Doa Memohon Keberkahan dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan

2 min read

Doa Keberkahan

Doa Memohon Keberkahan dengan Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan – Setiap manusia mengharapkan hidup dalam keadaan yang nyaman, baik, dan tenang. Baik itu hidup dalam kemewahan, kesederhanaan, atau pun kekurangan. Setiap manusia berhak untuk hidup bahagia dan damai.

Hidup dengan penuh rasa syukur merupakan suatu keberkahan tersendiri. Jika hidup dengan keberkahan yang telah diberikan oleh Allah SWT., maka hidup kita akan penuh dengan kebaikan dan hal – hal baik lainnya.

Lalu bagaimana dengan doa agar diberi keberkahan dalam hidup ini?

Eits simak terus ya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa keberkahan dan kebaikan dalam hidup beserta bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya.

Pengertian Keberkahan

Keberkahan berasal dari kata berkah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berkah memiliki arti karunia dari Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Kata berkah berasal dari kata yaitu barokah yang artinya nikmat. Kata berkah juga memiliki arti keselamatan, kebaikan, dan juga kesejahteraan untuk tiap – tiap manusia. Hal ini terkandung dalam ayat Al Quran yaitu pada surat Al A’raf ayat 96, Allah SWT. berfirman:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya: “Jikalau sekiranya penduduk negeri – negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat – ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al A’raf ayat 96)

Diberikan kebaikan, dalam hidupnya merupakan hal yang baik. Bertemu dengan orang – orang yang baik atau hidup dengan terus mendapatkan hal baik yang telah Allah SWT. persiapkan merupakan suatu keberkahan yang tidak ternilai.

Menjalani hidup dengan selamat dan sejahtera pun merupakan suatu yang baik. Dalam setiap doa kita selalu meminta agar dapat hidup sejahtera.

Hanya kepada Allah SWT. lah tempat kita meminta dan Allah SWT yang akan memberikan kita sesuatu yang terbaik dan dibutuhkan. karena Allah SWT. Maha Mengetahui segala sesuatu yang tidak diketahui oleh hamba Nya.

Allah SWT. berfirman,

قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali Imran ayat 26)

Doa Memohon Keberkahan

Dipermudah segala urusan merupakan harapan tiap manusia. Salah satu caranya yaitu memohon kepada Allah SWT. agar diberi keberkahan dalam hidupnya.

Adapun doa untuk memohon keberkahan dan kebaikan dalam kehidupannya yaitu sebagai berikut:

Doa Memohon Keberkahan

Bacaan Arab Doa Memohon Keberkahan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَوْمَنَا هَذَا يَوْماً مُبَارَكًا أَوَّلَهُ صَلَاحًا وَ أَوْسَطُهُ فَلاَحًا وَ آخِرُهُ نَجَاحاً وَ عَفْواً وَ عِتْقاً مِنَ النَّارِوَ اجْعَلِ اللَّهُمَّ لَناَ فِيْهِ يَا اللهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَ مِنْ كُلِّ فَاحِشَةٍ سِتْرًا وَ مِنْ كُلِّ عُسْرِ يُسْرًا وَ مِنْ كُلِّ بَلاَءٍ عَافِيَةً وَ اكْفِنَا يَا اللهُ مِنْ مُهِمَّاتِ الدَّارَيْنِ وَ اصْرِفْ عَنَّا شَرَّ اْلمَنْزِلَتَيْنِ وَ اغْفِرْ لَنَا وَ لِوَالِدِيْنَا وَ لِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Memohon Keberkahan

Allahummaj’al yaumanaa hazaa yauman mubaarakan awwalahu shalaahan wa awsathuhu falaahan wa akhirahu najaahan wa ‘afwan wa ‘itqan minan naari waj’alillahumma lanaa fiihi yaa allaahu min kulli hammin farajan wa min kulli dhiiqin makhrajan wa min kulli faahisyatin sitran wa min kulli ‘usrin yusran wa min kulli balaa in ‘afiyatan wakfinaa yaa allaahu min muhimmaatid daarayni washrif ‘annaa syarral manzilatayni waghfir lanaa wa liwaalidiinaa wa lisaa iril muslimiin.

Arti Terjemahan Bacaan Doa Memohon Keberkahan

“Ya Allah, jadikanlah hari ini hari yang penuh berkah, permulaannya kesalehan, pertengahannya kemenangan, dan penghabisannya keberhasilan, ampunan dan kebebasan dari api neraka. Dan jadikanlah, Ya Allah, kelegaan bagi kami di dalamnya, wahai Allah, dari segala kesedihan, jalan keluar dari segala kesempitan, tirai penutup dari segala kekejian, kemudahan dari segala kesulitan, dan keselamatan dari segala bencana. Dan lindungilah kami, wahai Allah, dari segala keburukan dua rumah, dan palingkanlah kami dari keburukan dua tempat, ampunilah kami serta orang tua kami dan seluruh kaum Muslimin.”

Dengan mengamalkan doa tersebut, semoga hidup kita berjalan dengan baik, dilancarkan segala urusannya, dan dipermudah apa yang kita kerjakan. Amiin.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa untuk memohon keberkahan dan kebaikan dalam menjalani hidup di dunia dan di akhirat kelak yang telah dijelaskan beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu ya. Terima kasih.