Balasan Meninggalkan Sholat Subuh Berdasarkan Dalil

2 min read

Balasan Meninggalkan Sholat Subuh

Balasan Meninggalkan Sholat Subuh Berdasarkan Dalil – Sholat Subuh merupakan awal dari kegiatan. Dari pagi hari tiap orang mulai bersiap untuk memulai aktivitas hariannya. Bersih – bersih, sarapan, lalu berangkat kerja. Tetapi sudahkah kamu melaksanakan sholat Subuh.

Banyak para pekerja yang telah kelelahan dan pulang terlalu malam kesulitan untuk bangun di waktu subuh dan melaksanakan sholat Subuh. Padahal tahukah kamu jika meninggalkan sholat wajib akan mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu wa ta’ala?

Berikut ini akan akan dibahas mengenai balasan bagi orang – orang yang meninggalkan sholat Subuh. Simak terus ya.

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh tiap umat Islam yang telah baligh. Karena itu, melaksanakan sholat fardhu wajib hukumnya.

Apakah kita diperbolehkan meninggalkan sholat?

Bagi yang udzur maka tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat, salah satunya yaitu bagi wanita yang mengalami menstruasi atau datang bulan maka tidak boleh melaksanakan sholat. Kecuali telah selesai dan sudah melaksanakan mandi wajib, maka wajib baginya untuk melaksanakan sholat.

Oleh karena itu, bagi umat Muslim wajib melaksanakan sholat. Sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala mengenai perintah melaksanakan sholat pada surat Al Muzammil ayat 20.

إِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُومُ أَدْنَىٰ مِنْ ثُلُثَيِ اللَّيْلِ وَنِصْفَهُ وَثُلُثَهُ وَطَائِفَةٌ مِنَ الَّذِينَ مَعَكَ ۚ وَاللهُ يُقَدِّرُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ ۚ عَلِمَ أَنْ لَنْ تُحْصُوهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ ۚ عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙ وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ اللهِ ۙ وَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللهِ ۖ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ ۚ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَأَقْرِضُوا اللهَ قَرْضًا حَسَنًا ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللهِ هُوَ خَيْرًا وَأَعْظَمَ أَجْرًا ۚ وَاسْتَغْفِرُوا اللهَ ۖ إِنَّ اللهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sholat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang – orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali – kali tidak dapat menentukan batas – batas dari waktu – waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang – orang yang sakit dan orang – orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah, dan orang – orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Muzammil ayat 20)

Meninggalkan sholat merupakan hal yang sangat vital. Karena sholat merupakan jantung dari Islam. Berikut ini balasan bagi orang – orang yang meninggalkan sholat Subuh di antaranya yaitu:

a. Termasuk golongan orang munafik

Sholat Subuh merupakan salah satu sholat yang sangat berat untuk dilaksanakan. Karena waktu pelaksanaannya merupakan waktu istirahat. Tetapi jika tidak melaksanakan sholat Subuh maka orang tersebut termasuk ke dalam golongan orang – orang munafik.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Artinya: “Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang – orang munafik adalah sholat Isya dan sholat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

b. Golongan syirik dan kafir

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ

Artinya: “Sesungguhnya (pembatas) antara seseorang muslim dengan kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim)

Meninggalkan sholat Subuh akan memberikan balasan yang pedih bagi orang – orang yang lalai tersebut. Terutama bagi orang – orang yang mendengar adzan Subuh tetapi tetap melanjutkan tidurnya.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِ فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّمِنْ عُذْرٍ

Artinya: “Barangsiapa yang mendengar adzan lalu ia tidak memenuhinya, maka tidak ada sholat baginya, kecuali karena udzur.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Abbas)

Bahkan saat masuk waktu sholat Subuh, adzan yang biasa dikumandangkan akan berbeda dengan adzan pada waktu sholat wajib lainnya.

Pada adzan Subuh terdapat seruan berikut ini:

اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Ash shalaatu khairum minan nauum

Artinya: “Sholat itu lebih baik dari pada tidur.”

Oleh karena itu, pelaksanaan sholat Subuh lebih baik dibandingkan dengan tidur. Tetapi, jika tidak mendengar adzan dan melewatkan sholat, maka saat terbangun langsung melaksanakan sholat tersebut.

Anas Radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

Artinya: “Barangsiapa yang lupa atau tertidur dari sholat, maka kafarah (tebusannya) adalah dia sholat ketika dia ingat.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai balasan dari meninggalkan sholat subuh yang dilengkapi dengan dalil dan dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan kita tidak melewatkan melaksanakan sholat wajib lima waktu. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read

Pelaksanaan Shalat Jumat

_pur
3 min read