Cara Menyambut Bulan Ramadhan

3 min read

Cara Menyambut Bulan Ramadhan

Cara Menyambut Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Bulan yang paling mulia. Bulan yang dapat membuat manusia saling berkumpul dan berbagi. Di mana dalam sebulan penuh tiap umat Muslim melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan ini. Kemudian berbuka bersama di masjid dan melanjutkan ibadah sholat tarawih.

Memetik pahala dengan segala kegiatan positif yang akan diberikan hadiah pahala oleh Allah SWT. Bulan di mana kita bisa bertadarus bersama. Setiap aktivitas dihitung ibadah.

Bulan yang ketika akan berakhir tiap umat akan merasakan sedihnya dan akan sangat gembira ketika bulan Ramadhan akan tiba. Tetapi bagaimana cara yang benar dalam menyambut bulan Ramadhan?

Berikut ini akan dijabarkan mengenai bagaimana cara menyambut bulan suci Ramadhan. Simak terus ya.

Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Bulan yang diliputi dengan perintah Allah SWT. dan anjuran dari Nabi Muhammad SAW. Bulan di mana penuh dengan keutamaan – keutamaan yang kita dapatkan di bulan Ramadhan ini. Di setiap amal ibadah kita akan diberikan pahala dan bernilai ibadah.

Dahulu kala para sahabat Nabi merasa gembira ketika akan menyambut bulan Ramadhan. Pada suatu hadits disebutkan bahwa:

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Artinya: “Barang siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Cara Menyambut Bulan Ramadhan

Adapun beberapa cara menyambut bulan Ramadhan yang dapat kita lakukan antara lain yaitu:

A. Bertaubat dengan sungguh – sungguh kepada Allah SWT.

Keridhaan Allah SWT. akan muncul ketika kita melakukan hal – hal berikut ini:

a) Mengucapkan dua kalimat syahadat
b) Beristighfar sebanyak – banyaknya tanpa dibatasi

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعاً أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang – orang yang beriman, agar kamu beruntung.” (QS. An Nur ayat 31)

B. Mengetahui hal – hal yang berhubungan dengan ibadah di bulan Ramadhan

Mencari tahu apa saja hal – hal yang boleh kita lakukan dan tidak boleh kita lakukan saat puasa merupakan hal dasar yang harus kita lakukan.

Allah SWT. berfirman bahwa:

وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ إِلَّا رِجَالًا نُوحِي إِلَيْهِمْ ۖ فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan Kami tidak mengutus (rasul – rasul) sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki – laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang – orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.” (QS. Al Anbiya ayat 7)

Supaya puasa kita tidak menjadi sia – sia saja. Ole karena itu mencari tahu tentang segala hal mengenai puasa sangatlah penting. Seperti pada hadits berikut ini:

“Banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa – apa, kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Ahmad)

C. Fisik dan jasmani harus kuat dan sehat

Penting bagi kita untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran kita agar nantinya saat melaksanakan ibadah puasa kita tidak akan drop karena jatuh sakit. Apalagi puasa yang kita laksanakan itu sebulan penuh dan ibadah puasa Ramadhan ini adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam.

Meskipun ibadah puasa Ramadhan ini harus diganti di waktu lain dengan syarat dan ketentuannya. Tetapi sebisa mungkin jika kita sanggup dan mampu melaksanakan puasa sesuai dengan syarat wajib dan sunnah puasa, sebaiknya kerjakanlah puasa.

D. Berniat dan berdoa dengan bersungguh – sungguh

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa ketika memasuki bulan Rajab. Berikut doa yang biasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salla baca:

Bacaan Arab Doa Memasuki Bulan Rajab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Bacaan Latin Doa Memasuki Bulan Rajab

Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballighnaa ramadhaana.

Terjemahan Arti Doa Memasuki Bulan Rajab

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan bulan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad dan At Tabrani)

E. Berlatih puasa dengan berpuasa di bulan Sya’ban

Melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh terdengar sangat berat, padahal tidak. Tetapi kamu bisa memulai dengan pemanasan terlebih dahulu di bulan Sya’ban. Kamu dapat melaksanakan puasa Sya’ban.

Itulah cara agar kita dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik dan benar agar kita mendapatkan keberkahan di bulan Ramadhan.

Cara Menyambut Ramadhan
Masjid

Hampir di seluruh negara di belahan dunia mana pun sedang mengalami pandemi virus COVID-19 atau yang biasa dikenal dengan virus Corona. Padahal tidak kurang sebulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan di mana kita akan berpuasa selama sebulan penuh. Bulan yang penuh dengan pahala ibadah. Kita melaksanakan sahur dan buka bersama.

Bertadarus baik itu di rumah atau pun di masjid. Kemudian melaksanakan buka bersama. Saat tiba waktu sholat isya, umat Muslim akan melaksanakan ibadah sholat tarawih di masjid dilanjutkan dengan tadarus.

Tetapi karena wabah virus ini, kita dihimbau untuk melaksanakan ibadah di rumah. Sungguh ini berita yang sangat menyedihkan. Di mana biasanya bulan Ramadhan disambut dengan suka cita kali ini penuh dengan haru dan kewaspadaan.

Demi kepentingan bersama, keselamatan bersama, kita harus dengan lapang dada melaksanakan ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan, tahun ini, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

Di mana kita akan melaksanakan seluruh ibadah di dalam rumah, menghindari kerumunan orang banyak. Hal ini semata – mata bukan karena kita takut atau tidak percaya akan adanya pertolongan Allah SWT. Kita hanya mencoba berikhtiar yang terbaik agar mata rantai virus ini terputus dan tidak semakin panjang.

Bersama – sama berikhitar dalam menanggulangi wabah ini. Agar kita dapat melaksanakan ibadah seperti sedia kala. Agar dapat melaksanakan segala aktivitas seperti sedia kala. Agar dapat hidup dengan tenang dan nyaman tanpa harus takut atau panik lagi.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai bagaimana cara menyambut bulan Ramadhan yang dapat kita lakukan agar puasa kita semakin berkah dan tidak sia – sia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuat kamu semakin istiqomah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *