Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Doa Awal Tahun

Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharam : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap awal tahun merupakan awal di mana tiap orang menentukan jalan hidupnya lagi. Semua orang memulai hidupnya dengan menata banyak rencana untuk setahun ke depan. Pada akhir tahun, detik – detik di mna pergantian tahun akan tiba. Semua bersuka cita membuat rencana yang begitu mendebarkan.

Menata apa yang akan dikerjakan dan dilakukan pada satu tahun ke depan. Resolusi – resolusi apa yang telah tercapai di tahun sebelumnya dan yang belum dikerjakan di tahun sebelumnya. Merencanakan kembali segala rencana yang akan dicapai. Tujuan – tujuan yang dibuat dan akan dikerjakan dengan sukses.

Tetapi tidak hanya itu saja, pada awal tahun baru juga dilalui dengan kegiatan yang positi. Bagi umat Islam tahun baru dilakukan pada tanggal 1 Muharam. Tentunya saat memasuki awal tahun sebagai umat Islam hal yang sebaiknya dilakukan pertama kali yaitu berdoa.

Tahukah kamu bagaimana dengan doa awal tahun yang dapat kita panjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala? Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa awal tahun baru Islam yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Tahun Hijriah

Sama seperti tahun Masehi, tahun Hijriah juga terdiri dari dua belas bulan. Pada bulan ini terdapat awal dan akhir tahun. Tahun Hijriah merupakan tahun dalam kalender Islam.

Adapun berikut ini merupakan bulan – bulan pada kalender Hijriah yaitu:

  1. Muharram
  2. Safar
  3. Rabi’ul Awal
  4. Rabi’ul Akhir
  5. Jumadil Awal
  6. Jumadil Akhir
  7. Rajab
  8. Sya’ban
  9. Ramadhan
  10. Syawal
  11. Dzulka’dah
  12. Dzulhijah

Pada bulan – bulan tersebut memiliki peristiwanya masing – masing. Setiap bulan memiliki sejarah masing – masing yang penuh dengan makna.

Awal tahun merupakan awal dari segala rencana. Awal dari sesuatu yang baru yang dimulai dengan sesuatu yang baik yang akan mendatangkan keberkahan dan rezeki dalam hidup kita. Pada kalender Hijriah, tahun baru Islam jatuh tepat pada tanggal 1 Muharram.

Apakah tahu baru itu harus dipenuhi dengan makan – makan, kembang api, dan hal lainnya yang kurang bermanfaat? Tentunya tidak. Lebih dari semua hal yang tidak atau kurang bermanfaat, ada baiknya mengisi waktu menuju awal tahun dengan sesuatu yang lebih bermanfaat dan dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Contohnya seperti sholat, mengaji, atau melakukan ibadah lainnya.

Salah satunya yaitu berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita dapat menjalani hari – hari kedepan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam

Doa Awal Tahun Pendek

Adapun berikut ini doa yang dapat dibaca ketika memasuki awal tahun baru Islam:

Bacaan Doa Awal Tahun

Bacaan Arab Doa Awal Tahun Pendek

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Bacaan Latin Doa Awal Tahun Pendek

Allahumma antal abadiyyul qadiimul awwal, wa ‘alaa fadhlikal ‘azhiimi wa kariim juudikal mu‘awwal, wa hadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbal, as-alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa-ih, wal ‘auna ‘alaa hadzihin nafsil ammaarati bis suu-i, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa yaa dzal jalaali wal ikraam.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Awal Tahun Pendek

“Ya Allah. Engkau Zat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, dan Yang Awal (Pertama). Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan setan dan semua temannya, serta bala tentara (pasukannya) di tahun ini. Aku pun memohon pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berbuat jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aku disibukkan dengan aktivitas keseharian yang mendekatkan diriku pada rahmat-Mu dengan sedekat – dekatnya. Wahai Tuhan Yang Maha Luhur lagi Mulia.”

Penting! Doa awal tahun baru Islam ini dibaca ketika memasuki waktu sholat Maghrib. Doa ini dibaca setelah melaksanakan sholat Maghrib dan dibaca sebanyak tiga kali.

Doa Awal Tahun Panjang

Berikut ini doa awal tahun baru Islam yang lebih panjang dan lengkap yaitu sebagai berikut:

Bacaan Arab Doa Awal Tahun Panjang

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ وَجُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan Latin Doa Awal Tahun Panjang

Bismillaahir rahmaanir rahiim.
Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘alihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwal, wa ‘alaa fadhlikal ’azhiimi wa karami wu juudikal mu’awwal, wa hadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbala as-alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa ihi wal ‘auna ‘alaa hadzihin nafsil ammaarati bis suu-i wal isytighaali bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa yaa dzal jalaali wal ikram. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa alihi wa shahbihii wa sallam.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Awal Tahun Panjang

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasih dan kesejahteraan) kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah. Engkau Zat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, dan Yang Awal (Pertama). Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan setan dan semua temannya, serta bala tentara (pasukannya) di tahun ini. Aku pun memohon pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berbuat jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aku disibukkan dengan aktivitas keseharian yang mendekatkan diriku pada rahmat-Mu dengan sedekat – dekatnya. Wahai Tuhan Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Zat Yang Maha Belas Kasih. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasih dan kesejahteraan) kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.”

Selain itu, pada akhir tahun sebaiknya kita membaca doa akhir tahun.

Perlu diingat! Setelah melaksanakan sholat Ashar janganlah lupa untuk membaca doa akhir tahun baru Islam. Kemudian, setelah sholat maghrib membaca doa awal tahun baru Islam.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa awal tahun yang telah dijelaskan dengan lengkap beserta bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.