Doa Belajar

2 min read

Doa Belajar

Berikut ini adalah materi tentang doa belajar, mulai dari perintah menuntut ilmu, hingga adab berdoa sebelum belajar lengkap dengan penjelasannya.

Belajar adalah proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan beberapa bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap, dan perubahan positif dari berbagai materi yang sudah dipelajari.

Belajar adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim.

Karena dengan belajar dari yang tidak mengetahuinya menjadi tahu, dari yang tidak memahaminya menjadi paham dan dari yang tidak bisa menjadi bisa.

Perintah Untuk Menuntut Ilmu

Salah satu yang menjadi perintah Allah bagi hamba-hamba-Nya yaitu belajar, karena Allah akan meningkatkan derajat mereka yang beriman dan memiliki ilmu (berilmu).

Contoh Doa Belajar

Sesuai dengan Firman Allah dalam Al Qur’an Surat Al Mujaadilah ayat 11 yang berarti: “Niscaya Allah akan mengangkat atau meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan mereka yang telah diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti tentang apa yang kamu lakukan.” (Q.S al-Mujaadilah, ayat 11)

Mempelajari pengetahuan akan menjadi kewajiban bagi semua Muslim, dari anak-anak hingga orang tua. Jadi belajar tidak memiliki batas waktu bagi umat Islam di seluruh dunia.

Pengetahuan yang berguna adalah salah satu amalan yang tidak pernah putus pahalanya bahkan setelah kematian. Karena itu ilmu merupakan sesuatu yang sangat penting yang dapat membantu Anda di dunia dan di akhirat.

Ilmu yang dimaksud di sini ialah ilmu yang bermanfaat yang membuat seseorang mengetahui agama dan Rabbnya. Mengetahui hal itu mengajarkan tentang apa haq dan batil dan apa yang halal serta haram.

Jadi, pelajari dan cari pengetahuan saat masih hidup, dan gunakan untuk hal-hal baik dan ajarkan kepada orang lain agar selalu berguna.

Itulah sebabnya hukum mencari dan mengamalkan pengetahuan sangat penting jika ingin bahagia di dunia dan di akhirat. Karena ini dijamin oleh Islam.

Jika seorang Muslim belajar, ia harus berdoa untuk ilmu yang didapat agar ilmunya berkah. Doa sebelum belajar perlu digunakan untuk menuntut ilmu dan dibiasakan dari masa kanak-kanak agar terbiasa hingga kehidupan dewasa kelak.

Doa sebelum Belajar

Dari uraian di atas jelas bahwa belajar adalah wajib jika Anda ingin mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Setiap orang akan memulai suatu ibadah, dianjurkan untuk memulai dengan berdoa dengan maksud agar ibadahnya itu akan menerima ridho Allah.

Dengan demikian, sebelum Anda belajar. Mulailah membaca doa sebelum belajar sehingga Anda dapat dengan mudah memahami, menghafal, atau menyerapnya ke dalam otak sehingga dapat bermanfaat.

Baca doa sebelum belajar bahasa arab

Doa Sebelum Belajar

Baca doa sebelum belajar bahasa Latin : “Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya :“Kami ridho bahwa Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, perluas pengetahuanku dan beri aku pemahaman yang baik.”

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Membiasakan diri membaca doa sebelum belajar dalam kehidupan sehari-hari merupakan etika yang baik. Anak-anak di sekolah juga ditekankan untuk selalu berdoa sebelum memulai kegiatan mereka.

Tidak hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan rumah, seorang anak harus berdoa sebelum mengerjakan pekerjaan rumahnya. Semua kegiatan belajar harus dimulai dengan doa.

Kegiatan berdoa menawarkan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan dalam belajar. Memang, sebagai siswa, penuntut ilmu, siswa harus mengamalkan doa sebelum belajar. Selain itu, penghormatan terhadap guru, dosen, ustadz, dan tidak boleh diabaikan.

Seorang guru, ustadzah atau dosen memiliki jasa yang hebat dalam memberikan pengetahuan kepada kita. Memuliakan mereka tentu sesuatu hal yang terpuji. Sebelum belajar dengan serius, sebaiknya Adab berdoa dilakukan dengan niat tulus dan hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Siapa pun yang ingin belajar baik anak-anak dan orang dewasa dapat mulainya dengan berdoa. Ini karena tidak ada batasan untuk belajar bagi umat Islam. Setiap Muslim wajib belajar baik pembelajaran ilmu pengetahuan maupun tentang agama.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas mengenai Doa Belajar. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read