Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

2 min read

Doa Kesehatan Umur Panjang

Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang – Setiap manusia menginginkan sehat selalu, bahagia, dan diberikan umur yang panjang. Kesehatan merupakan hal utama yang diperlukan agar bisa mendapatkan umur yang panjang. Jika kita hidup dengan bahagia, kesehatan akan terjaga. Jika tidak menjaga kesehatan, tubuh bisa drop dan menyebabkan timbulnya penyakit-penyakit lainnya.

Selain itu, sakit bukan hanya disebabkan karena tubuh yang tidak dijaga tetapi juga rohani dan pikiran yang diliputi dengan beban yang berat. Itu sebabnya hidup dengan bahagia, ikhlas, dan sabar dalam menjalani semua yang terjadi pada hidup merupakan kunci agar tubuh tetap sehat.

Kesehatan merupakan kunci dari umur yang panjang. Itu sebabnya mereka saling berkaitan. Mohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dalam tiap doa kamu. Supaya Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan kesehatan dan memberikan umur yang panjang kepada kamu. Tahukah kamu bagaimana doanya? Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa supaya diberi kesehatan dan umur yang panjang lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Kita dapat memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan kesehatan dan umur yang panjang.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mencontohkan banyak doa supaya diberikan kesehatan dan umur yang panjang yang dapat diamalkan di tiap harinya.

Adapun berikut ini doa-doanya yaitu:

Doa Agar Diberi Kesehatan

Abdurrahman bin Abu Bakar Radhiyallahu ‘anhu mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam membaca doa berikut ini:

Bacaan Arab Doa Agar Diberi Kesehatan

اللَّهُمَّ عَافِنِي فِى بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Bacaan Latin Doa Agar Diberi Kesehatan

Allahumma ‘aafinii fii badanii, allahumma ‘aafinii fii sam’ii, allahumma ‘aafinii fii basharii laa ilaha illa anta.

Terjemahan Arti Doa Agar Diberi Kesehatan

“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah Tuhanku, sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah Tuhanku, sehatkanlah penglihatanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.” (HR. Abu Daud)

Doa tersebut dibaca oleh Rasulullah pada doa pagi dan sore hari di tiap harinya.

Doa Agar Diberi Kesehatan

Adapun berikut ini doa agar diberi kesehatan yaitu:

Bacaan Arab Doa Agar Diberi Kesehatan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Bacaan Latin Doa Agar Diberi Kesehatan

Allahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan fir rizqi wa taubatan qablal maut, wa rahmatan ‘indal maut, wa maghfiratan ba’dal maut.

Terjemahan Arti Doa Agar Diberi Kesehatan

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesehatan pada badan dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati, dan rahmat di waktu mati, dan ampunan setelah mati.”

Doa Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Adapun berikut ini merupakan doa supaya diberi kesehatan dan umur yang panjang yaitu:

Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Bacaan Arab Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Bacaan Latin Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Allahumma thawwil ‘umuuranaa, wa shahhih ajsaadana wa nawwir quluubana, wa tsabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqanaa, wa ilal khairi qarribnaa wa ‘anisy syarri ab’idnaa, waqdhi hawaa ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirah, innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Terjemahan Arti Doa Agar Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Ya Allah, berilah umur yang panjang kepada kami, sehatkanlah jasad (badan) kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baguskanlah amalan kami, lapangkanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam hal agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa-doa tersebut dapat diamalkan kapan saja terutama di waktu mustajab dalam berdoa. Mintalah hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dengan cara yang baik dan teruslah berikhtiar dalam berdoa. Doa tersebut dapat digunakan untuk mendoakan orang tua, saudara kandung, kerabat, dan orang lain.

Kesehatan merupakan hal yang paling mahal. Susah payah bekerja keras tetapi saat jatuh sakit, jerih payah yang telah dilakukan selama ini bisa habis seketika jika tubuh mengalami drop dan akhirnya sakit. Oleh karena itu, kesehatan merupakan salah satu nikmat atau rezeki yang Allah Subhanahu wa ta’ala yang diberikan. Kita sebagai umat yang taat harus menjaga tubuh kita sendiri agar tetap sehat.

Jika tubuh sehat, maka insya Allah diberikan umur yang panjang. Dengan menjaga dan merawat diri sama halnya dengan bersyukur dalam menjalani kehidupan.

Jika berumur panjang artinya Allah Subhanahu wa ta’ala masih memberikan kesempatan untuk terus beribadah dan memperbaiki diri menjadi lebih dekat kepada-Nya.

Tetapi yang perlu diingat, jika Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan cobaan berupa sakit, maka janganlah berputus asa. Itu artinya Allah Subhanahu wa ta’ala sayang dengan kita. Allah Subhanahu wa ta’ala sedang menegor dan membantu mengurangi dosa kita.

Asalkan kita tetap bersabar dan tawakal dalam menjalaninya. Tetap ingat dan percaya hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa-doa agar diberikan kesehatan dan umur yang panjang terlengkap dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadikan kita pribadi yang taat dan patuh kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Pelaksanaan Shalat Jumat

_pur
3 min read