Tulisan Arab dan Arti Bismillahirrahmanirrahim + Keutamaan

3 min read

Bismillahirrahmanirrahim

Tulisan Arab dan Arti Bismillahirrahmanirrahim + Keutamaan – Setiap orang melakukan aktivitas di tiap waktunya, seperti makan atau berjalan. Melakukan segala kegiatan atau aktivitas apapun sebaiknya diawali dengan berdoa. Kenapa harus berdoa?

Pekerjaan atau aktivitas yang diawali dengan berdoa, maka akan dilindungi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Apapun yang kita kerjakan akan mendapatkan keberkahan jika semua itu diawali dengan berdoa. Salah satunya yaitu dengan mengucapkan kata “Bismillahirrahmanirrahim”. Kata tersebut merupakan doa yang paling mudah dan gampang untuk diingat dan dilafalkan. Meskipun begitu kata ini memiliki keutamaan yang sangat besar. Masya Allah.

Tahukah kamu bagaimana penulisan kata bismillahirrahmanirrahim dan keutamaan yang terkandung pada kata tersebut? Berikut ini akan dibahas mengenai kata bismillahirrahmanirrahim yang dilengkapi dengan pengertian, dalil yang berkaitan, bacaan Arab, Latin, dan artinya beserta keutamaannya. Simak terus ya.

Tulisan Bismillahirrahmanirrahim

Adapun berikut ini merupakan tulisan dari kata Bismillahirrahmanirrahim yaitu:

Bismillahirrahmanirrahim

Bacaan Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bacaan Latin

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Artinya

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Pengertian Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim atau biasa disebut dengan ucapan basmalah. Basmalah merupakan kata bismillah.

Bismillahrirrahmanirrahim terdiri dari beberapa kata, yaitu sebagai berikut:

  • Bismillah
  • Ar Rahman
  • Ar Rahim

Berikut ini penjelasannya yaitu:

a. Bismillah

Bismillah artinya dengan menyebut nama Allah. Nama-nama Allah disebut juga dengan Asma Allah atau Asmaul Husna.

b. Ar Rahman

Ar Rahman berasal dari kata Ar Rahmah yang memiliki arti Maha Pengasih. Maksudnya yaitu Allah Subhanahu wa ta’ala yang memberikan nikmat dan karunia yang banyak kepada hamba-Nya.

c. Ar Rahim

Ar Rahim berasal dari kata Ar Rahmah yang memiliki arti Maha Penyayang. Maksudnya yaitu Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan nikmat dan karunia yang tak terhingga kepada hamba-Nya.

Oleh karena itu, bismillahirrahmanirrahim merupakan bacaan atau doa dalam mengawali segala kegiatan.

Dalil yang Berkaitan

Kata Bismillah juga disebutkan di dalam Al Quran. Bismillahirrahmanirrahim berada di awal surat. Meskipun begitu terdapat surat yang tidak diawali dengan tulisan bismillahirramanirrahim. Salah satunya yaitu pada surat At Taubah.

Kata Bismillah terdapat pada ayat Al Quran atau pun hadits nabi.

Bismillah merupakan salah satu doa yang dapat digunakan untuk memulai segala sesuatu. Setiap ingin memulai sesuatu kita dapat memulai dengan berdoa bimillahirrahmanirrahim.

Jadi, apapun yang akan kita lakukan jangan melupakan berdoa.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan,

إِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.” (QS. Al ‘Alaq Ayat 1)

Pada ayat lain juga disebutkan bahwa apapun yang akan dilakukan awalilah dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim.

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Artinya: “Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” (QS. An Naml ayat 30)

Oleh karena itu, setiap kegiatan yang diawali dengan membaca bismillah merupakan suatu amalan yang dapat mempermudah apa yang kita kerjakan. Selain itu juga kamu akan mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan untuk memulai berdoa dengan membaca basmalah sebelum makan. Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا أَكَلَ أَحَدكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللهِ

Artinya: “Apabila salah seorang di antara kalian akan makan, sebaiknya dia mengucapkan Bismillah.” (HR. Ibnu Majah dan At Tirmidzi)

Keutamaan Bacaan Bismillah

Basmalah merupakan suatu bacaan yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Bahkan apa pun dan kapan pun kita ingin melakukan sesuatu baik itu hal besar atau pun ringan, Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan kita untuk berdoa dengan mengawalinya dengan membaca bismillahirrahmanirrahim.

Adapun berikut ini beberapa keutamaan yang didapatkan dari membaca Basmalah, di antaranya yaitu:

a. Memperoleh pahala yang besar

Mengawali setiap kegiatan dengan membaca Basmalah akan memberikan begitu banyak pahala. Misalkan saat akan makan kita akan membaca doa makan, tetapi sebelum itu kita akan mengawalinya dengan membaca Basmalah. Bukankah berarti kita akan mendapatkan pahala dua kali lipat, bukan? Allah Maha Baik lagi Maha Pemurah.

b. Membuat setan menjadi kecil

Dengan membaca Basmalah, setan akan menjadi kecil dan tidak dapat mengganggu hamba-Nya dalam melakukan suatu aktivitas. Apapun yang dilakukan manusia pasti akan diganggu oleh setan. Oleh karena itu, penting bagi manusia untuk mengawalinya dengan membaca Basmalah, agar setan menjadi kecil dan tidak bisa mengganggu pekerjaan manusia.

c. Pembuka pintu rezeki

Bismillahirrahmanirrahim juga dapat mendatangkan rezeki. Basmalah merupakan salah satu pembuka pintu rezeki. Oleh karena itu, apapun yang dilakukan mulailah dengan membaca bismillah. Terutama bagi mereka yang akan memulai usahanya. Agar usahanya menjadi laris dan ramai. Selain itu juga bisa ditambahkan dengan membaca doa agar dagangan menjadi laris dan ramai.

d. Mencerdaskan akal pikiran

Bagi seseorang yang akan memulai belajar, janganlah lupa membaca bismillah sebelum memulai belajar. Membaca bismillah akan membantu mencerdaskan akal pikiran dan lebih memudahkan dalam menerima pekerjaan. Kemudian setelah itu membaca doa sebelum belajar.

e. Menyembuhkan penyakit

Keutamaan lainnya dari bismillah yaitu dapat menyembuhkan penyakit. Yakin dan percayalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala bahwa akan diangkat penyakti yang kita derita.

Oleh karena itu, janganlah lupa membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu, apapun itu kegiatannya, bahkan berjalan sekalipun mulailah dengan membaca bismillah.

Apapun yang akan kita kerjakan awalilah dengan bimillah. Biasakanlah diri Anda atau keluarga Anda dari masih kecil untuk memulai segala seuatu dengan membaca bismillah. Kenapa demikian? karena jika suatu kebiasaan dimulai dari ksejak dini, maka dia akan terbiasa hingga besar.

Insya Allah apa yang kita kerjakan dan lakukan akan diridhoi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan diberikan keberkahan di dalamnya, serta mendapatkan pahala yang besar dalam menjalaninya.

Kaligrafi Bismillah

Untuk kamu yang ingin belajar membuat kaligrafi bismillah, berikut ini kami menyediakan video tutorial yang dapat di pelajari

Selain video diatas, kami juga menyisipkan beberapa gambar kaligrafi bismillah yang indah, unik, dan keren yang dapat kamu jadikan referensi sebagai bahan latihan.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai kata Bismillahirrahmanirrahim yang berisikan tentang pengertian, dalil yang berkaitan, tulisan dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, serta keutamaan dari kata tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read