Doa Agar Keluarga Harmonis

3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

Doa Agar Keluarga Harmonis, Sakinah, dan Bahagia Dunia Akhirat Lengkap – Hidup dengan harmonis, bahagia, dan sejahtera merupakan impian setiap orang. Tidak ada yang mengganggu atau pun susah. Semua manusia ingin hidup dengan tenang, sejahtera, dan bahagia. Terpenuhinya segala hal yang dibutuhkan. Dalam artian tidak hanya perkara materi saja tetapi juga tenang batin.

Ketika seseorang membangun keluarga baru, mereka memimpikan hidup yang penuh dengan kebahagiaan, keharmonisan, ketenteraman, dan bahagia selalu hingga di akhirat kelak. Semua hal dilakukan dengan cara yang baik dan tepat. Berusaha dan berdoa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya terutama bagi mereka yang berkeluarga. Oleh karena itu, berusaha sekuat tenaga untuk membangun keluarga yang harmonis dan bahagia di dunia dan akhirat.

Memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar selalu dilidungi dan dijaga dalam membangun keluarga yang sakinah, harmonis, dan bahagia. Karena ketika menikah orang tersebut sedang beribadah seumur hidupnya. Semua yang dilakukan adalah ibadah. Ibadah yang terlama. Ketika dikaruniai anak, maka semakin besar tanggung jawab orang tua. Meski begitu, dengan pertolongan Allah Subhanahu wa ta’ala maka semua akan dimudahkan. Ikhtiar dalam mencari rezeki dan memenuhi segala kebutuhan keluarga. Selain itu, mohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar menjadi keluarga yang harmonis, sakinah, dan bahagia dunia akhirat.

Artikel berdoa berikut ini akan membahas mengenai kumpulan doa agar keluarga menjadi harmonis, sakinah, dan bahagia dunia akhirat yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak terus artikel kali ini ya.

Doa Diberi Kasih Sayang

Keluarga yang dibangun dengan penuh kasih sayang tentunya akan membuat hidup menjadi lebih bahagia. Kasih sayang yang terbangun tentunya akan membuat keluarga lebih harmonis. Kepedulian antar anggota keluarga menjadi lebih kuat. Rasa kasih sayang yang ada pun semakin besar dan akan menjadikan keluarga lebih saling menjaga satu sama lain. Berikut ini doa yang digunakan untuk memohon agar dilimpahkan kasih sayang,

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

Wal qaitu ‘alaika mahabbatam minnii wa litushna’a ‘alaa ‘ainii.
Artinya: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 9)

Doa Bahagia Dunia Dan Akhirat

Bahagia di dunia dan akhirat merupakan harapan dan impian setiap orang, terutama bagi mereka yang berkeluarga. Bertemu kembali di akhirat kelak merupakan keinginan setiap keluarga. Saling menjaga hingga bahagia bersama. Adapun berikut ini merupakan doa agar bahagia di dunia dan akhirat,

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wa fil aakhirati hasanatan wa qinaa ‘adzaa bannaar.
Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksaan api neraka.” (QS. Al Baqarah ayat 201)

Doa Bahagia Dunia Dan Akhirat
Doa Bahagia Dunia Dan Akhirat

Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Bersama membangun rumah tangga yang sakinah memang tidaklah mudah. Banyak cobaan yang akan datang menghadang. Meski begitu jangan pernah menyerah dalam membangun keluarga yang sakinah. Kamu dapat membaca doa berikut ini agar menjadi keluarga yang sakinah,

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaa jinaa wa dzurriyyaa tinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lil muttaqiina imaaman.
Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74)

Doa Menjadi Keluarga Sakinah
Doa Menjadi Keluarga Sakinah

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Selamat dan terjaga di dunia saja tidaklah cukup. Ketika membangun sebuah rumah tangga kita juga harus memikirkan keselamatan keluarga kita di akhirat kelak. Karena kehidupan yang kekal adalah di akhirat kelak. Doa berikut ini merupakan doa agar selamat dunia akhirat,

اَللّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraa til mauti wan najaata minannaari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab (perhitungan).”

Doa Diberi Ketenangan

Hidup dengan segala kecukupan tidak menjamin hidup menjadi tenang. Karena ketenangan tidak ditentukan dari materi saja. Ada hal lain yang harus dilakukan agar hidup menjadi lebih tenang salah satunya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dengan membaca doa berikut ini insya Allah menjadikan hidup menjadi lebih tenang,

اَللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma innii as-aluka nafsan bika muthma innatan tu’minu biliqaa ika wa tardhaa biqadhaa ika wa taqna’u bi’athaa ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu.“

Bacalah doa-doa tersebut di atas setelah melaksanakan sholat wajib atau pun sunnah serta di waktu yang mustajab dalam berdoa. Karena setiap orang menginginkan keluarga yang harmonis, sakinah, dan bahagia. Hidup dengan tenteram dan sejahtera serta tenang dalam menjalani hidup yang semakin keras.

Amalkan segala doa-doa yang baik, kerjakan ibadah yang wajib dan sunnah, serta perbuatan-perbuatan yang dianjarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Berilah keluarga kamu makanan dan kebutuhan lainnya dari rezeki yang halal lagi baik. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh keluarga kamu akan menjadi berkah untuk kamu. Selain itu, rezeki yang halal dan baik akan memberikan manfaat yang positif untuk keluarga kamu.

Baca Juga:

Demikianlah artikel yang berisi tentang kumpulan doa agar keluarga menjadi harmonis, sakinah, dan bahagia dunia akhirat yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari. Semoga kita selalu dilindungi dan keluarga selalu harmonis dan bahagia dunia akhirat. Amiin ya rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Diampuni Dosa

_pur
2 min read