Bacalah Doa Istiqomah agar selalu Diteguhkan Hati – Lengkap

2 min read

Doa Istiqomah

Bacalah Doa Istiqomah agar selalu Diteguhkan Hati – Lengkap – Setiap manusia memiliki mood yang naik turun. Iman pun begitu. Setiap manusia harus menjaga imannya agar tetap stabil dan tidak terlalu jatuh.

Terutama bagi orang – orang yang sedang berhijrah. Pasti banyak godaan yang memuat iman kita turun. Dan pastinya akan banyak godaan yang datang yang menguji iman dan keteguhan kita.

Oleh sebab itu, kita harus meneguhkan hati kita dan tetap menjaga agar terus istiqomah dalam berhijrah. Lantas apa yang harus kita lakukan? Kita dapat meminta bantun Allah SWT. dengan terus berdoa agar tetap istiqomah.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai doa istiqomah agar tetap teguh dalam menjalankan ajaran agama Islam. Simak terus ya.

Doa Istiqomah

Istiqomah merupakan usaha kita dalam menjaga hati kita agar tetap teguh dalam beribadah dan menjaga hati kita terhadap Allah SWT.

Menjaga agar hati kita tetap teguh dalam menjalankan ajaran agama Islam merupakan hal yang harus kita perhatikan. Karena hati merupakan tempatnya segala emosi yang dapat dengan mudahnya terpengaruh. Oleh karena itu, kita harus tetap istiqomah dalam menjalankan apa yang telah kita putuskan seperti halnya dengan keputusan berhijrah.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa:

إِنَّ قُلُوبَ بَنِى آدَمَ كُلَّهَا بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ

Artinya: “Sesungguhnya hati manusia seluruhnya berada di antara dua jari dari jari jemari Ar Rahman seperti satu hati, Allah membolak – balikkannya sesuai dengan yang Allah kehendaki.” (HR. Muslim)

Istiqomah merupakan salah satu bentuk dari ikhtiar kita dalam menjaga hati kita agar tetap teguh. Salah satunya yaitu dengan memohon kepada Allah SWT. sang pemilik hati kita agar dapat menjaga kita. Dengan membaca doa istiqomah setiap kita selesai melaksanakan sholat semoga dapat menjaga keistiqomahan kita.

Berikut ini merupakan doa – doa istiqomah yang dapat kita amalkan:

Ummu Salamah berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering membaca doa berikut ini:

Doa IStiqomah

Bacaan Arab Doa Istiqomah

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Bacaan Latin Doa Istiqomah

Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbii ‘alaa diinik.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Istiqomah

“Wahai zat yang membolak – balikan hati, tetapkanlah hati ini untuk selalu mengikuti ajaran agama engkau.” (HR. Ahmad, Hakim, dan At Tirmidzi)

Doa tersebut merupakan doa yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. agar selalu diteguhkan hatinya dan agar tetap istiqomah dalam ajaran agama Islam.

Selain doa tersebut, dapat juga dengan mengamalkan doa berikut ini:

Bacaan Arab Doa Istiqomah

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Bacaan Latin Doa Istiqomah

Allahumma innii as aluka min fadhlika wa ‘athaa ika rizqan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa i wa qadhayta ‘alayya nafsaka bil istijaabati wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ‘ahdaka. Allahumma maa ahbabta min khairin fa habbibhu ilainaa wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syay in fa karihhu ilainaa, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ ‘annal islaama ba’da iz a’thaytanaa.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Istiqomah

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon dari keutamaan Mu dan pemberian Mu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah, sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan Engkau Zat Yang Tidak Melanggar Janji dan Tidak Mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya, dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut, dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan”.

Doa – doa tersebut dapat diaplikasikan setelah melaksanakan sholat. Semoga dengan memohon kepada Allah SWT. kita tetap istiqomah dalam menjalankan ajaran agama Islam dan berhijrah dengan benar.

Perintah untuk Istiqomah

Allah SWT. memerintahkan agar kita tetap istiqomah dalam menjalankan hal – hal yang baik terutama ketika berhijrah ke arah yang jauh lebih baik yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Artinya: “Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorang pun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu istiqomah. Lakukanlah ibadah (secara istiqomah) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari)

Menjadi seseorang yang jauh lebih baik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. bukanlah perkara yang mudah. Tidak dapat hanya dengan mengandalkan diri sendiri. Kita membutuhkan bantuan Allah SWT. agar menjaga hati kita dalam berhijrah agar tidak tergoda pada hal yang menyesatkan dan hanya sebatas bahagia sesaat.

Baca Juga:

Demikianlah doa – doa istiqomah yang telah dijelaskan secara detail. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat diamalkan di keseharian kita ya. Supaya kita tetap istiqomah dalam menjalankan ajaran agama Islam. Terima kasih.