Doa Akhir Tahun Islam Beserta Lafadz Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Doa Akhir Tahun

Doa Akhir Tahun Islam – Kedatangan tahun baru Islam, tahun Hijriah, merupakan salah satu momen terpenting bagi umat Islam. Karena beberapa agama dalam Islam menggunakan referensi Tahun Baru Hijriah, yang lain puasa Ramadhan, Haji, Idul Fitri, dan Idul Adha. Untuk mengupayakan pergantian tahun ada akhir tahun dan awal sholat tahun baru islam yang bisa anda lakukan.

Pada tahun 2020, Tahun Baru Islam adalah 1442 H pada Kamis 20 Agustus 2020. Secara umum umat Islam harus siap menyambut Tahun Baru Islam pada Rabu 19 Agustus 2020. Biasanya, di seluruh masyarakat, tradisi akan melaksanakan sholat dan sholat penutup di awal tahun baru Islam, sekaligus momen perenungan semua acara di tahun lalu.

Banyak dosa dan berbagai kesalahan mungkin telah dilakukan tahun itu. Sembari membaca doa dan doa akhir tahun untuk awal tahun baru Islam, setidaknya semoga tahun berikutnya lebih baik dan semoga semua amalan baik dilakukan di tahun sebelum diadopsi oleh Allah SWT.

Bahkan sebelum pergantian tahun Islam, Nabi Muhammad SAW membacakan doa-doa akhir tahun dan doa awal tahun baru Islam. Melalui doa ini, Nabi Allah SWT meminta SWT untuk memaafkan segala kesalahan yang telah terjadi.

Doa Akhir Tahun Islam

Doa-Akhir-Tahun-dan-Doa-Awal-Tahun
Doa-Akhir-Tahun-Islam

Allahumma ma ‘amiltu min ‘amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha ‘alayya bi fadhlika ba’da qudratika ‘ala ‘uqubatî, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’atî ‘ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma ‘amiltu fîha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa as’aluka an tataqabbala minni wa la taqtha’ raja’i minka ya karim.

Artinya:
“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Doa Awal Tahun Baru Islam

Doa-Awal-Tahun-Baru-Islam

Allahumma antal abadiyyul qad’mul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu’awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:
“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa Rasulullah Supaya Kuat Hadapi Masalah Hidup

Tentunya dalam rangka memulai tahun baru Islam, seseorang ingin terhindar dari berbagai permasalahan atau mampu menghadapi permasalahan yang akan dihadapinya di kemudian hari. Karenanya, sangat penting bagi manusia untuk berpaling kepada Allah SWT dengan permasalahan tersebut.

Selain shoalat di penghujung tahun dan sholat awal tahun baru Islam di atas, Nabi sendiri telah mengajarkan sholat agar diberi kekuatan untuk menghadapi masalah dalam hidupnya. Doa tersebut terekam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang berbunyi:

Allahumma inni ‘abduka, ibnu ‘abdika, ibnu amatika naashiyatii biyadika, maadhi fiyya khukmuka, ‘adlun fiyya qhodhouka, asaluka bikullismi huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltuhu fi kitabika au ‘allamtahu akhadam min kholqika, awis taktsarta bihi fi ‘ilmil ghoibi ‘indaka an taj’alal quraana rabi’a qolbi, wa nura shodri, wajalaa huzni, wa dzahaaba hammi wa ghommi.

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu. (Juga) anak dari hamba-Mu, anak dari ibu (yang juga) hamba-Mu. Dalam kuasa-Mu diriku. Ketetapan-Mu telah ditetapkan padaku, Takdir-Mu lah yang Maha Adil padaku. Aku bermohon kepada-Mu dengan semua nama-Mu yang Engkau namai sendiri diri-Mu dengan nama-nama itu, atau yang Engkau turunkan nama itu di dalam kitab suci-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang ciptaan-Mu, atau yang Engkau khususkan nama itu (tersimpan) di dalam ilmu yang tidak terlihat; agar Engkau menjadikan Alquran penyubur hati, cahaya hati, pengusir kesedihan, kegundahan dan kesulitan.”

Semoga dengan melaksanakan sholat dan sholat akhir tahun awal tahun baru Islam di atas, kita bisa membawa semangat dan harapan baru dalam hidup serta mampu menjadi manusia yang rindu kehidupan yang lebih baik lebih dekat dengan Allah SWT.

Doa Akhir Tahun Hijriah yang di Anjurkan untuk di Baca Setelah Sholat Ashar

Sebaiknya sholat dibacakan tiga kali setelah sholat Ashar pada hari terakhir bulan Dzulhijjah. Bacalah doa berikut ini:

Doa-Akhir-Tahun-Hijriah

Artinya:
“Bismillahirrahmanirrahim.Semoga Allah melimpahkan selawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah aku lakukan pada tahun lalu, namun tidak Engkau ridai, amal yang telah aku lupakan namun tidak Engkau lupakan, Engkau telah berbuat bijak kepadaku meskipun sebenarnya mampu untuk menghukumku, Engkau menyeru kepadaku untuk bertobat setelah kenekatanku (bermaksiat) kepada-Mu, ya Allah sungguh Aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah aku lakukan yang Engkau ridai dan Engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku. Jangan engkau putus harapanku kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Mulia, wahai Zat Yang Paling Maha pengasih dari para kekasih. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan selawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.”

Waktu Pelaksanaan

Malam ini kita akan memasuki malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442, Rabu, 19 Agustus 2020. Jika diubah menjadi kalender Masehi, tahun baru Islam 1 Muharram 1442 atau 1 Syuro 1442 bertepatan dengan 20 Agustus 2020.

Tidak seperti Tahun Baru, Mahesi singt dirayakan dengan mematikan kembang api. Pada Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 atau 1 Syuro 1442, umat Islam diminta untuk membaca sholat akhir tahun dan sholat awal tahun sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Doa akhir tahun dibacakan di wund, biasanya setelah Sholat Ashar atau sebelum Sholat Maghrib. Saat itu, doa awal tahun Islam dibacakan ba’da Sholat Maghrib.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Akhir Tahun Islam. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.