Doa untuk Anak Agar Menjadi Sholeh dan Sholehah

2 min read

Doa Anak Sholeh

Doa untuk Anak Agar Menjadi Sholeh dan Sholehah – Memiliki seorang anak merupakan impian bagi para suami istri, terutama para pasangan yang baru menikah. Tetapi anak merupakan titipan Allah Subhanahu wa ta’ala yang wajib dijaga dan dididik.

Di zaman sekarang ini, di mana teknologi semakin canggih dan pergaulan semakin bebas, tentunya membuat orang tua harus bekerja keras dalam mendidik dan membesarkan anak. Karena bagaimanapun juga, seorang anak yang sedang tumbuh dan berkembang perlu untuk dipantau dan diarahkan.

Sebagai orang tua, mendoakan anak – anaknya agar menjadi anak yang berbakti dan sholeh merupakan salah satu cara menjaga anaknya. Tahukah kamu bagaimana doa menjadi anak yang soleh? Ulasan kali ini akan membahas mengenai kumpulan doa – doa agar anak menjadi anak soleh lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Pengertian

Anak sholeh merupakan anak yang taat dalam menjalankan semua perintah dan menjauhi segala larangan dari Allah Subhanahu wa ta’ala dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu ciri dari anak yang sholeh. Setiap orang tua ingin memiliki anak yang berbakti kepada mereka, agama, dan negaranya. Seorang anak merupakan harta yang sangat berharga. Anak dapat membawa orang tua ke tempat yang paling baik, tetapi bisa juga membawa orang tua berada di tempat terburuk.

Anak sholeh dapat membawa orang tua berada di surga Nya. Orang tua yang mendidik anak secara tepat dengan ilmu agama yang baik dapat membawa anak ke jalan yang tepat.

Ketika orang tua meninggal, anak dapat membantu orang tua mendapatkan tempat yang terbaik yang Allah Subhanahu wa ta’ala telah siapkan. Sebaliknya, jika anak tidak sholeh maka orang tua akan menanggung dosa dari perbuatan anaknya tersebut.

Oleh karena itu, orang tua selalu berdoa agar anak – anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Sholeh merupakan sebutan untuk seorang laki – laki, sedangkan untuk seorang perempuan disebut dengan sholehah.

Doa Anak Sholeh

Berikut ini merupakan doa – doa agar anak soleh yang dapat dipanjatkan yaitu:

a. Doa Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam belum juga dikaruniai seorang anak, sehingga Beliau terus memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Suatu ketika Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam pergi ke Baitul Maqdis bersama istrinya, Sarah. Beliau terus memanjatkan doa ini. Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan anak yang sholeh. Adapun doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam yaitu sebagai berikut:

Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim
Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

Bacaan Arab Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ الصَّٰلِحِينَ

Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

Rabbi hablii minash shaalihiin.

Terjemahan Arti Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang – orang yang saleh.” (QS. As Saffat ayat 100)

atau bisa juga menggunakan doa berikut ini:

Bacaan Arab Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

رَبِّ اجْعَلْنِى مُقِيمَ الصَّلَوةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

Rabbij’alnii muqiimash shalaati wa min dzurriyyatii, rabbanaa wa taqabbal du’aa’.

Terjemahan Arti Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40)

b. Doa Nabi Zakariya

Nabi Zakariya ‘alaihi sallam diberi cobaan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala yaitu perihal anak. Beliau belum juga dikaruniai seorang anak. Meskipun begitu, Nabi Zakariya ‘alaihi sallam terus berikhtiar kepada Allah Subhanhu wa ta’ala.

Beliau terus berdoa tanpa kenal lelah. Berikut doa yang dipanjatkan oleh Nabi Zakariya ‘alaihi sallam:

Bacaan Arab Doa Anak Sholeh Nabi Zakariya

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Zakariya

Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa

Terjemahan Arti Bacaan Latin Doa Anak Sholeh Nabi Ibrahim

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran ayat 38)

c. Doa

Selain doa – doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam dan Nabi Zakariya ‘alaihi sallam, terdapat doa yang dapat dipanjatkan yaitu:

Bacaan Arab Doa Anak Sholeh

أُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Bacaan Latin Doa Anak Sholeh

U’iidzu hu bikalimaatillahit taammati min kulli syaithaaniw wahaammatiw wamin kulli ‘ainil laammah.

Terjemahan Arti Bacaan Latin Doa Anak Sholeh

“Aku memohon perlindungan baginya (sebut nama anak) dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk.” (HR. Abu Daud)

Doa – doa tersebut dapat diamalkan sehari – hari. Berdoa di waktu yang mustajab sebagai salah satu cara kita dalam berikhtiar.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa anak soleh yang telah dijelaskan. Semoga doa ini bisa membantu Anda sekalian ketika ingin memiliki anak atau pun ingin agar anaknya menjadi anak yang soleh. Terima kasih.