Doa Berbuka Puasa

1 min read

Doa Berbuka Puasa

Doa Berbuka Puasa – Berikut ini adalah materi tentang doa berbuka puasa, mulai dari puasa wajib hingga sunnah lengkap dengan keutamaan membaca doa berbuka puasa.

Berpuasa adalah suatu bentuk ibadah yang dilakukan seorang Muslim yang termasuk salah satu rukun Islam. Ada puasa wajib dan sunnah, contoh puasa wajib ialah puasa di bulan Ramadhan, sementara contoh puasa sunnah ialah puasa pada hari Senin-kamis, puasa arafah, puasa di bulan-bulan tertentu, puasa daud atau puasa nadzar dan banyak lagi.

Seperti namanya, puasa wajib adalah puasa yang ketika dilaksana akan mendapat pahala dan berdosa ketika ditinggalkan, sedangkan puasa Sunnah adalah ketika dikerjakan akan mendapat pahala, tetapi tidak salah atau berdosa jika tidak dikerjakan, Baik buruknya puasa tergantung pada niat puasa yang akan dilasanakan, juga perhatikan doa berbuka puasa, yang menyatakan rasa syukur.

Makna Berpuasa

Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan untuk semua umat Islam di dunia. Termasuk puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, yang menawarkan banyak kebajikan dan manfaat.

Dalam bahasa puasa berarti menahan, dan dalam arti hukum Islam puasa berarti menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkannya. Menahan diri dari tindakan yang membatalkan puasa mulai dari Imsyak hingga matahari terbenam atau saat berbuka puasa.

Amalan yang dilakukan sebelum berbuka puasa ialah berdoa. Kalimat doa yang sudah diketahui oleh kita umat Islam, bahkan sebagian besar dari kita telah menghafalkan doa buka puasa ini dan sering membacanya.

Beberapa Puasa yang dianjurkan Rasulullah Saw :

  1. Puasa Wajib dibulan Ramadhan
  2. Syawal
  3. Arafah
  4. Asyura
  5. Sya’ban
  6. Puasa senin kamis
  7. Daud
  8. Puasa Ayyamul Bidh

Bacaan Doa Berbuka Puasa

Bacaan Latinnya :
“Allahumma Lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika ya arhamar roohimiin”

Artinya :
“Ya Allah, untuk-Mu dan karena-Mu aku berpuasa, bersama-Mu aku beriman, dan ada rezeki-Mu aku berbuka dengan rahmat-Mu, oh yaAllah Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Keutamaan Doa Berbuka Puasa

Sama pentingnya dengan puasa, beberapa keutamaan berbuka puasa disebutkan dalam beberapa hadis yang cukup sahih. Menurut hadits yang diriwayatkan Ibn Majah, Rasulullahu Saw pernah bersabda:

Beberapa hadits yang disebutkan di atas menyatakan bahwa orang yang menjalankan ibadah puasa memiliki hak istimewa untuk berupa akan terkabul semua keinginannya atau hajatnya dari dia mulai menjalankan puasa hingga berbuka puasa. Karena itu, salah satu doa berbuka puasa sebagai tanda syukur dan permohonan atas limpahan rezeki menjadi salah satu doa yang terkabulkan.

Selain itu, orang yang berpuasa juga memiliki keutamaan dalam hal sifat dan akhlak dari apa yang dia lakukan. Orang-orang yang berpuasa secara teratur dapat mengendalikan dan menahan hawa nafsunya, tidak mudah marah dan lebih sabar, menjadi lebih bertanggung jawab dan peduli terhadap mereka yang kurang mampu.

Kesehatan tubuh juga dijamin bahkan jika Anda melaksanakan ibadah puasa wajib atau ibadah sunnah. Puasa dapat menetralkan racun dan membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat dan kuat, dan mencegah Anda dari sakit atau memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda melaksanakan puasa. Dari berbagai manfaat ini, kita dapat menyimpulkan bahwa puasa adalah salah satu hal yang paling penting dan dianjurkan dalam agama Islam. Jadi adalah ide yang baik untuk berlatih untuk mengamalkan puasa Sunnah, meskipun jika itu hanya untuk satu atau dua hari.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Berbuka Puasa. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read