Doa Keluar Kamar Mandi Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia

2 min read

Doa Keluar Kamar Mandi

Doa Keluar Kamar Mandi Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia – Tiap manusia harus menjaga imannya. Salah satu cara menjaga iman yaitu dengan menjaga kebersihan. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kebersihan bagi seseorang yaitu dengan membersihkan diri.

Selain untuk membuang hajat, kamar mandi juga berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan diri. Jika sebelum masuk kamar mandi kita dianjurkan untuk berdoa sebelum masuk kamar mandi, lantas bagaimana dengan keluar kamar mandi?

Apakah kita juga harus berdoa saat keluar dari kamar mandi?

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai cara berdoa saat keluar kamar mandi yang akan kita baca. Simak terus ya.

Anjuran Berdoa saat Keluar Kamar Mandi

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan mengenai doa masuk kamar mandi. Sama halnya dengan masuk kamar mandi, saat keluar dari kamar mandi pun kita dianjurkan untuk berdoa.

Memulai segala sesuatu dengan berdoa merupakan suatu hal yang baik. Karena artinya, kita selalu mengingat Allah SWT. di mana pun kita berada dan merupakan salah satu cara kita bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Salah satunya karena segala penyakit dan kotoran yang berada pada tubuh kita telah Allah SWT. bantu bersihkan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kepada kita untuk berdoa setelah keluar dari kamar mandi. Bahkan Nabi Muhammad SAW. terbiasa dengan doa tersebut.

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa:

كَانَ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah Beliau keluar dari kamar mandi Beliau ucapkan “Ghufraanaka” (Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu).” (HR. Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan At Tirmidzi)

Berdoa Keluar dari Kamar Mandi

Berdasarkan anjuran dari Nabi Muhammad SAW. untuk berdoa setelah kita keluar dari kamar mandi.

Berdoa saat keluar dari kamar mandi merupakan hal yang harus dibiasakan dalam kehidupan sehari – hari. Adapun doanya yaitu sebagai berikut:

Doa Keluar Kamar Mandi
Doa Keluar Kamar Mandi

Bacaan Arab doa keluar dari kamar mandi

غُفْرَانَكَ اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Bacaan Latin doa keluar dari kamar mandi

Ghufraanaka alhamdulillaahil ladzii adz haba ‘annil adzaa wa ’aafaanii”

Terjemahan arti bacaan doa keluar dari kamar mandi

“Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”

Selain doa di atas, kamu juga dapat berdoa setelah keluar dari kamar mandi dengan doa berikut ini:

Bacaan Arab doa keluar dari kamar mandi

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Bacaan Latin doa keluar dari kamar mandi

Ahamdulillaahil ladzii adz haba ‘annil adzaa Wa’aafaanii”

Terjemahan arti bacaan doa keluar dari kamar mandi

“Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”. (HR. Ibnu Majah)

Kamu dapat menggunakan salah satu dari doa tersebut untuk mengamalkannya.

Hal yang Dilakukan setelah Keluar Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang dibutuhkan oleh tiap manusia.

Meskipun kamar mandi merupakan sebuah tempat untuk membersihkan diri dan mengeluarkan kotoran yang ada dalam tubuh kita. Kita tetap harus memperhatikan beberapa hal setelah keluar kamar mandi.

Salah satu hal yang harus kita perhatikan saat akan keluar kamar mandi yaitu melangkah keluar dengan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kamar mandi merupakan tempat yang tidak suci dan berisi dengan najis.

Selain keluar kamar mandi dengan mendahulukan melangkah dengan kaki kanan, Nabi Muhammad SAW. juga terbiasa dengan beristighfar. Tujuan dari beristighfar yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. yaitu:

Yang pertama yaitu Nabi Muhammad SAW. bertaubat kepada Allah SWT. atas kelemahan dalam bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. dari Allah SWT.

dan yang kedua karena sewaktu buang air Nabi Muhammad SAW. tidak berdzikir kepada Allah SWT. Sedangkan Nabi Muhammad SAW. selalu berdzikir kepada Allah SWT. Oleh karena itu, setelah keluar dari kamar mandi, Nabi Muhammad SAW. segera berdzikir kepada Allah SWT.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai berdoa setelah keluar dari kamar mandi yang telah dijelaskan secara lengkap. Semoga artikel ini membantu kalian dan dapat bermanfaat ya. Terima kasih.