Doa Iftitah

2 min read

Doa Iftitah

Berikut ini materi doa iftitah. Mulai dari pengertian dan makna doa iftitah, bacaan doa iftitah arab, serta keutamaan doa iftitah.

Doa adalah harapan manusia yang ditujukan kepada Allah SWT untuk memenuhi keinginannya.

Doa merupakan salah satu ibadah yang paling mengharukan dan menyenangkan hati bagi manusia yang menunjukkan bahwa tidak ada tempat lain selain Allah yang dapat Anda andalkan dan minta pertolongan.

Kali ini kita akan berbicara tentang doa dalam gerakan sholat yaitu doa Iftitah. Doa Iftitah adalah doa yang dibaca dalam doa setelah takbiratul ikram. Doa Iftiah hanya dibaca pada awal sholat di Rakaat pertama.

Dalam beberapa pengamalanya, orang-orang ketika membaca doa iftitah berbeda-beda. Hadits nabi menjelaskan bahwa ada doa iftitah yang kata-kata dan maknanya tidak sama.

Dan ini bukan menjadi persoalan dan ini bukan pertentangan karena semua penjelasan berasal dari hadis kenabian.

Beberapa Muslim memilih doa iftitah “Allahumma baa’id baini ..” sementara kelompok lain membaca doa iftitah “Allahuakbar kabira”, yang dijelaskan oleh shalat iftitah dan penjelasannya.

Pengertian dan Makna Doa Iftitah

Pada kali ini kita akan berbicara tentang doa dalam gerakan sholat yaitu doa Iftitah. Doa Iftitah merupakan doa yang dibaca dalam sholat setelah takbiratul ikram. Doa Iftiah hanya dibaca pada awal sholat Rakaat pertama.

Dalam beberapa latihan, orang membaca doa iftitah berbeda-beda. Hadits nabi menjelaskan bahwa ada doa iftitah yang kata-kata dan maknanya tidak sama.

Conoth-Iftitah

Dan ini bukan menjadi pertentanfan dan ini bukan persoalan, karena semua penjelasan berasal dari hadis kenabian.

Beberapa Muslim memilih membaca doa iftitah “Allahumma baa’id baini .. ” sementara kelompok lain membaca doa iftarah “Allahuakbar kabira”, yang dijelaskan mengenaai doa iftitah dan penjelasannya.

Bacaan Doa Iftitah Arab

COntoh Iftitah

Keutamaan Doa Iftitah

a. Pertama, Menerima hadiah untuk latihan Sunnah.

Doa Iftitah adalah praktik sunnah dalam sholat, terlepas dari apakah itu dilakukan dalam sholat wajib atau dalam sholat sunnah. Ketika kita membacanya di dalam sholat, kita menerima pahala yang terhitung masuk ke dalam pahala dari praktik Amalan Sunnah.

Ada Hadis Sahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani, yang dikatakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi:

“Barang siapa yang mendapatkan satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, dan dipraktikkan oleh umat manusia. Kemudian ia akan mendapatkan ganjaran sebagai ganjaran dari orang-orang yang mempraktikkannya tanpa membatasi pahala mereka sedikitpun (Kisah Ibnu Majah, No. 209).”

b. Kedua, Bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT

Salah satu keutamaan ketika membaca doa iftitah adalah untuk mendekati diri kepada Allah SWT, karena isi kandungan dari doa iftitah sendiri cukup lengkap karena itu termasuk permintaan pengampunan untuk Allah SWT yang mencari bimbingan, memohon keseamatan, dan perlindungan kepada Allah SWT.

c. Ketiga, Doanya Diangkat oleh Para Malaikat

Hadits Sahih oleh Anas bin Malik RA, menjelaskan bahwa ketika Nabi Muhammad sallallaahu alaihi wasallam mengatakan ketika ada seorang laki-laki Muslim membacakan salah satu doa ketika ia melakukan shalat :

“Aku melihat 12 malaikat bergegas kepadanya (lelaki muslim), mereka saling berlari untuk menjawab doa itu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadits Sejarah Muslim, No. 1385).”

Ini merupakan salah satu bukti bahwa doa iftitah memiliki posisi kedudukan sendiri sehingga apa yang dikatakan dalam doa iftitah maka doa tersebut dijawab oleh para malaikat.

Bukti Doa Iftitah

Terdapat beberapa bukti doa iftitah, diantaranya ialah sebagai berikut:

Dibukakan Pintu Langit

Keutamaan doa iftitah dalam sholat yang keempat merupakan membuka pintu surga bagi mereka yang membaca doa iftitah dalam sholat.

Ada Hadis Sahih oleh Ibnu Umar RA, yang dikatakan Ibnu Umar: “Ketika kami melaksanakan shalat dengan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, ada laki-laki Muslim yang mengucapkan doa iftitah saat sholat. Kemudian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Aku heran, baginya itu terbuka baginya – pintu surga”.

Dan Ibnu Umar RA berkata bahwa : “Aku tidak pernah meninggalkan doa ini sejak Nabi Muhammad sallallaahu alaihi wasallam berkata demikian.”

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Iftitah. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Doa Khatam Al-Quran

Doa ibu
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *