Doa Keluar Masjid (Bacaan Latin, Arap, beserta Artinya) Lengkap

4 min read

Doa Keluar Masjid – Doa saat keluar masjid menurut Sunnah Nabi Muhammad SAW termasuk dalam salah satu sholat Islam yang wajib dilakukan setiap hari.

Kebiasaan berdoa terlebih dahulu sebelum masuk atau keluar tempat ibadah ini akan membuat Anda terbiasa dengan lafadznya dan menghafalnya. Mereka juga menghormati tempat ibadah suci.

Berdoa merupakan adanya sebuah tindakan yang dilakukan oleh umat Islam untuk mendekati Allah SWT. Kapanpun suatu kegiatan dalam Islam dimulai atau diakhiri, dianjurkan dalam mengaji.

Termasuk jika ingin masuk ke masjid. Dianjurkan agar Anda membaca doa untuk masuk ke masjid nanti jika Anda berencana meninggalkan masjid. Anda juga menyarankan membaca doa dari dalam masjid.

Masjid ini menjadi tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid berati tempat beribadah dan nama lain untuk masjid itu adalah Mushalla, Langgar atau Surau. Masjid berasal dari kata “Sajada” yang artinya sujud atau berserah diri.

Dalam salah satu hadits disebutkan bahwa tempat Allah Ta’ala yang paling populer adalah masjid dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar.

Allah berfirman, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menuaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. At-Taubah: ayat 18)

Dalam ajaran islam yakni telah mengajarkan tentang tata krama saat memasuki masjid. Salah satunya diminta memakai baju bagus saat masuk. “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (QS. Al-A’raf: 31).

Nabi Muhammad SAW yakni telah bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu untuk sholat, maka dia menyelesaikan wudhu dan kemudian mendekati sholat wajib. Kemudian dia sholat bersama mereka (dengan jemaah di masjid), Allah harus berbuat dosa memaafkan.” (HR. Muslim)

Saat pergi ke masjid, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah ke kanan dan membaca doa masuk masjid. Sebaliknya, saat meninggalkan masjid, sunah harus berdiri di depan kaki kiri saat shalat meninggalkan masjid. Dia memberi tahu Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu dan berkata:

Hadis-Keluar-Masjid

Artinya:
“Termasuk sunnah ketika masuk masjid adalah mendahulukan kaki kanan. Dan jika keluar dengan mendahulukan kaki kiri”. (HR. Al-Hakim).

Masjid

Doa Keluar Masjid Sesuai Sunnah Nabi

Dalam berdoa akan masuk masjid dan sholat keluar masjid merupakan salah satu tata cara atau kebiasaan yang baik dalam memasuki tempat ibadah oleh umat Islam. Tempat ibadah merupakan tempat yang perlu dijaga kebersihannya karena perlu dijaga kebersihan dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, sebagai ummat yang baik wajib mensyukuri dan santun saat masuk atau keluar dari tempat ibadah. Makanya, tempat ibadah harus dijaga kebersihan dan kesuciannya. Oleh karena itu, setiap muslim perlu mengetahui cara membaca sholat untuk masuk masjid dan sholat agar keluar dari masjid itu baik dan benar.

Dalam Islam, yakni dalam setiap ummah didorong untuk mengaji sebelum masuk ke masjid. Oleh karena itu, ada sholat khusus saat memasuki masjid Nabi. Baca untuk masuk masjid dan sholat sunnah sunnah yang wajib diajarkan kepada generasi muda muslim.

Semoga agama Islam ini terus berkembang dan bermanfaat bagi seluruh dunia. Sholat masuk masjid dan sholat keluar masjid merupakan tata krama saat memasuki tempat ibadah umat Islam.

Masjid merupakan tempat suci yang diagungkan dengan Allah SWT dan harus dijaga dalam suatu kebersihannya. Sebagai Muslim, wajib menghargai dan menggunakan tata cara yang tepat saat memasuki suatu tempat ibadah.

Kami merekomendasikan wudhu sebelum memasuki masjid untuk menjadi suci karena masjid negara berfungsi sebagai tempat ibadah. Karenanya, setiap muslim perlu mengetahui dan memahami cara membaca doa untuk masuk ke masjid. Itu bagus dan benar.

Doa Masuk Masjid Dalam Islam

Doa-Masuk-Masjid

“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya:
“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Doa Keluar Masjid Dalam Islam

Doa-Keluar-Masjid

Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”.

Etika dalam akan memasuki masjid dan keluar masjid oleh umat Islam adalah aturan untuk mulai memahami dan mengikuti sesuai anjuran.

Di tempat ini yakni juga harus diam, tidak bersuara di sinagoga. Jika ingin mengaji lebih baik di hati dan tidak bersuara keras karena bisa mengganggu ketenangan di masjid.

Adab Masuk Masjid Sesuai Sunnah Nabi

Mauk-Masjid

Ada beberapa jenis tata krama saat memasuki masjid yang sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad SAW diantaranya ialah:

a. Sudah Dalam Keadaan Berwudhu

Wudhu yakni harus dilakukan saat Anda berada di rumah. InsyaAllah dengan berwudhu dari rumah, setiap langkah yang kita ambil saat memasuki masjid akan bertambah 1 derajat dan dosa akan diampuni. Mari kita tolak dosa terlebih dahulu dengan berwudhu dari rumah.

b. Masuk Dengan Kaki Kanan

Nabi Muhammad SAW memberikan contoh bagaimana cara masuk masjid dengan kaki kanan dulu. Ia juga membacakan doa ke masjid. Doanya ialah:

“Allahummaf tahlii abwaaba rohmatik”

Selain itu, ada baiknya membaca sholawat terlebih dahulu sebelum memasuki doa masuk masjid.

c. Berniat I’tikaf

Selain masjid untuk membaca sholat, ada baiknya jika harus mencabut keyakinan Islam di masjid. Apa kabar? Inilah arti i’tikaf di masjid:

“Nawaitu an i’tikafa fi hadzal masjidi sunnatal lillaahi ta’ala”

Karenanya, setiap detik yang lewat di masjid diberkati dengan restu i’tikaf.

d. Tidak Berlari Untuk Mengejar Sholat Berjamaah

Lebih baik ditinggalkan dalam doa-doa gereja. Mereka yang masuk masjid tetap harus menjaga sopan santun agar tidak kabur. Akhirnya, ketika seseorang melarikan diri di gereja setelah shalat rokaat, itu penuh sesak. Jika Anda mulai berdoa dengan cepat, itu akan menurunkan pengabdian Anda untuk beribadah.

e. Menjauhkan Diri dari Tidak Khusyu’nya Jamaah Lain

Pertama, matikan ponsel Anda saat memasuki masjid. Tentunya akan mengganggu bila konsentrasi dan pengabdian saat sholat terganggu oleh suara ponsel dan lainnya.

f. Memperbanyak Amal di Dalam Masjid

Di masjid, umat Islam harus membalas amalan melalui mulut. Atau melafalkan dzikir atau doa kepada Nabi SAW. Lakukan ini sesering mungkin saat Anda berada di masjid. Kurangi bicara tentang hal-hal sepele dan bau duniawi. Gunakan kegiatan lisan untuk menerima hadiah dan berkat.

g. Menjaga Kebersihan Masjid

Masyarakat di masjid harus memperhatikan hal ini. Terkadang ada komunitas sampah. Jadikan masjid sebagai tempat yang indah. Jadi, hormati masjid dengan menjaganya tetap bersih.

h. Keluar Dengan Kaki Kiri

Tata krama terakhir datang dari masjid. Cara yang benar untuk keluar dari masjid adalah dengan menggunakan kaki kiri dan mengaji di luar masjid. Jangan lupa sholat sebelum mengaji di depan masjid

Adab Keluar Masjid

Adapun berbagai adab ketika akan keluar dari masjid, diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Keluar bersama kaki kiri terlebih dahulu.
b. Berdoa kepada Allah SWT dan berdoa dan menyapa Nabi.
Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah ia mengucapkan salam atas Nabi dan mengatakan; “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu bagiku. Apabila ia hendak keluar, maka ucapkanlah salam atas Nabi dan mengatakan: “Ya Allah, lindungilah aku dari gangguan setan.” (HR. Ibnu Majah).
c. Niat kembali ke masjid untuk sholat setelahnya. Ini termasuk cara menghubungkan hati ke masjid. Saat adzan berbunyi, kembalilah ke masjid.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Keluar Masjid. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.