Doa Agar Bayi Sungsang dalam Kandungan Kembali ke Posisi Normal

3 min read

Doa Bayi Sungsang

Doa Agar Bayi Sungsang dalam Kandungan Kembali ke Posisi Normal – Setiap kehamilan memiliki kondisinya masing-masing. Tidak semua kehamilan memiliki gejala atau pun keadaan yang sama. Setiap orang memiliki kondisi masing-masing tergantung kesehatan, tubuh, dan ibadahnya.

Saat hamil, banyak sekali hal-hal yang harus kita lakukan. Selain memenuhi asupan nutrisi dan gizi, tentunya juga harus memiliki tubuh yang sehat, dan juga jangan lupa untuk berdoa agar bayi yang ada dalam kandungan dan ibunya juga dalam keadaan sehat.

Salah satu masalah yang kadang terjadi saat kehamilan yaitu posisi bayi yang sungsang. Berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar bayi dalam kandungan sehat dan dapat dilindungi Allah Subhanahu wa ta’ala. Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa agar bayi yang sungsang dapat kembali ke posisi normal disertai dengan kondisi dan cara mengatasi bayi yang sungsang. Simak terus ya.

Kondisi Sungsang

Kehamilan memiliki masanya di tiap bulannya. Perkembangan bayi dalam kandungan pun perlu dipantau dan diperiksakan ke dokter kandungan agar kita mengetahui perkembangan bayi dalam perut.

Pada saat kehamilan memasuki trimester ketiga atau mendekati HPL (Hari Perkiraan Hamil) bayi, posisi bayi akan diperiksa oleh dokter. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah posisi bayi sudah bagus atau belum. Apakah bayi dalam keadaan sehat atau tidak.

Terkadang pada trimester ketiga tersebut posisi bayi bisa saja dalam keadaan sungsang atau pun normal. Posisi bayi yang sungsang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Adapun berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan kondisi bayi sungsang yaitu:

  1. Kondisi bentuk rahim kurang sempurna
  2. Kelainan plasenta
  3. Terlalu sedikit atau terlalu banyak cairan ketuban
  4. Hamil berkali-kali
  5. Adanya kehamilan kembar
  6. Pernah melahirkan secara prematur
  7. Pengaruh jin dan makhluk halus

Faktor-faktor tersebut bisa saja menjadi salah satu bayi dalam posisi sungsang. Tetapi ketika hamil kita juga dapat berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar bayi yang ada dalam kandungan sehat dan dengan posisi yang normal.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

اللهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنْثَىٰ وَمَا تَغِيضُ الْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهُ بِمِقْدَارٍ

Artinya: “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.” (QS. Ar Ra’d ayat 8)

Cara Mengatasi Bayi Sungsang

Jika bayi yang ada dalam kandungan berada pada posisi sungsang, maka terdapat cara untuk mengatasinya. Salah satunya yaitu:

Bayi yang sungsang bisa juga dirawat dengan teknik pijat.

Hal ini berguna untuk merubah posisi bayi dari sungsang ke posisi normal. Atau bisa juga dengan melakukan cara berikut ini:

Sujud lebih lama ketika sedang sholat dan memohon agar posisi bayi kembali ke rongga panggul.

Doa agar Bayi Sungsang Kembali ke Posisi Normal

Memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar bayi yang berada dalam kandungan posisi bayi sungsang. Berdoa agar bayi dalam posisi normal memanglah tidak ada. Meskipun begitu kita dapat memohon agar bayi yang ada dalam kandungan kita sehat dan tidak ada masalah lainnya. Kita dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir yang baik-baik saat hamil.

Adapun berikut ini beberapa doa yang dapat dipanjatkan ketika hamil yaitu di antaranya:

a. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan ayat yang dapat dibaca dalam segala kondisi dan waktu.

b. Membaca Al Fatihah

Al Fatihah merupakan salah satu surat yang sangat baik untuk dibaca dalam kondisi apapun. Setelah membaca surat ini tiupkan ke telapak tangan dan usapkan ke rahim sang ibu.

c. Membaca Surat Ali Imran

Doa yang dapat dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yaitu pada salah satu ayat di surat Ali Imran yaitu:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.” (QS. Ali Imran ayat 38)

Dan pada ayat berikut ini:

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran ayat 35)

d. Membaca Surat Yasin

Dengan membaca Surat Yasin ayat 1 sampai 12 dapat membantu menjaga kesehatan kandungan. Surat Yasin tersebut dibaca setiap selesai sholat maghrib.

e. Membaca Surat Al Baqarah

Ketika sedang hamil, memang sangat rentan terjadi sesuatu yang berbahaya pada janin apalagi ketika hamil muda. Ayat terakhir pada surat Al Baqarah ayat 286 berisi tentang perlindungan dan memohon ampunan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Al Baqarah ayat 286

f. Membaca Surat Al Hasyr

Surat Al Hasyr merupakan salah satu surat yang memiliki keutamaan sebagai penyembuh dari segala macam penyakit dan dijauhkan dari godaan setan yang terkutuk. Surat ini dapat dibaca sebanyak 7 kali setelah mengerjakan sholat maghrib.

g. Membaca Surat Al Zalzalah

Saat hamil, kita juga dapat membaca surat Al Zalzalah Ayat 1 sampai 8.

Doa-doa tersebut dapat kita amalkan ketika sedang hamil. Meskipun begitu, suami pun juga dapat berdoa untuk istri dan calon anaknya agar semua dalam keadaan sehat dan berdoa untuk sang bayi kelak.

Berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala memohon agar bayi dalam kandungan sehat dan normal. Saat masa kehamilan merupakan saat di mana setan sering sekali mengganggu. Oleh karena itu, memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar bayi kita dijaga dan agar kelak bayi tersebut menjadi anak soleh yang pintar dan berakhlak baik.

Perlu diingat. Saat hamil juga tetap harus berolahraga dan tidak bermalas-malasan ya dan tetap harus sesuai porsi dan kadar bagi ibu hamil. Agar bayi dalam kandungan juga aktif. Ajarkan hal-hal baik meski masih dalam perut.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa agar bayi sungsang kembali ke posisi normal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read