Doa Istikharah, Memohon Petunjuk atas Pilihan atau Hajat

2 min read

Doa Sholat Istikharah

Doa Istikharah, Memohon Petunjuk atas Pilihan atau Hajat – Setiap manusia selalu dipenuhi dengan pilihan. Pilihan selalu membuat manusia kesulitan dalam menentukan pilihannya. Harus banyak pertimbangan ketika memilih di antara pilihan.

Bagaimana cara agar kita meyakini pilihan kita tepat atau tidak? Apalagi kalau pilihan itu benar – benar menentukan hidup kita. Penting bagi masa depan kita. Tentunya semakin lama kita mempertimbangkannya. Tidak bisa asal pilih. Terkadang kita juga berkonsultasi kepada orang lain. Meminta saran bagaimana sebaiknya kita jika dihadapkan pada pilihan yang sangat besar. Misalnya perihal menikah atau pun sekolah.

Bagi umat Islam, meminta bantuan Allah Subhanahu wa ta’ala sangatlah penting. Hanya Dialah yang dapat membantu kita dan lebih mengetahui apa yang terbaik dan dibutuhkan oleh kita. Lalu bagaimana caranya?

Dengan melakukan sholat istikharah dapat membantu kita dalam memilih di antara pilihan. Berikut ini akan diulas mengenai doa sholat istikharah yang dapat membantu kita dalam membuat keputusan ketika dihadapkan pada pilihan. Simak terus ya.

Sholat Istikharah

Sholat istikharah merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan untuk membantu kita ketika sedang dihadapkan pada pilihan dengan diberikannya petunjuk atas segala hajat.

Ketika kita dihadapkan dengan pilihan, manusia cenderung akan memikirkan banyak hal dari berbagai segi. Memilih yang terbaik dan yang paling kita inginkan. Tetapi sebagai manusia kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Tidak ada satu orang pun yang akan tahu bagaimana hidup kita setelah itu.

Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi pada kita. Bahkan Allah Subhanahu telah menentukan nasib dan takdir kita. Oleh karena itu, memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala adalah jalan terbaik.

Salah satu caranya yaitu dengan melaksanakan sholat istikharah. Hal ini sebagaimana apa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa,

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِى الله عَنْهُمَا قَالَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى الله عَلَيْهِ وسلَّمَ يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُوْرِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُوْلُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيْضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ

Artinya: “Dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kami Surat Al Quran. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak mengerjakan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shoalat dua rakaat selain sholat fardhu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu… (dan seterusnya)…”” (HR. Al Bukhari)

Dengan melaksanakan sholat istikharah tersebut, insyaAllah akan membantu kita dalam menentukan pilihan yang yang terbaik dan yang kita butuhkan. Dan pilihan tersebut merupakan pilihan yang diridhai Allah Subhanahu wa ta’ala.

Pada sholat ini kita akan diberi petunjuk atas doa kita. Misalkan kita bingung memilih dengan siapa kita akan menikah sedangkan si A begini dan si B begitu. Allah Subhanahu wa ta’ala akan menunjukkan dengan cara-Nya. Entah itu dijauhkan atau diberitahu tentang kebenaran dari sifat dan sikap, atau apapun itu yang akan ditunjukkan kepada kita nantinya.

Doa Sholat Istikharah

Setelah melaksanakan sholat istikharah, kita sebaiknya berdoa menggunakan doa berikut ini:

Bacaan Doa Sholat Istikharah
Bacaan Doa Sholat Istikharah

Bacaan Arab Doa Sholat Istikharah

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ – وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ – خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ. وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Bacaan Latin Doa Sholat Istikharah

Allaahumma innii astakhiiruka bi’ilmik, wa astaqdiruka biqudratik, wa as-aluka min fadhlikal ‘azhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdir, wa ta’lamu wa laa a’lam, wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra (sebutkan hajat) khairun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khaira haitsu kaana tsumma ardhinii bih.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sholat Istikharah

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku memohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku memohon kepada-Mu sesuatu dari karunia-Mu Yang Maha Agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa, sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau mengetahui, sedangkan aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku, maka takdirkanlah untukku, mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berilah berkah dalam urusan ini. Akan tetapi jika Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, kehidupan, dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku dari padanya, dan takdirkan kebaikan untukku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Doa tersebut dapat dibaca setelah melaksanakan sholat istikharah. JAngan lupa untuk menyebutkan hajat atau pilihan yang menjadi masalah kita. Sholat istikharah tidak bisa hanya sekali pengerjaan. Meminta kepada Allah Subhanahu wa ta’ala berkali – kali tidak masalah, bahkan Allah Subhanahu wa ta’ala menyukai hamba-Nya yang terus memohon kepada-Nya.

Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan petunjuk kepada kita. Baik itu dijauhkan, digantikan, atau diberi tahu tentang kebenaran hal – hal yang tidak kita ketahui. Seperti kita semakin tahu keburukan sifatnya dan hal – hal yang disembunyikannya jika itu perihal jodoh.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa sholat istikharah yang telah dijabarkan dengan jelas dengan bacaan Arab, ALtin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Mayit

_pur
2 min read

Niat Puasa Wajib

_pur
2 min read