Amalan Doa Agar Keinginannya Segera Dikabulkan

5 min read

Doa Agar Segera Dikabulkan

Doa Agar Segera Dikabulkan – Setiap umat manusia yang masih hidup yakni pasti mempunyai suatu keinginan untuk dicapai dengan keadaan tersebut. Untuk mencapai ini, kita harus melakukan yang terbaik untuk mencapai apa yang kita inginkan atau capai.

Sebagai umat Muslim, tidak sekedar berusaha jika tidak sesuai dengan doa yang akan Allah sampaikan kepadanya. Karena salah satu cara untuk mencapai keinginan kita adalah melalui doa.

Jika Anda berdoa, Anda harus ikhlas karena Allah Ta’ala hanya meminta dengan ikhlas. Doa dan usaha harus diimbangi agar aspirasi bisa cepat terkabul.

Jika Anda hanya berdoa tanpa rasa takut, maka tidak ada gunanya, dan jika Anda mencoba tanpa berdoa itu akan menjadi arogan. Doa adalah salah satu perintah Tuhan kepada hamba-Nya.

Wa qaala rabbukumud’unii astajib lakum, innallaziina yastakbiruna ‘an ‘ibaadatii sayadkhuluna jahannama daakhiriin

Artinya:
“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Yang dimaksud dalam suatu doa tersebut adalah permohonan agar bermanfaat dan tidak dirugikan. Doa adalah tindakan penyembahan; sebenarnya itu sangat puas.

Dengan orang yang memintanya mati agar dapat memenuhi kebutuhan dan memberi manfaat dan jauh dari bahaya, mulailah ada orang yang beribadah dengan doa dan dengan anggapan bahwa mereka tahu itu tidak kelihatan dan persembahan hanya dapat dipersembahkan oleh Allah SWT.

Berdoa kepada Allah SWT yakni kecuali orang lain tidak akan berguna bagi mereka yang berdoa karena hanya Tuhan yang dapat memberikan doa, dan Tuhan mengirimkan Islam untuk berdoa padanya dan berjanji untuk memberikan janji yang pasti, tidak pula beringkar janji.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thabrani)

Ini bukan karena Allah SWT tidak langsung menjawab doa umatnya. Tapi Tuhan punya rencananya sendiri. Selain itu, sebagai muslim, kita harus menjalankan tata cara saat sholat.

Doa Agar Keinginan Mudah Terkabul

Selain berusaha dengan semaksimal mungkin, pencapaian harapan harus diiringi dengan doa kepada Tuhan. Doa yang dapat dibacakan agar keinginan tersebut dapat dengan mudah terkabul sebagai berikut:

Allahumma inni as’aluka bi anni asyhadu annaka antallahu la ilaha illa antal ahadus shomad alladzi lam yalid wa lam yulad wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya:
“Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya.”

Amalan Agar Doa Segera Dikabulkan

Doa-Agar-Segera-Dikabulkann

Selain melafalkan doa-doa di atas agar doa dan permohonannya bisa terkabul secara langsung layaknya umat Islam, hendaknya mereka melakukan berbagai amalan agar doanya dijawab oleh Allah. Prosedur berikut dapat dilakukan:

1. Perbanyak Membaca Dzikir

Jika kebaktian setiap hari, masyarakat akan tenang. Melalui dzikir, umat Islam pasti akan mengingat kebesaran Allah. Ini ditemukan dengan Surah Ar-Ra’d ayat 28.

Allaziina aamanu wa tatma’innu qulubuhum bizikrillaah, alaa bizikrillaahi tatma’innul-qulub

Artinya:
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Dzikir Pebanyaklah, terutama setelah shalat, dengan mendaras dzikir “Ya Mujib” yang berarti “Allah berserah diri” dengan harapan shalat akan segera dikumandangkan.

2. Membaca Surat Al Fatihah

Salah satu bacaan surat itu hendaknya dijadikan doa untuk dijawab. Surat Al Fatihah adalah “Ummul Kitab” atau ibu dari Alquran. Surat Al Fatihah juga merupakan surat yang harus dibaca sambil berdoa. Ayat 5 Surah Al Fatihah berbunyi:

Surat-Al-Fatihah-1

“Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya:
“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Inti dari ayat tersebt ialah kita yakni hanya mengakui kepada Tuhan bahwa kita meminta bantuan dan berharap bantuan itu akan menyelesaikan semua yang tidak dapat kita lakukan sendiri.

Mengapa membaca surat agar Al Fatihah bisa memberikan permintaan juga ditegaskan dalam hadits. Rasulullah SAW bersabda:

Allah berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku, dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

3. Melaksanakan Sholat Hajat

Selain memesan sholat wajib lima waktu tepat waktu, orang yang mempunyai sebuah keinginan atau keinginan juga bisa dibarengi dengan pelaksanaan sholat keinginannya.

Sholat hajad merupakan salah satu doa sunnah yang diberikan oleh hamba-hamba Tuhan yang mempunyai keinginan atau masalah yang perlu segera diselesaikan. Keinginan atau masalah bisa menjadi masalah dan aspirasi dunia atau Ukraina.

4. Membaca Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas adalah sura 112 dalam Quran. Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. Inti dari surat ini adalah menekankan kepada Allah SWT.

Manfaat surah ini antara lain membaca sepertiga Alquran, alasan masuk surga dan alasan pengampunan dosa. Membaca surat dari Al Ikhlas juga dapat membantu Anda menyelesaikan shalat Anda.

Hadist :

“Sesungguhnya Rasullah Saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw. bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

5. Melaksanakan Sholat Tahajud

Selain Sholat hajad, ada juga doa tengah malam yang bisa dilakukan saat ada orang yang mempunyai suatu keinginan dan mendapat petunjuk kepada Tuhan agar hati bisa dikuatake untuk menggapai keinginan tersebut.

6. Memperbanyak Sedekah

Sedekah

Semakin banyak sedekah, semakin banyak makanan yang diterima dari Tuhan. Bermegah shadaqah tidak akan membuat orang menjadi miskin; itu benar-benar dapat membuka pintu kehidupan. Selain itu lebih banyak beramal, maka Tuhan akan mencintai hamba-Nya.

Allah berfirman dalam Alquran surat Al Hadid ayat 18, yang berbunyi:

Innal-mussaddiqiina wal-mussaddiqaati wa aqradullaaha qardan hasanay yudaa’afu lahum wa lahum ajrung kariim

Artinya:
“Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

7. Berdoa di Waktu yang Mustajab

Dan di saat ketidakmungkinan, pada jam berapa Tuhan akan segera menjawab doa saya. Waktu mustajab ini adalah pada malam terakhir saat mendengarkan adzan saat hujan pada hari Jumat, waktu antara Adzan dan Iqamah, saat puasa sambil minum air Zam Zam adalah pada hari Arafah dan pada malam Lailatul Qadar.

8. Perbanyak Membaca Istighfar

Alasan utama orang berdoa terhadap Allah SWT yakni dalam semua keinginan dan kebutuhan akan terpenuhi. Baik itu tentang masalah ekonomi, pekerjaan, konflik sosial, atau yang lainnya. Membaca istighfar bisa menghilangkan segala kesulitan.

Rasulullah Saw. berkata:

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

“Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya:
“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

9. Membaca Shalawat Nabi

Dzikir

Berkah untuk Nabi Muhammad SAW. sebagai penghargaan untuknya. Bahkan Allah SWT dan para malaikatnya memberkati Nabi. Suatu perbuatan yang tak terkatakan saat mendengarkan nama Nabi Muhammad SAW. dipanggil, jadi kami tidak berdoa padanya. Di samping Bershalawat adalah penghargaan untuk Nabi Muhammad SAW. Dengan Shalawat itu juga bisa menjadi tujuan sholat.

Umar bin Khattab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad Saw.” (HR. Tirmidzi)

10. Membaca Surat Yasin

Surat-Yasin

Sebagaimana tubuh mempunyai jantung, demikian pula Al-Qur’an. Inti dari Quran adalah surah Yasin. Surah Yasin memiliki banyak khasiat, salah satunya diampuni atas dosa-dosanya. Dengan pengampunan dosa, kita menjadi lebih bersih. Sehingga bisa diberikan secara cepat melalui doa.

Rasulullah SWA bersabda:

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abi Hurairah Ra.)

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Agar Segera Dikabulkan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.