Dakwah Islamiah

2 min read

Dakwah Islamiah

Dakwah Islamiah – Zaman semakin maju, semakin banyak hal – hal yang terjadi dari yang baik hingga yang buruk. Bencana yang terjadi silih berganti. Manusia mulai sulit untuk dimengerti. Zaman yang semakin canggih, memuat tiap manusia sibuk dengan urusan dunia nya masing – masing.

Semakin sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Semua berkutat dengan kemajuan zaman dan trend yang ada yang saat ini. Mengikuti trend yang tidak bijak dilakukan.

Meskipun begitu, banyak juga yang semakin semangat untuk berdakwah. Mengingatkan tiap manusia agar tetap beriman dan bertakwa terhadap Allah SWT. dan tidak tergerus oleh zaman yang semakin sulit untuk mendekat kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, akan dibahas lebih lanjut mengenai dakwah Islamiah. Meliputi pengertian dakwah, pengertian dakwah Islamiyah, dan perintah berdakwah Islamiyah.

Dakwah Islamiah

Pengertian Dakwah

Kata dakwah berasal dari bahasa Arab yaitu da’wah yang artinya ajakan. Berdasarkan tata bahasa Arab, kata dakwah merupakan bentuk dari kata benda yang berasal dari kata kerja dari kata da’a, yad’u, atau da’uwah yang artinya menyeru, memanggil, atau mengajak.

Dakwah berarti suatu kegiatan yang bersifat mengajak, memanggil, atau menyeru orang – orang agar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. dan dilakukan secara sadar dan terencana.

Pengertian Dakwah Islamiyah

Dakwah Islamiyah merupakan suatu kegiatan atau usaha untuk mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariah Islamiyah, serta berakhlak karimah. Syariah memiliki maksud yaitu mengerjakan hukum dan ketetapan yang telah Allah SWT. tentukan. Beraqidah maksudnya beriman kepada Allah SWT.

Perintah Dakwah Islamiyah

Hukum melaksanakan dakwah terdapat pada salah satu hadits berikut ini:

اَنْفِذْ عَلَى رَسُلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ اُدْعُهُمْ إِلَى الإِسْلاَمِ وَأَخْبِرْهُمْ بـِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ مِنْ حَقِّ اللهِ فِيْهِ فَوَاللهِ لِأَنْ يَهْدِيَ اللهُ بِكَ رَجُلاً وَاحِداً خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ يَكُوْنَ لَكَ حُمْرُ النَّعَمِ

Artinya: “Ajaklah mereka memeluk Islam dan beritahu mereka apa – apa yang diwajibkan atas mereka yang berupa hak Allah di dalamnya. Demi Allah, Allah memberi petunjuk kepada seseorang lantaran engkau, adalah lebih baik bagimu daripada engkau memiliki unta merah.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan hadits tersebut, menyebar luaskan ajaran agama Islam atau berdakwah merupakan perbuatan yang mulia.

Berpegang teguh pada ajaran agama dapat menyelamatkan tiap manusia dalam menjalani hidupnya baik di dunia maupun di akhirat nantinya. Allah SWT. berfirman:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh – musuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena karunia Allah, orang – orang yang bersaudara; dan (ketika itu) kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat – ayat -Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali Imran ayat 103)

Allah SWT. mengutus Nabi Muhammad SAW. sebagai nabi dan rasul agar dapat mengajak manusia untuk mengenal Allah SWT. berdakwah tentang ajaran agama Islam.

Hal ini tercantum di dalam Al Quran surat Yusuf ayat 108, Allah SWT. berfirman:

قُلْ هَٰذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي ۖ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Artinya: “Katakanlah (Muhammad) : “Inilah jalan (agama) ku, aku, dan orang – orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tidak termasuk orang – orang yang musyrik”.” (QS. Yusuf ayat 108)

Allah SWT. memerintahkan untuk berdakwah seperti yang ada dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 104:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Artinya: “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan mereka tulah orang – orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran ayat 104)

Menjadi seorang pendakwah yang mendakwahkan ajaran agama merupakan pilihan hidup yang terbaik. Dengan dakwah Islamiah dapat membuat tiap manusia menjadi lebih sadar akan hak dam kewajibannya.

Allah SWT. berfirman dalam salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Fussilat ayat ke 33:

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلاً مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحاً وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: “Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh, dan berkata, “Sesungguhnya aku termasuk orang – orang Muslim (yang berserah diri)?”” (QS. Fussilat ayat 33)

Dakwah Islamiyah yang telah diserukan kepada tiap manusia merupakan dakwah yang sesuai dengan ajaran agama Islam sesuai dengan syariat Islam. Para pendakwah memiliki ilmu yang lebih memadai mengenai agama Islam dan menyebarkan kepada seluruh umat.

أُو۟لَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ هَدَى ٱللَّهُ ۖ فَبِهُدَىٰهُمُ ٱقْتَدِهْ ۗ قُل لَّآ أَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا ۖ إِنْ هُوَ إِلَّا ذِكْرَىٰ لِلْعَٰلَمِينَ

Artinya: “Mereka itulah orang – orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah (Muhammad) : “Aku tidak meminta upah kepadamu dalam menyampaikan (Al Quran)”. Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan untuk (segala umat) seluruh umat.” (QS. Al An’am ayat 90)

Baca Juga:

Demikianlah materi mengenai dakwah Islamiah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan membuat hati dan pikiran kamu lebih terbuka dan lebih memahami ajaran agama Islam yang baik dan benar sesuai AL Quran dan hadits. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *