Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara : Bacaan Arab, Latin, dan Arti

2 min read

Doa Anak Cepat Bicara

Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara : Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Anak memiliki tingkat kemampuannya masing – masing. Setiap anak tidak bisa dianggap sama kemampuannya.

Perilaku, sifat, watak, dan lain sebagainya tidak bisa disamaratakan. Tetapi kenapa setiap orang menginginkan anak mereka memiliki kemampuan yang sama dengan orang lain? Ketika anak di usianya sudah bisa berjalan, orang tua mematok anaknya juga harus sudah bisa berjalan. Begitu pula dengan berbicara. Ketika anak di usianya sekitar 2 sampai 3 tahun sudah berbicara, tetapi anaknya belum juga berbicara orang tua mulai khawatir.

Lantas apa yang harus dilakukan? Dalam Islam terdapat doa yang dapat diamalkan agar anak bisa bicara. Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa agar anak dapat cepat bicara dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Kemampuan Bicara

Manusia memiliki otak. Otak merupakan bagian vital manusia. Otak memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing – masing. Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri.

Otak kanan berfungsi utama terhadap seni dan kreatifitas, sedangkan otak kiri berfungsi utama untuk menganalisis, logika, dan bahasa.

Jika seseorang lebih dominan menggunakan otak kiri, maka anak akan lebih mudah dalam berbicara, menganalisa, dan berfikir secara logika. Begitu pula sebaliknya. Jika seorang anak lebih cenderung menggunakan otak kanannya, maka anak tersebut lebih cepat tanggap terhadap seni dengan tingkat kreatifitas yang lebih baik di banding yang lain.

Oleh sebab itu, kita tidak menyamaratakan kemampuan tiap orang. Terutama anak – anak yang masih dalam proses berkembang dan tumbuh. Anak – anak yang masih dalam proses belajar harus kita bantu dan dukung agar anak menjadi lebih percaya diri dalam belajar.

Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara

Sebagai orang tua ada baiknya kita berfokus pada anak kita saja. Berikhtiar agar anak dapat berbicara. Dengan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar anak kita dapat cepat bisa bicara.

Adapun berikut ini doa agar anak cepat bisa bicara:

Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara

Bacaan Arab Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara

سُبْحَانَ مَنْ عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Bacaan Latin Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara

Subhaana man ‘allamal insaana maa lam ya’lam.

Terjemahan Arti Bacaan Doa agar Anak Cepat Bisa Bicara

“Maha suci Allah yang telah mengajarkan kepada manusia sesuatu yang ia tidak ketahui.”

Tata Cara

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam mengamalkan doa agar anak dapat cepat berbicara:

a. Siapkan air minum
b. Tiupkanlah doa agar anak dapat cepat berbicara sebanyak 3 kali pada air minum tersebut.
c. Setelah itu, minumkanlah air minum tersebut pada anak.

Hal ini dilakukan setiap selesai melaksanakan sholat fardhu.

Hal tersebut harus dibarengi dengan membacakan Asmaul Husna pada anak. Asmaul Husna dibaca sesering mungkin ketika akan menidurkan anak. Karena Asmaul Husna berfungsi untuk menutrisi otak kanan dan otak kiri pada manusia.

Penyebab Anak Lambat Berbicara

Terkadang terdapat anak yang mengalami masalah sulit berbicara atau terlambat berbicara terutama anak batita atau biasa disebut dengan delay speech. Terkadang orang tua terlalu cepat memutuskan bahwa anaknya mengalami delay speech. Kenapa begitu?

Orang tua cenderung selalu membandingkan kemampuan anaknya dengan anak orang lain yang seumuran. Terkadang juga ketika kita menceritakan perihal anak kita kepada orang lain, orang lain tersebut menyamaratakan anak kita dengan anak – anak seusianya. Hal ini yang menyebabkan anak seolah – olah selalu penuh dengan kekurangan. Padahal ini tidak benar.

Anak memiliki kemampuan yang berbeda – beda. Jika anak kita belum dapat berbicara di umur seusianya bisa saja dikarenakan beberapa faktor. Bisa saja anak mengalami permasalahan dengan perkembangan otaknya, komunikasi yang kurang, pendengaran yang terganggu, atau perihal lainnya.

Meskipun begitu, kita tidak bisa memaksa anak untuk mengikuti kemauan kita. Lebih baik berkonsultasi kepada dokter atau jika tidak tunggulah dengan sabar. Selain itu, sebagai orang tua melakukan yang terbaik untuk anak merupakan hal yang wajib.

Cara Mengatasi

Orang tua dapat membantu anak untuk menstimulus kemampuan anak. Beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua dalam membantu anak agar bisa memancing kemampuan otak kirinya agar dapat cepat berbicara.

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Orang tua bisa lebih aktif untuk mengajak berbicara kepada anak.
b. Mengajak anak untuk membaca buku bersama.
c. Mengenalkan anak dengan benda – benda di sekitar agar menambah kosa kata anak.
d. Berbicara dengan normal.
e. Membiarkan anak bermain dengan teman seusia.

Membiarkan anak bermain dengan teman seusia merupakan cara yang baik untuk dilakukan. Karena anak akan dengan mudah mengerti dengan bahasa anak – anak. Karena child learn from child better. Anak – anak bisa saling mengerti dengan bahasa yang sama.

Perlu diingat! Jangan membandingkan anak dengan anak yang lain. Memenuhi persepsi orang tua kepada anak untuk sama dengan anak lain tentunya tidak akan menyelesaikan masalah. Kenali kemampuan anak dan bantu anak untuk berkembang. Belum berarti bukan berarti tidak. Bantu anak untuk lebih percaya diri. Semakin kita memaksakan anak, maka anak akan menjadi stres.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa agar anak dapat cepat bicara dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya yang dilengkapi dengan penyebab dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.