanaan sholat secara tepat dan benar menjadikan sholat yang kita kerjakan menjadi sempurna. Sholat yang kita kerjakan pun bukan hanya sholat wajib lima waktu, tetapi juga melaksanakan sholat sunnah yang dapat kita lakukan. Jadi, di tiap harinya kita mengerjakan sholat lebih dari lima kali.

Oleh sebab itu, penting bagi kita mengetahui tata cara pelaksanaan sholat yang tentunya dibarengi dengan bacaan yang sesuai dengan gerakannya.

Berikut ini akan dibahas artikel mengenai bacaan tasyahud atau tahiyat awal beserta dengan tata cara duduknya. Simak terus artikelnya ya teman – teman.

Tasyahud Awal

Dalam gerakan sholat terdapat salah satu gerakan duduk yang disebut dengan tasyahud awal. Tasyahud awal sering kali juga kita sebut tahiyat awal. Tasyahud awal merupakan salah satu rukun sholat yang tidak boleh dilewatkan dengan kata lain wajib dikerjakan.

Posisi saat pelaksanaan tasyahud awal yaitu sama seperti tahiyat akhir. Saat duduk tasyahud awal, duduk dengan kaki yang kanan tegak dan telapak kaki yang kiri diduduki.

Tasyahud awal dikerjakan pada rakaat kedua, kecuali pada sholat subuh. Pada sholat subuh tidak terdapat duduk tasyahud atau tahiyat awal dikarenakan jumlah rakaat pada sholat subuh hanya dua rakaat, hanya ada tahiyat akhir. Sedangkan pada sholat fardhu lainnya, setelah sujud kedua, kita melakukan duduk tasyahud awal pada rakaat yang kedua.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا جَلَسْتَ فِي وَسَطِ الصَّلَاةِ فَاطْمَئِنَّ، وَافْتَرِشْ فَخِذَكَ الْيُسْرَى ثُمَّ تَشَهَّدْ

Artinya: “Jika kamu duduk di tengah sholat (tasyahud awal), duduklah dengan tuma’ninah, bentangkan pahamu yang kiri, kemudian bertasyahudlah.” (HR. Abu Daud)

Bacaan Tasyahud Awal

Adapun bacaan dari duduk tasyahud awal yaitu sebagai berikut:

Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Awal
Bacaan Tasyahud atau Tahiyat Awal

a. Bacaan Arab Tasyahud Awal

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلهِ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ. اللّهُمَّ صَلِّ عَلَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

b. Bacaan Latin Tasyahud Awal

At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah. As salaamu ’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh. As salaamu ’alainaa wa ’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna muhammadar rasuulullaah. Allaahumma shalli ‘ala sayyidinaa muhammad.

c. Terjemahan Arti Bacaan Tasyahud Awal

“Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan adalah punya Allah. Mudah – mudahan keselamatan atas Nabi Muhammad, beserta rahmat Allah dan berkah-Nya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh – sholeh. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah. Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.” (HR. Muslim)

Terdapat juga bacaan tasyahud awal yang dapat dibaca selain bacaan di atas, yaitu sebagai berikut:

التَّحِيَّاتُ لِلهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ. السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

At tahiyyaatu lillaah, wash shalawaatu wath thayyibaah. As salaamu’alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh. As salaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. Asyhadu al laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.

Artinya: “Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan adalah bagi Allah. Mudah – mudahan kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi beserta rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah – mudahan kesejahteraan dilimpahkan pula kepada kami dan kepada seluruh hamba Allah yang sholeh – sholeh. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.” (HR. Bukhari)

Selain itu, perlu juga diperhatikan mengenai rukun sholat lainnya. Karena dengan memperbaiki sholat kita menjadi lebih tenang dan lebih terasa sempurna ibadah yang kita lakukan.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai bacaan tasyahud awal yang telah dijelaskan secara lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda sekalian. Terima kasih.