Doa Buka Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap Bacaan Arab, Latin, Indonesia

1 min read

Doa Berbuka Puasa Nisfu Sya'ban

Doa Buka Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap Bacaan Arab, Latin, Indonesia – Melaksanakan ibadah sunnah merupakan amalan tambahan bagi tiap – tiap manusia dalam memperbanyak amal ibadahnya.

Puasa sunnah terdapat banyak jenisnya. Salah satu dari puasa sunnah yaitu puasa sunnah nisfu sya’ban. Dari namanya sudah jelas bahwa puasa ini dikerjakan pada bulan Sya’ban. Nah tahukah kamu bagaimana dengan doa berbuka puasa puasa sunnah nisfu sya’ban ini?

Berikut ini akan dijabarkan secara jelas mengenai doa buka puasa lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia. Simak terus ya, jangan sampai ketinggalan ya untuk membaca artikel lainnya. Kamu dapat cek beranda ya.

Bulan Sya’an memiliki keistimewaan yang tinggi. Pada bulan ini Nabi Muhammad SAW. memperbanyak ibadah puasanya. Nabi Muhammad SAW. menganjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah yaitu puasa nisfu sya’ban.

Untuk niat berpuasa nisfu sya’ban mirip seperti puasa sunnah lainnya. Niat berpuasa nisfu sya’ban dapat dilakukan saat malam hari atau pun siang hari selama kita belum makan.

Sedangkan untuk doa berbuka puasa sama seperti puasa wajib atau puasa Ramadhan niatnya.

Saat matahari telah tenggelam di barat dan adzan sholat maghrib telah berkumandang, itu artinya waktunya untuk berbuka puasa.

Adapun doa dari berbuka puasa nisfu sya’ban yaitu sebagai berikut:

doa-buka-puasa-nisfu-syaban
Doa Berbuka Puasa Nisfu Sya’ban

Bacaan Arab Doa Berbuka Puasa Nisfu Sya’ban

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Berbuka Puasa Nisfu Sya’ban

Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa’alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Terjemahan Arti Doa Berbuka Puasa Nisfu Sya’ban

“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan hanya kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka, atas segala rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang.”

Ketika berbuka puasa jangan langsung makan secara berlebihan. Allah SWT. telah memperingatkan pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al A’raf ayat ke 31. Allah SWT. berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Artinya: “Hai anak cucu Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih – lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang – orang yang berlebih – lebihan.” (QS. Al A’raf ayat 31)

Ingat sesuatu yang berlebih – lebihan itu tidak baik. Jadi, jangan berbuka puasa mengikuti hawa nafsu saja.

Tidak perlu lapar mata dengan membeli makanan apa saja yang dilihat. Karena tubuh kamu memiliki kapasitasnya sendiri. Setan akan sangat senang jika kamu mengikutinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مَلأَ ابْنُ آدَمَ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسَبِ ابْنِ آدَمَ لُقَيْمَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ فَاعِلاً فَثُلُثُ لِطَعَامِهِ وَثُلُثُ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

Artinya: “Tidak ada tempat yang paling buruk yang dipenuhi isinya oleh manusia, selain perutnya. Karena sebenarnya cukup baginya beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Kalaupun ia ingin makan, hendaknya ia mengaturnya dengan cara sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga lagi untuk nafasnya.” (HR. Ahmad, An Nasa’i, dan At Tirmidzi)

Bacalah doa berbuka puasa. Kemudian berbuka puasalah dahulu dengan minuman hangat dan kurma. Baru setelah itu kamu dapat mengerjakan sholat maghrib terlebih dahulu barulah memakan makanan yang berat seperti nasi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk bersegera dalam berbuka puasa apabila sudah masuk waktu sholat maghrib. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa buka puasa nisfu sya’ban yang telah dijelaskan secara lengkap dan detail. Artikel ini dibuat bertujuan untuk menambah wawasan dan semoga dapat membantu kita semua lebih baik lagi dalam melaksanakan ibadah yang Allah SWT. perintahkan dan Nabi Muhammad SAW. anjurkan. Terima kasih.