Doa dan Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa Bacaan Sholat Jenazah

Doa dan Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Tiap manusia yang terlahir di dunia ini memiliki takdirnya masing – masing. Tak ada satu pun manusia yang tahu kapan akan meninggal, kapan akan terlahir, atau perihal jodohnya. Semua takdir manusia telah Allah Subhanahu wa ta’ala tuliskan dalam Lauful Mahfuz.

Manusia hanya dapat berusaha dan berdoa untuk menjadi manusia yang baik dan sholeh. Ketika seseorang manusia meninggal dunia sekali pun tidak ada manusia yang bisa menjamin apakah dia akan mendapatkan siksaan atau tidak.

Sebagai seorang manusia kita hanya bisa melaksanakan kewajiban kita terhadap seseorang yang meninggal dunia dan mendoakannya. Salah satu kewajiban yang Allah Subhanahu wa ta’ala perintahkan terhadap seseorang yang meninggal dunia yaitu menyolatkannya.

Tahukah kamu bagaimana doa dan bacaan pada sholat jenazah? Apakah sholat jenazah sama dengan sholat biasanya? Artikel kali ini akan membahas mengenai doa dan bacaan pada sholat jenazah. Simak terus ya.

Sholat Jenazah

Sholat jenazah merupakan sholat yang dilakukan kepada seseorang yang meninggal dunia. Sebagai sesama umat Islam, kewajiban umat Islam terhadap orang yang meninggal dunia yaitu mengurus jenazah seperti memandikan, menyolatkan, dan menguburkan.

Pelaksanaan sholat jenazah tentunya berbeda dengan sholat umumnya. Kenapa begitu? Sholat jenazah dikerjakan dengan empat kali takbir tanpa gerakan rukuk dan sebagainya. Di tiap takbir terdapat doanya masing – masing.

Berikut ini merupakan doa dan bacaan yang dapat dibaca dalam sholat jenazah yaitu:

a. Takbir Pertama

Pada takbir pertama Anda membaca surat Al Fatihah.

b. Takbir Kedua

Kemudian pada takbir kedua membaca sholawat Nabi. Sholawat Nabi yang dibaca sama seperti pada saat tasyahud atau tahiyat akhir.

c. Takbir Ketiga

Adapun doa yang dapat dipanjatkan untuk si mayit pada rakaat ketiga yaitu sebagai berikut:

Untuk jenazah laki – laki

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummagh firlahu warhamhu wa ’aafihi wa’fu ‘anhu.

Untuk jenazah perempuan

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allahummagh firlahaa warhamhaa wa ’aafihaa wa’fu ‘anhaa.

Terjemahan Arti Doa Rakaat Ketiga

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia, sejahterakanlah dan maafkanlah dia.”

d. Takbir Keempat

Pada takbir keempat juga membaca doa untuk si mayit. Adapun doanya yaitu sebagai berikut:

Untuk laki – laki

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu.

Untuk perempuan

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَ اغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Allahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa walahaa.

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau tidak memberikan kepada kami pahalanya dan jangan Engkau memberikan cobaan kepada kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

e. Salam

Kemudian salam dengan menengokkan muka ke kanan dan ke kiri sambil mengucapkan salam berikut ini:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَ بَرَكَاتُهُ

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa baraakaatuh.

Artinya: “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta berkah-Nya limpahkan kepada kalian.”

Doa Setelah Sholat Jenazah

Setelah melaksanakan sholat jenazah, berdoalah terlebih dahulu. Sebelum itu membaca surat Al Fatihah terlebih dahulu.

Adapun doa setelah sholat jenazah yaitu sebagai berikut:

Untuk jenazah laki – laki

اَللّٰهُمَّ صَلِّى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ. اِعْتِقْ رِقَا بَنَا وَرِقَابَ هٰذَاالْمَيِّتِ مِنَ النَّارِ٣×. اَللّٰهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلٰى هٰذَالْمَيِّتِ وَاجْعَلْ قَبْرَهٗ رَوْضَةً مِنَ الْجَنَّةِ. وَلاَ تَجْعَلْهُ لَهٗ حُفْرَةً مِنَ النِّيْرَانِ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى خَيْرِخَلْقِهٖ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Allaahumma bihaqqil faatihah. I’tiq riqaa banaa wa riqaaba haadzal mayyiti minan naar 3x. Allaahumma anzilir rahmata wal maghfirata ‘alaa haadzal mayyiti waj’al qabrahuu raudhatan minal jannah. Wa laa taj’alhu lahuu hufratan minan niiraan. Wa shallallaahu ‘alaa khairi khalqihii sayyidinaa Muhammadin wa aalihii wa shahbihii ajma’iina wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Untuk jenazah perempuan

اَللّٰهُمَّ صَلِّى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ. اِعْتِقْ رِقَا بَنَا وَرِقَابَ هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ مِنَ النَّارِ٣×. اَللّٰهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلٰى هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ وَاجْعَلْ قَبْرَهَا رَوْضَةً مِنَ الْجَنَّةِ. وَلاَ تَجْعَلْهُ لَهَا حُفْرَةً مِنَ النِّيْرَانِ. وَصَلَّى اللهُ عَلٰى خَيْرِخَلْقِهٖ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Allaahumma bihaqqil faatihah. I’tiq riqaa banaa wa riqaaba haadzihil mayyitati minan naar 3x. Allaahumma anzilir rahmata wal maghfirata ‘alaa haadzal mayyiti waj’al qabrahaa raudhatan minal jannah. Wa laa taj’alhu lahaa hufratan minan niiraan. Wa shallallaahu ‘alaa khairi khalqihii sayyidinaa Muhammadin wa aalihii wa shahbihii ajma’iina wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Terjemahan Arti Doa Setelah Sholat Jenazah

“Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, dengan berkahnya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayat ini dari siksaan api neraka (3 kali). Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayat ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia – mulia makhluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat – sahabatnya sekalian, dan segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

Doa yang dibaca saat sholat dan setelah sholat memiliki perbedaan bagi laki – laki dan perempuan. Harap diperhatikan saat membaca doa tersebut.

Sebelum melaksanakan sholat jenazah pastikan terlebih dahulu kalau Anda bersih dan suci dari hadats kecil atau pun besar. Untuk si mayit telah dimandikan dikafani terlebih dahulu. Apabila Anda ikut memandikan jenazah, maka Anda harus mandi dan membersihkan diri terlebih dahulu.

Barulah setelah menyolatkan jenazah dilakukan pemakaman. Kewajiban — kewajiban yang harus dilakukan sebaiknya segera dilaksanakan. Selain akan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa ta’ala juga menjadi cara terakhir kita dalam merawat si mayit.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa dan bacaan sholat jenazah yang telah dijabarkan dengan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan bisa diamalkan dengan baik. Terima kasih.