Doa Jenazah

2 min read

Doa Jenazah

Doa Jenazah – Hidup selalu penuh dengan warna, kadang cerah kadang redup. Sama seperti warna yang beraneka ragam, hidup pun begitu. Tiap orang memiliki warnanya sendiri. Meski memiliki warna yang sama tetapi proses menjadi warna tersebut tidaklah mudah dan sama.

Ketika seorang anak masih dalam kandungan, orang tua menantikan hadirnya seorang anak. Kedua orang tua selalu melakukan yang terbaik untuk anak yang sedang dalam kandungan. Tiba waktu melahirkan, seorang ibu bahkan sampai rela kehilangan nyawanya asalkan anaknya dapat lahir ke dunia ini dengan sehat dan selamat tanpa kurang apapun. Mereka tidak peduli yang lahir seorang laki-laki atau pun perempuan.

Tidak sampai di situ, mereka masih harus berjuang menjaga dan merawat anak mereka hingga tua nanti, hingga mereka sudah tidak bernyawa lagi. Tetapi tiap manusia tidak ada satupun yang akan mengetahui kapan seseorang akan meninggal dan hidup. Bisa jadi orang tua yang akan lebih dahulu meninggal atau anak mereka duluan. Wallahu ‘alam.

Ketika seorang anak yang kita jaga dan rawat ternyata lebih disayang Allah Subhanahu wa ta’ala, kita tidak bisa menentangnya. Semua sudah menjadi bagian dari takdir Illahi. Mendoakan adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan.

Begitu pula ketika kita mendengar tentang berita kematian orang lain. Kita akan mendoakan orang yang meninggal tersebut. Berdoa untuk si mayit memang hal yang dapat membantu mayit tersebut, tetapi apakah doa yang digunakan sama dengan doa untuk mayit yang telah baligh? Nah, karena itu berdoa kali ini akan berisi tentang doa jenazah untuk anak-anak yang belum baligh disertai dengan doa ketika mendengar orang lain meninggal. Simak terus ya.

Bacaan Doa Jenazah untuk Anak yang Belum Baligh

Kamu dapat membaca doa pendek berikut ini:

اَللَّهُمَّ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Allahumma a’idzhu min ‘adzaabil qabri.

Artinya: “Ya Allah, lindungilah dia dari siksa kubur.” (HR. Malik, Ibnu Abi Syaibah, dan Al Baihaqi)

Atau bisa juga dengan melengkapi doa tersebut dengan doa yang lebih panjang dan lengkap.

Adapun berikut ini merupakan doa jenazah untuk anak-anak yang belum baligh atau dewasa,

Doa Jenazah untuk Anak yang Belum Baligh
Doa Jenazah untuk Anak yang Belum Baligh

Bacaan Arab Doa Jenazah Anak-Anak yang Belum Baligh

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا وَذُخْرًا لِوَالِدَيْهِ، وَشَفِيْعًا مُجَابًا. اَللَّهُمَّ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا وَأَعْظِمْ بِهِ أُجُوْرَهُمَا، وَأَلْحِقْهُ بِصَالِحِ الْمُؤْمِنِيْنَ، وَاجْعَلْهُ فِيْ كَفَالَةِ إِبْرَاهِيْمَ، وَقِهِ بِرَحْمَتِكَ عَذَابَ الْجَحِيْمِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِأَسْلاَفِنَا، وَأَفْرَاطِنَا وَمَنْ سَبَقَنَا بِاْلإِيْمَانِ

Bacaan Latin Doa Jenazah Anak-Anak yang Belum Baligh

Allaahummaj ‘alhu farathan wa dzukhran liwaa lidaihi, wa syafii’an mujaaban. Allaahumma tsaqqil bihi mawaa ziinahumaa wa a’zhim bihi ujuurahumaa, wa alhiqhu bishaalihil mu’miniin, waj ‘alhu fii kafaalati ibraahiim, wa qihi birahmatika ‘adzaabal jahiim, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi. Allaahummaghfir li aslaafinaa, wa afraathinaa wa man sabaqanaa bil iimaan.

Terjemahan Arti Doa Jenazah Anak-Anak yang Belum Baligh

“Ya Allah, jadikanlah kematian anak ini sebagai pahala yang didahulukan, simpanan bagi kedua orang tuanya dan pemberi syafaat yang dikabulkan doanya. Ya Allah, dengan musibah ini, beratkanlah timbangan perbuatan mereka dan berilah pahala yang agung. Kumpulkan anak ini dengan orang-orang yang saleh dan jadikanlah dia dipelihara oleh Nabi Ibrahim. Peliharalah dia dengan rahmat-Mu dari siksaan Neraka Jahim. Berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia). Ya Allah, ampunilah pendahulu-pendahulu kami, anak-anak kami, dan orang-orang yang mendahului kami dalam keimanan.” (HR. Malik)

Doa tersebut dapat digunakan untuk mendoakan si mayit yang masih anak-anak dan belum baligh. Baligh di sini berarti belum dewasa dan memiliki tanda-tanda seperti yang telah Islam ajarkan. Jika seorang wanita telah mengalami haid atau menstruasi, itu artinya telah memasuki masa baligh. Sedangkan bagi seorang laki-laki, baligh di sini ditandai dengan mimpi basah.

Doa saat ada orang yang meninggal dunia

Ketika mendengar suara yang berasal dari masjid atau mushalah, kita akan seksama dalam mendengarnya. Ketika berita kematian seseorang disebutkan kita akan langsung mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kemudian kita dapat melanjutkan dengan membaca doa berikut ini:

Apabila mayit laki-laki,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah.

Artinya: “Ya Allah, ampuni diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Apabila mayit perempuan,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

Allahummaghfirli wa laha wa’qibni minha ‘uqbaa hasanah.

Artinya: “Ya Allah, ampuni diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya pengganti yang lebih baik.”

Kamu dapat mengamalkan doa ini ketika bertakziah ke rumah saudara atau tetangga. Bantulah keluarga yang berduka dengan kemampuan kamu. Kuatkan dan hiburlah mereka, ikutlah melaksanakan kewajiban terhadap jenazah. Dari mendoakan hingga mengantarkan si mayit ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Doa tersebut merupakan doa yang diucapkan ketika mendengar orang lain meninggal dunia.

Semoga amal ibadah kita, si mayit, dan keluarga yang ditinggalkan berlimpah.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa jenazah untuk anak yang belum baligh dan juga doa saat mendengar tentang orang lain yang meninggal dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read