Arti Barakallah Fii Umrik

3 min read

Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik – Tiap – tiap manusia selalu ingin memiliki momen spesial dalam hidupnya dan sangat senang jika seseorang berbagi bersama dalam hari spesialnya tersebut.

Bagi umat Islam mengucapkan ulang tahun secara Islami merupakan hal yang harus diingat dan tentunya tidak mengikuti kebiasaan orang barat dalam merayakan ulang tahun. Seperti contohnya mengucapkan kepada seseorang itu sebaiknya dengan ucapan “barakallah fii umrik”.

Nah sudah tau belum apa arti dan pengertian dari Barakallah fii umrik? Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian dan arti dari barakallah fii umrik. Simak terus artikel kali ini ya.

Bagi kebanyakan orang memperingati atau merayakan momen spesial merupakan sebuah hal yang selalu dinantikan. Seperti halnya dengan hari lahir. Merayakan hari lahir atau ulang tahun merupakan hal penting.

Seseorang yang dilahirkan ke dunia merupakan hal terindah dan suatu anugerah yang telah Allah SWT. berikan kepada para orang tua. Pada saat itu, hari dilahirkannya seseorang merupakan hari yang spesial yang akan selalu berulang di tiap tahunnya dan tentunya itu berarti bertambahnya umur seseorang itu.

Mengirim pesan kepada seseorang yang berulang tahun merupakan hal simple tapi sangat berkesan terhadap orang lain. Karena itu artinya seseorang itu mengingat kita untuk hal – hal yang sepertinya terlihat biasa aja bukan hal penting.

Dengan memberikan perhatian kecil kepada seseorang yang sedang berulang tahun dapat memberikan kesan yang mendalam untuk orang tersebut.

Pengertian dan Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik sering kali digunakan untuk memberikan ucapan milad atau selamat ulang tahun secara Islami kepada orang – orang terdekat dalam hidupnya dan orang terkasih tentunya.

Kalimat barakallah berasal dari bahasa Arab dan terdiri atas dua suku kata, yaitu kata “baaraka” dan “Allaah”. Baaraka memiliki arti yaitu ”berkah” dan kata “Allaah” artinya yaitu tetap “Allah”.

Sehingga ketika kedua kata itu digabungkan menjadi satu kalimat maka kata tersebut akan membentuk sebuah kalimat yaitu “barakallah”, yang memiliki arti yaitu “Semoga Allah SWT. memberkahi”. Sedangkan fii umrik memilik arti di dalam umur kamu.

Pengertian dari barakallah fii umrik yaitu semoga Allah SWT. memberkahi usiamu.

Ucapan barakallah fii umrik merupakan ungkapan do’a dari orang yang mengucapkan kepada seseorang yang sedang milad atau berulang tahun supaya mendapatkan keberkahan umur dari Allah SWT.

Bacaan Ucapan Milad

Bacaan Arab Ucapan Milad

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Bacaan Latin Ucapan Milad

Baarakallaah fii ‘umrik.

Terjemahan Ucapan Milad

“Semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu.”

Bacaan tersebut di atas merupakan bacaan secara umum. Berikut ini bacaan untuk laki – laki dan perempuan yaitu sebagai berikut:

Ucapan Barakallah Fii Umrik untuk Laki – Laki

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Baarakallaah fii ‘umrika

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (laki – laki).”

Ucapan Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكِ

Baarakallaah fii ‘umriki

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi dalam umurmu (perempuan).”

Perbedaan antara laki – laki dan perempuan yaitu terletak pada kata “Ka” dan “Ki”.

Jawaban Ucapan Barakallah Fii Umrik

Setelah mendapatkan ucapan baarakallaah fii umrik, kamu dapat membalas ucapan tersebut dengan kalimat berikut yaitu:

Bacaan Latin Jawaban Ucapan Barakallah Fii Umrik

Wa fiikum barakallah

Terjemahan Jawaban Ucapan Barakallah Fii Umrik

“Dan kepadamu semoga keberkahan dari Allah menyertaimu juga.”

Berikut ini merupakan jawaban dari ucapan baarakallaah fii umrik untuk laki – laki dan perempuan yaitu:

Jawaban Barakallah Fii Umrik untuk Laki – Laki

Wa fiika barakallah

Artinya: “Dan kepadamu semoga keberkahan dari Allah menyertai kamu (laki – laki) juga.”

Jawaban Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Wa fiiki barakallah

Artinya: “Dan kepadamu semoga keberkahan dari Allah menyertai kamu (perempuan) juga.”

Hal yang tidak dilakukan dan dilakukan saat merayakan ulang tahun

Kita boleh saja merayakan hari ulang tahun atau milad. Tetapi harus tetap memperhatikan hal – hal apa saja yang dibolehkan dalam Islam agar tidak mengikuti suatu kaum yang sebenarnya tidak diperbolehkan dalam Islam.

Seperti dalam sebuah hadits dari Abu Daud disebutkan bahwa:

من تشبه بقوم فهو منهم

Artinya:
“Orang yang meniru suatu kaum, ia seolah adalah bagian dari kaum tersebut.” (HR. Abu Daud)

Hal – hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat sedang merayakan ulang tahun di antaranya seperti tiup lilin, musik yang terlalu keras, dan baju yang memperlihatkan aurat.

Dengan memperhatikan hal itu, kita tetap diperbolehkan dalam Islam untuk memberikan ucapan bahkan hadiah kepada seseorang yang sedang berulang tahun.

Rasulullah SAW. memberikan contoh perihal memberikan hadiah seperti dalam hadits riwayat Bukhari, sebagai berikut:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya.” (HR. Bukhari)

Meskipun demikian kita tetap dapat merayakan ulang tahun kita dengan hal yang positif. Seperti mengadakan acara kecil – kecilan. Bisa dengan mengadakan syukuran dan sholawatan dengan mengundang saudara, tetangga dekat, dan anak yatim piatu.

Serta kita juga dapat berbagi dengan para fakir miskin. Selain kita bisa berbahagia bersama, kita juga mendapat keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Lebih bermanfaat dan tidak mubazir bukan?

Saat kita sedang berulang tahun, bisa juga saat itu waktunya untuk muhasabah diri kita sendiri. Kita dapat mengintrospeksi diri kita, dari hal – hal apa saja yang kita lakukan, kesalahan, dan kebaikan apa saja yang telah kita lakukan selama setahun sebelumnya. Hal itu dilakukan agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Doa Ketika Berulang Tahun

Rasulullah SAW. menganjurkan untuk saling mendoakan sesamanya seperti pada sabda Rasulullah SAW. dalam hadits riwayat Imam Muslim bahwa:

“Tidak ada seorang hamba muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan selain malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat “Kamu juga mendapat sama persis sebagaimana doa yang kamu ucapkan itu”.” (HR. Muslim)

Berikut ini merupakan doa yang dapat kita panjatkan ketika sedang milad atau berulang tahun:

Bacaan Arab Doa Milad

اَللّهُمَّ اِنَّانَسْـأَلُكَ طُوْلَ الْعُمُرِ بِـالطَّاعَةِوَاخْتِمْ لَنَابِـالْأَعْمَالِ الصَّلِحَةِ

Bacaan Latin Doa Milad

Allaahumma innaa nas aluka thuulal ‘umuri bith thaa ‘ati wakhtimlanaa bil a’maalish shaalihat.

Terjemahan Doa Milad

“Wahai Tuhanku, kami memohon kepada Engkau umur yang panjang dengan selalu digunakan untuk taat dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik.”

Baca Juga:

Demikianlah pengertian dan arti dari barakallah fii umrik yang telah dijabarkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu untuk kamu. Terima kasih.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read