Doa Bepergian Naik Kendaraan Lengkap Bahasa Arab, Latin Serta Artinya

3 min read

Doa Bepergian

Doa Bepergian – Sebelum kita melakukan perjalanan, baik dekat maupun jauh, ada baiknya kita membaca doa perjalanan pertama kepada Allah SWT agar kita selalu terlindungi.

Karena kita tidak tahu bahaya apa yang kita hadapi, dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT untuk melindungi kita. Selain berdoa, Anda juga harus berhati-hati saat berkendara dengan kendaraan. Di bawah doapedia.com telah menyiapkan doa untuk sholat baik di darat, laut maupun udara.

Saat Anda melakukan perjalanan jauh untuk silatuhrahmi atau tujuan lainnya, pastikan untuk membaca doa-doanya. Khusus bagi umat Islam, doa harus dibaca saat bepergian agar tenang dan mendapatkan keselamatan.

Karena sampai jalan tersebut aman, semua orang akan selamat. Jadi sebaiknya jangan lupa sholat dulu sebelum melakukan atau melanjutkan perjalanan tersebut.

Bepergian

Ketika orang tua melepas terhadap orang-orang yang ramah, dia berkata, “Hati-hati, Nak. Ingat pesan orang tua. Jangan lupa menyembah kamu. Jangan lupakan Tuhan. Jangan terpengaruh oleh pergaulan buruk, dan lain-lainnya”.

Ketika seorang teman ingin mengucapkan selamat tinggal kepada temannya, dia juga berkata, “Hati-hati di jalan. Banyak kecelakaan terjadi. Simpan harta karun itu dengan hati-hati. Pencopet yang seimbang pasti mengawasi. Anda tidak harus pergi dengan cepat dan seterusnya.”

Saat suami berangkat kerja, sang suami akan mendoakan istri tercinta. Ia pun berpesan, “Suamiku hati-hati. Ingat aku dimanapun kamu berada. Bekerjalah dengan baik dan jangan terburu-buru.”

Selama perjalanan atau pemberangkatan, mereka yang telah pergi mengirim pesan. Ia menyarankan mereka yang bepergian atau mengucapkan selamat tinggal untuk berhati-hati di jalan.

Hati-hati dengan koper, hati-hati dengan ejekan dan ejekan, hati-hati dengan pergaulan dan pertemanan dan sebagainya. Inti dari semua pesan ini adalah setiap saran, peringatan, permintaan atau pesan, jadi kita perlu berhati-hati.

Tapi seperti kata pepatah, “Kebahagiaan tidak bisa dihindari, ketidakbahagiaan tidak bisa dihindari.”

Apapun pesan dari orang lain, terkadang itu menjadi sebuah pesan yang terakhir. Meskipun orang yang memberi tahu Anda bahwa mereka mencintai dengan sangat hati-hati tetap saja kecelakaan, musibah, atau bencana terjadi.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Terlepas dari apakah Anda mengendarai kendaraan darat, udara, atau laut, bencana dapat terjadi meskipun Anda telah berhati-hati sebelumnya.

Jadi apa yang harus Anda pesan dan persiapkan saat bepergian tidak cukup, hanya tindakan pencegahan saja. Kami juga membutuhkan teman, pelindung, dan dukungan untuk menemani kami dalam perjalanan kami.

Sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai dengan lancar dan aman tanpa hambatan, halangan atau sejenisnya. Dan semua ini tidak mungkin tercapai, kecuali hanya sekedar mengucapkan doa keselamatan.

Melalui doa manusia menerima kesempatan dari Tuhan. Bedakan takdir. Ingatlah bahwa ketetapan Allah (takdir), ada yang muallaq, ada yang mubram.

Nasib Muallaq artinya ketetapan Allah SWT yang masih bisa diubah karena ada hubungannya dengan kejadian sehari-hari. Seperti Umar ibn Khathab Ra, ia pernah membatalkan kunjungan ke suatu daerah karena mendengar kabar ada wabah penyakit di daerah tersebut.

Ketika telah ditanya, mengapa Umar menghindari nasib Allah, lalu ia menjawab:

“Saya menghindar dari takdi yang satu ke takdir yang lain.”

Jadi takdir Muallaq adalah takdir yang masih bisa diubah dengan usaha sendiri. Dan bagian dari upaya itu adalah doa.

Doa-Bepergian-Naik-Kendaraan

Sementara itu, takdir subram adalah takdir Tuhan yang tidak bisa dibatalkan, seperti contoh kematian dan kelahiran. Marilah kita ingat untuk melafalkan doa perjalanan yang diperintahkan oleh nabi untuk melindungi kita dari apa yang terjadi.

Di ceritakan oleh Abdullah bin Sirjia Ra. Dia berkata, “Apabila Nabi Muhammad bepergian, beliau membaca doa.”

“Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.”

Artinya:
“Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.” (HR. Tirmdzi dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

Orang yang ingin berwisata bisa menambahnya dengan membaca doa tentang perjalanan seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Bepergian

Artinya:
“Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosamu dan memudahkan kebaikan untukmu dimana pun kamu berada.”

Kemudian ketika Anda siap untuk bepergian, atau bepergian, lebih baik Anda menyapa orang-orang yang tersisa daripada Sunskrit Nabi Muhammad.

Rasulullah SAW bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian ingin bepergian, hendaklah ia memberi salam kepada saudar-saudarnya, karena sesungguhnya doa mereka akan menambahkan kebaikan untuknya bersama dengan doanya.” (HR. Thabrani).

Ketika Hendak Bepergian

Bagaimana cara terbaik untuk berwisata ke Islam? Jika Anda belum tahu, baca teks berikut.

1. Membaca Bismillah

Sebelum berpergian atau travelling sebaiknya membaca bacaan Bismillah sebagai sesuatu yang diawali dengan basmallah menerima berkah dan berkah dari Allah SWT. Karenanya, itu pasti akan meningkatkan perjalanan dengan pergi tanpa hambatan.

2. Membaca Dzikir

Jika ingin berwisata banyak membaca dhukr agar hati tenang dan tidak bertengkar, sehingga perjalanan akan nyaman. Selain itu anda juga akan dilindungi oleh Allah SWT sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal ini dikarenakan biasanya ada kejadian yang tidak terduga selama perjalanan, sehingga lebih cenderung mengaji sebelum atau selama perjalanan.

3. Membaca Doa Bepergian

Saat kalian sedang travelling, jangan lupa untuk membaca perjalanan doa yang tujuannya untuk mengharapkan keselamatan atau yang selalu terlindungi agar kejadian yang tidak menyenangkan tidak terjadi. Membaca perjalanan doa dimulai tentunya dengan membaca perjalanan doa.

Doa-Bepergian2

“Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adhim.”

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sholat travel memiliki banyak arti agar perjalanan anda selalu terlindungi oleh Allah SWT.

Hafalkan Doa Naik Kendaraan

Jika Anda sedang berjalan di dalam kendaraan hal berikutnya yang harus dilakukan adalah membaca doa mengemudi tergantung jenisnya. Tujuannya untuk mengarahkan sholat agar tujuan perjalanan sesuai yang diinginkan. Tidak tahu cara berdoa di dalam kendaraan? Ini adalah doa.

a. Doa Naik Kendaraan Darat

Doa-Naik-Kendaraan-Darat

Artinya:
“Maha suci Allah SWT yang telah memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada yang mempersekutukan bagi-Nya. Sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

b. Doa Naik Kendaraan Laut dan Udara

Doa-Naik-Kendaraan-Laut-dan-Udara

Artinya:
“Dengan nama Allah SWT aku menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Pengasih.”

Mengapa Perlu Membaca Doa Bepergian ?

Nabi Muhammad SAW telah bersabda bahwa safar atau perjalanan adalah bagian dari’ adzab (hukuman). Karena dalam safari kita dihadapkan pada banyak kesulitan, kelelahan, panas, kantuk dan perasaan tidak menyenangkan lainnya. Begitulah cara kita belajar berdoa saat bepergian.

Nabi Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Doa-Bepergian1

Artinya:
“Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) do’a yang tidak diragukan lagi yaitu: (1) do’a orang yang terzholimi, (2) do’a seorang musafir, (3) do’a orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad 12/479)

Selain sholat, sholat sambil travelling juga melindungi kita dari hal-hal buruk, kesulitan yang bisa menghalangi perjalanan kita. Mungkin tidak diketahui bahwa perjalanan saat ini adalah yang terakhir, jadi sebaiknya berdoa sebelum perjalanan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Bepergian. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read