Doa Al-Ma’surat

1 min read

Doa Al-Ma'surat

Berikut ini adalah materi tentang doa Al-Ma’surat, Bacaan Doa Al-Ma’surat, Makna Al-Ma’surat, Keutamaan dan Manfaat Doa Al-Ma’surat.

Apa yang dimaksud doa al-Ma’tsurat? Doa al-Ma’tsurat yang dibahas disini merupakan doa doa yang Nabi Muhammad bacakan ketika pagi dan petang dengan Sanad yang shahih.

Bacaan Doa Al-Ma’surat

Bacaan-Doa-Al-Masurat

Makna Doa Al-Ma’surat

Doa-doa Ma’tsurat atau sering ditulis dengan doa-doa al-Mathurat atau beberapa yang mereka tulis dengan al-Makhturat merupakan pengertian yang sama, meskipun penulisan ini salah satu dari sisi transliterasi. Mungkin maksudnya tetap sama seperti itu. Doa Al-Ma’tsurat sangat disarankan untuk bacaan pagi dan sore hari.

Manfaat-Membaca-Doa-Al-Ma’tsurat

Sebenarnya fadilah atau keutamaan membaca doa-doa al-Ma’surat yaitu jika Allah menghendaki untuk Istiqomah membacanya pagi dan sore, kita akan menemukan kedamaian, ketentraman dan kenyamanan di dalam hati. Apa pun yang muncul hari itu tidak akan membuatnya gelisah dan kesal.

Sungguh apa yang diajarkan dalam Islam selalu mengandung kebaikan, jika ibadah adalah wajib dan banyak yang juga yang disunnahkan, semua pahala dan kebaikan ibada tersebut tidak hanya menerima kebaikan urusan akhirat saja, tetapi juga berbagai kebaikan saat hidup di dunia. Seperti doa yang baik dalam Al-Quran dan hadits hadits shahih.

Nabi Saw telah mengajarkan banyak doa kepada umat umatnya, salah satunya ialah doa Al Ma’tsurat. Lalu apa keutamaan dan manfaat membaca Al Ma’tsurat dan Selain itu Rasulullah Saw mendorong semua orang untuk berlatih Al Ma’tsurat setiap pagi dan sore hari karena memiliki banyak manfaat dan kebajikan bagi umat itu sendiri.

Keutamaan dan Manfaat Megamalkan Doa Al Ma’tsurat

Al Ma’tsurat adalah doa yang berasal dari Nabi Muhammad Saw dengan sanad shahih. Ada berbagai manfaat dan kebajikan ketika Anda mengamalkan doa ini setiap pagi dan sore hari. Lalu apa hukum membaca Al Ma’tsurat dan apa kebajikan dan manfaatnya. Berikut ini adalah keutamaan dan manfaat dari Doa Al-Ma’surat :

1. Rumah Dilindungi dari Pengaruh Setan dan Iblis

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad Saw, yang diriwayatkan oleh Thabrani menjelaskan bahwa siapa pun yang membaca 10 ayat dari Al-Baqarah di dalam rumahnya maka setan dan iblis tidak dapat memasuki rumah itu sampai hari berikutnya. Sepuluh ayat adalah empat ayat pertama dari Surat Al-Baqarah, satu ayat kursi, dua ayat setelah ayat kursi, dan diakhiri dengan tiga ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah.

2. Memenuhi semua Kebutuhan di Dunia

Berdasarkan Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Turmudzi, dijelaskan bahwa siapa saja yang membaca bacaan Surat Al Ma’tsurat, yaitu Surat Al-Falaq dan An-Nass tiga kali di pagi dan sore hari, kemudian Allah SWT akan mencukupi untuk semua kebutuhannya selama di dunia. Agar seseorang tidak merasa kekurangan selama hidup di dunia.

3. Nikmat yang Sempurna

Menurut Hadits Nabi, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn Saunni, dijelaskan bahwa siapa pun yang membaca “Allahumma inniasbahtu minka fi nikmati” sebanyak tiga kali pada pagi dan sore hari maka Allah Saw akan memberinya nikmat atass dirinya, sehingga seseorang dapat menikmatinya baik secara rohani maupun jasmani.

4. Sebagai Tanda Terima Kasih Kepada Allah SWT

Menurut Hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa telah dijelaskan apabila seorang Muslim yang membaca “Allahumma ashbaha …” pada sore hari dia akan bersyukur atas kehidupan malamnya.

5. Dapat Keridhaan Allah SWT

Menurut hadits Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Turmudzi, telah dinyatakan bahwa Allah SWT akan memberinya keridhaan jika seorang Muslim dengan tulus melafalkan “Radhitubillahi Rabba …” di wkatu sore hari. Ini adalah salah satu keutamaan dan manfaat membaca doa Al Ma’surat.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Al-Ma’surat. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *