Doa Agar Hati Tenang dan Tak Gelisah Saat Dihadapi Musibah

3 min read

Doa Agar Hati Tenang

Doa Agar Hati Tenang dan Tak Gelisah Saat Dihadapi Musibah – Setiap manusia tidak ada yang menjalani hidup hanya dengan kebahagiaan. Ada saja masalah yang akan datang. Selain itu, hati manusia tidak ada yang tahu.

Hati seseorang meskipun sekuat apapun orang tersebut akan goyah juga jika ditimpa terus – terusan musibah. Lalu bagaimana caranya agar seseorang tetap kuat dan ikhlas dalam menjalani semua ketetapan yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala tetapkan?

Teruslah berdoa memohon kepada Allah Subhanhu wa ta’ala. Tiap manusia pasti akan mengalami musibah, stres, dan tidak tenang. Hati manusia begitu rapuh tetapi bisa sekuat baja.

Berdoa agar dikuatkan hati agar lebih tenang. Bagaimana dengan doanya? Berikut ini akan dibahas mengenai doa agar hati tenang dan tak gelisah terutama ketika menghadapi musibah atau pun masalah. Simak terus ya.

Mind and Hearth

Manusia hidup terkadang dipenuhi dengan masalah. Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan cobaan. Tetapi cobaan yang Allah Subhanahu wa ta’ala sesuai dengan kemampuan kita. Jika Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan cobaan, seorang manusia mampu melaluinya. Karena Allah Subhanahu wa ta’ala tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambaNya.

Hal ini sesuai dengan apa yang telah Allah Subhanahu katakan pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 286. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا

Artinya: “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksaan (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang – orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al Baqarah ayat 286)

Semua yang menimpa pada hidup manusia akan dapat dilalui tinggal bagaimana cara kita menjalaninya. Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dapat menguatkan kita. Menjalani kehidupan sesuai dengan Al Quran dan hadist adalah cara yang tepat. Semua yang ada di bumi ini telah diatur sedemikian rupa oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan akan membawa keberkahan jika kita menjalani sesuai dengan perintah-Nya.

Hati manusia yang lembut yang dapat berubah – ubah. Terkadang manusia dapat merasakan khawatir yang teramat. Tanpa sebab pun dapat timbul rasa gelisah. Seseorang tiba tiba dapat tenang, dan kadang tiba – tiba gelisah.

Ketika kita merasakan perasaan sedih, gelisah, stres, tertekan, dan perasaan – perasaan yang membuat mood kita terganggu kita sebaiknya meminta pertolongan Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dengan bantuan Allah Subhanahu wa ta’ala kita akan tetap kuat menghadapi segala cobaan yang datang. Hati bisa menjadi lebih tenang, ikhlas, dan tidak gelisah.

Doa Agar Hati Tenang

Dengan berdoa dan berdzikir, hati kita menjadi lebih tenang. Mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala bisa dengan berdzikir. Berikut ini merupakan doa agar hati tenang.

Berdasarkan Al Quran

Terdapat doa yang terdapat pada ayat Al Quran yaitu:

Doa Agar Hati Tenang

Bacaan Arab Doa Agar Hati Tenang

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Bacaan Latin Doa Agar Hati Tenang

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Agar Hati Tenang

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami dan teguhkanlah pendirian kami, serta tolonglah kami terhadap orang – orang kafir.” (QS. Al Baqarah ayat 250)

Berdasarkan Sunnah

Selain itu, terdapat doa yang berdasarkan pada ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada sahabat untuk berdoa ketika hati dilanda ketidaktenangan ketika menghadapi musibah. Berikut ini doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Bacaan Arab Doa Agar Hati Tenang

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Bacaan Latin Doa Agar Hati Tenang

Allahumma innii as-aluka nafsan bika muthma innah, tu’minu biliqaa ika, wa tardha bi qadhaa ika wataqna’u bi ’athaa ika.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Agar Hati Tenang

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.” (HR. At Thabrani)

Doa Agar Hati Tenang Ketika Menghadapi Musibah

Ketika menghadapi masalah pun hati menjadi tidak tenang dan gelisah. Kamu dapat membaca doa berikut ini agar hati tenang ketika musibah menimpa kamu.

Bacaan Arab Doa Agar Hati Tenang Ketika Menghadapi Musibah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ، وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Bacaan Latin Doa Agar Hati Tenang Ketika Menghadapi Musibah

Allaahumma innii a’uudzubika min jahdil balaa’i, wa darkisy syaqaa’i, wa suu il qadhaa’i, wa syamaatatil a’daa’.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Agar Hati Tenang Ketika Menghadapi Musibah

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk, dan dari keberhasilan musuh.”

Doa – doa tersebut dapat diamalkan agar hati tenang dan tidak gelisah. Hidup yang sulit dan penuh dengan tekanan merupakan hal yang harus dilalui. Meskipun begitu, kita harus terus mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dengan doa agar hati tenang tersebut dapat membantu kita dalam menenangkan hati dan pikiran kita. Berdoa dan berdzikir di setiap waktu adalah salah satu cara agar hidup kita lebih tenang dan ikhlas dalam menjalani kehidupan yang berat ini.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan kali ini mengenai doa agar hati menjadi lebih tenang, tidak gelisah, dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat diamalkan. Terima kasih.