Doa dan Dzikir untuk Ibu Hamil Sebaiknya Dibaca Setiap Hari

2 min read

Doa Ibu Hamil

Doa dan Dzikir untuk Ibu Hamil Sebaiknya Dibaca Setiap Hari – Bagi seorang wanita yang telah menikah memiliki seorang anak merupakan karunia yang luar biasa. Bahkan hal ini pun ditunggu – tunggu dengan sangat antusias oleh suaminya.

Seorang wanita memiliki siklus yang sangat panjang. Dari bayi, anak – anak, kemudian dewasa. Setelah dewasa, menginginkan untuk memiliki pasangan kemudian menikah. Mengandung dan memiliki seorang anak. Menjadi seorang ibu merupakan hal yang dinanti.

sedangkan saat seorang wanita mengandung, mereka harus menjaga anak dalam perutnya dengan waktu yang cuku lama. Lantas apa saja yang dapat kita lakukan?

Bagaimana cara kita meminta perlindungan dari allah SWT. untuk menjaga janin dalam perut seorang wanita?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa yang dapat dibaca oleh ibu hamil agar anaknya dijaga keselamatannya oleh Allah SWT. Simak terus ya.

Menjaga janin kita agar dapat tumbuh dengan sehat merupakan tugas kita sebagai orang tua. Tidak hanya dengan cara menjaga asupan dari makanan dan minumannya saja. Dengan berdoa kepada Allah SWT. pun menjadi kunci yang sangat penting.

Saat seorang calon bayi berada di dalam perut, perkembangannya pun sudah mulai dapat kita lihat. Kita disarankan untuk membacakan buku, mendengarkannya lantunan Al Quran, dan masih banyak hal positif lainnya yang dapat membantu agar kelak bayi itu lahir. Bayi tersebut sudah mengenal dan memiliki sifat yang insyaAllah baik.

Jadi, fase di mana janin telah diberi ruh merupakan tahapan yang penting. Mencari tahu bagaimana cara menjaga dan merawat calon bayi yang ada di dalam perut kita merupakan tugas awal dari seorang orang tua.

Selain itu, kita juga dapat membaca doa untuk ibu hamil setiap harinya. Karena Allah SWT. merupakan Yang Maha Esa dan Maha Memiliki. Tanpa adanya izin dari Allah SWT. kita tidak dapat kuat untuk menjaga calon anak kita.

Ketika seorang wanita hamil, di saat itulah banyak godaan dari setan pun datang. Oleh karena itulah,sebagai seorang ibu yang sedang mengandung perlu untuk berdoa memohon kepada Allah SWT. agar janin dan ibu dilindungi oleh Allah SWT.

Adapun beberapa doa dan dzikir yang dapat dipanjatkan kepada Allah SWT. untuk melindungi diri selama proses kehamilan yaitu sebagai berikut:

a. Al Fatihah

Surat Al Fatihah merupakan surat yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari membaca surat Al Fatihah yaitu mengobati diri dari berbagai penyakit.

b. Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat Al Quran yang sering dibaca dalam keadaan apapun. Ayat kursi dibaca setelah sholat wajib lima waktu, dzikir pagi hari dan dzikir sore hari, serta sebelum tidur.

c. Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas

Manfaat dari surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas yaitu sebagai penjaga diri dari segala sesuatu yang mengganggu. Sama halnya dengan ayat kursi, ketiga surat ini dibaca di waktu setelah sholat wajib lima waktu, dzikir pagi hari dan dzikir sore hari, serta sebelum tidur. Ketiga surat tersebut dibaca sebanyak tiga kali.

d. Memperbanyak membaca Bismillah

e. Memperbanyak membaca Laa hawla wa laa quwwata illa billah

f. Istighfar

Memperbanyak membaca istighfar atau sayyidul istighfar di waktu pagi dan sore hari.

g. Al Baqarah ayat 285 dan 286

Membaca surat Al Baqarah ayat 285-286 berfungsi agar dijaga dari segala sesuatu yang mengganggu dan dicukupi segala sesuatunya.

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ . لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya: “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang – orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat – malaikat-Nya, kitab – kitab-Nya dan rasul – rasul-Nya. (Mereka mengatakan),”Kami tidak membeda – bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul – rasul-Nya”, dan mereka mengatakan,”Kami dengar dan kami ta’at”. (Mereka berdoa), “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia memperoleh pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapatkan siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): ”Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang – orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. (QS. Al Baqarah ayat 285-286)

h. Al Fatir ayat 11

Surat Al Fatir ayat 11 merupakan salah satu ayat tentang kehamilan dan kelahiran seseorang.

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا ۚ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ ۚ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Artinya: “Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki – laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuan pun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali – kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.” (QS. Al Fatir ayat 11)

i. Doa kehamilan

Doa Kehamilan
Doa Kehamilan

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallaahu akhrajakum mim buthuuni ummahaatikum taaratan ukhra.

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut ibu – ibu kalian pada kesempatan yang lain (persalinan).”

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa – doa dan dzikir yang dapat dibaca oleh ibu hamil agar dapat terlindung dari setan atau pun jin. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan sebanyak – banyaknya. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read