Cara agar Doa Cepat Terkabul dan Diijabah Allah

3 min read

Cara Doa Cepat Terkabul

Cara agar Doa Cepat Terkabul dan Diijabah Allah – Berdoa merupakan suatu ibadah. Masih ada manusia yang tidak sabar dalam berdoa. Tidak yakin bahwa doa yang dipinta akan dikabulkan. Padahal doa-doa yang dipanjatkan bisa saja terkabul dalam waktu cepat bahkan dalam waktu yang lama pun bisa saja terjadi.

Memohon apa saja kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Meskipun begitu, masih ada manusia yang tidak berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan malah percaya akan ramalan atau ucapan manusia. Na’udzubillah.

Agar doa cepat dikabulkan, tentunya harus berdoa dengan cara yang baik. Selain itu juga dapat melakukan cara-cara pendukung lainnya. Tahukah kamu bagaimana cara agar doa cepat terkabul? Berikut ini akan membahas mengenai cara berdoa agar cepat terkabul. Simak terus ya.

Berdoa

Berdoa yaitu suatu cara kita dalam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Meminta apa pun bahkan hal yang mustahil dilakukan oleh manusia sekalipun.

Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. Allah Yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Berdoa merupakan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala. JIka kita mengharapkan sesuatu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kita untuk meminta dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَا يَسْأَلِ اللهَ يَغْضَبْ عَلَيْهِ

Artinya: “Barangsiapa yang tidak meminta kepada Allah, Dia akan marah kepadanya.” (HR. At Tirmidzi)

Oleh karena itu, berdoa merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan kapan pun terutama di waktu-waktu yang mustajab dan dengan cara berdoa yang baik.

Namun, berdoa juga memiliki syarat-syarat yang sebaiknya dipenuhi. Adapun syarat dalam berdoa yaitu di antaranya:

a. Seorang Muslim
b. Ikhlas
c. Meminta hal-hal yang baik dan tidak mengarah ke hal yang diharamkan
d. Tidak terburu-buru
e. Bersabar dan berusaha

Manusia diperintahkan untuk berusaha, berdoa, dan bertawakal dalam melakukan segala sesuatu. Begitu pula dengan memenuhi segala harapnya. Mewujudkan segala impian dan cita-citanya dengan usaha yang maksimal yang disertai dengan doa. Memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan terus bertawakal dan meyakini keimananannya hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Berdoa agar doa yang diucapkan dapat terkabul dengan melakukan cara-cara yang baik yang dapat membuat doa cepat terkabul. Tentunya doa-doa tersebut merupakan doa-doa yang baik.

Adapun berikut ini merupakan cara agar doa cepat terkabul di antaranya yaitu:

a. Memupuk pahala dengan berbuat baik

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk memperbaiki iman dan Islam manusia. Mengajarkan agama Islam yang benar.

Kita diajarkan oleh para rasul untuk selalu berbuat baik. Melakukan hal-hal yang baik akan mendatangkan pahala yang baik. Menanam perbuatan baik tentunya akan menuai perbuatan yang baik pula.

Jangan pernah takut untuk selalu berbuat baik kepada orang lain, karena nantinya orang lain juga akan berbuat baik kepada kita dan keluarga kita. Hal ini juga dapat membantu agar doa-doa kita cepat terkabulkan.

b. Bersedekah

Seringkali kita mendengar cerita-cerita dari pengalaman hidup orang atau para ulama yang membahas perihal sedekah. Sedekah memiliki keutamaan yang sangat besar. Orang yang bersedekah akan mendapatkan berlipat ganda dari apa yang disedekahkan. Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan dalam salah satu ayat Al Quran yaitu:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 261)

c. Beristighfar

Siapa yang tidak ingin doanya cepat terkabul? Tentu semua orang menginginkannya. Beristighfarlah dan memohon ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan istighfar dapat mendatangkan keberkahan dalam hal rezeki.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan dalam ayat Al Quran pada surat Nuh ayat 10 sampai 12. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً. يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً. وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِيْنَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

Artinya: “Maka aku (Nabi Nuh) berkata (kepada mereka), “Beristighfarlah (memohon ampunan) kepada Tuhan kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, dan juga mengadakan kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh ayat 10-12)

d. Bershalawat

Bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam akan mendatangkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Dalam sebuah hasitd yang diriwayatkan oleh An Nasa’i bahwa,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيْئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa bershalawat kepadaku (Muhammad) satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

e. Berdoa dengan cara yang baik

Berdoa dengan cara yang baik dan sesuai dengan adab berdoa merupakan salah satu doa cepat terkabul. Hal inilah yang mendukung doa-doa kita dikabulkan.

f. Doa anak yatim, orang teraniaya, dan pemimpin yang adil

Memuliakan anak yatim dapat mendatangkan rezeki yang tidak diduga untuk kita. Selain itu, melalui doa orang yang teraniaya dan pemimpi yang adil merupakan salah satu cara agar doa cepat terkabul.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَأَمَّا إِذَا مَا ابْتَلَاهُ فَقَدَرَ عَلَيْهِ رِزْقَهُ فَيَقُولُ رَبِّي أَهَانَنِ. كَلَّا ۖ بَلْ لَا تُكْرِمُونَ الْيَتِيْمَ

Artinya: “Dan apabila jika Tuhannya mengujinya kemudian membatasi rezekinya, maka dia berkata: “Tuhanku menghinaku”. Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim.” (QS. Al Fajr ayat 16-17)

Semoga apa yang kita usahakan akan dikabulkan dan janganlah menyerah untuk terus berikhtiar dalam mewujudkannya. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Teruslah bekerja keras dalam hal apapun selama hal itu positif dan baik bagi diri kita dan orang lain.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar doa cepat terkabul. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read