Doa Ketika Masuk Pasar

2 min read

Doa Ketika Masuk Pasar

Kita didorong untuk berdoa setiap kali kita ingin memulai kegiatan tertentu, bahkan jika kita ingin memasuki pasar, mal, atau tempat belanja lainnya.

Allah memuji orang-orang yang mengingat-Nya dalam keramaian, seperti pasar dan yang lainnya, baik melalui doa maupun melalui zikir.

Pasar, mal atau pusat perbelanjaan lainnya menjadi salah satu tempat tersibuk dalam kehidupan manusia sehari-hari. Pasar adalah pusat pergerakan ekonomi, tempat para pedagang dan pembeli bertemu dan bertransaksi. Para pedagang dan pembeli tawar menawar satu sama lain, antara pedagang yang berada dalam persaingan harga menjajakan barang dagang mereka.

Dengan segala hiruk-pikuknya, pasar pernah disebutkan dalam sejarah sebagai tempat terburuk. Tetapi ini bukan tempat yang tidak bersih, atau harus dihindari.

Pernyataan itu menyatakan bahwa pasar, sebagai tempat kompetisi dan aktivitas sekuler, memiliki potensi untuk membuat seseorang saling menjatuhkan dan lalai kepada tuhannya. Namun, itulah mengapa doa atau dzikir begitu istimewa di pasar.

Berikut ini adalah doa untuk memasuki pasar tradisional dan modern, pusat perbelanjaan, ataupun supermarket.

Doa ketika masuk pasar atau pusat perbelanjaan

Latinnya : (La ilaha illahu wahdahu la syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir)

Artinya : “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa ini dikutip dari hadis riwayat Imam Atthabrani dari Umar bin Khatthab, dia berkata bahwa Nabi saw. bersabda :

Yang Artinya : “Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca; ‘La ilaha illahu wahdahu la syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir,’ Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”

Manfaat dari Doa

Faktanya, pasar adalah medan perang Setan dan tempat di mana bendera besar ditanam. Dari Salman, dia berkata :

Artinya : “Jika engkau bisa, janganlah menjadi orang yang pertama masuk pasar dan terakhir keluar darinya. Karena pasar merupakan medan pertempuran syetan dan di sanalah ia menancapkan benderanya.” (HR. Muslim)

Pasar dan aktivitas iblis yang menggoda penduduknya dalam perang karena banyak kebathilan yang terjadi disana, seperti: penipuan, kebohongan, sumpah palsu, perjanjian kesombongan, menjual barang-barang yang dipesan oleh orang lain, membeli barang-barang yang telah ditawarkan oleh orang lain, Kurangi takaran dan timbangan dll.

Sementara tujuan ditanam bendera iblis dipasar adalah untuk menunjukkan bahwa iblis benar-benar berakar di sana. Di sana, pasukan setan berkumpul untuk menyebarkan perselisihan di antara orang-orang dan menjerumuskan mereka ke dalam perbuatan jahat dan lainnya.Dengan demikian, sebagian besar penghuni pasar mengendalikan kelalaian. Karena itu, pasar adalah tempat yang paling dibenci oleh Allah Swt.

Beberapa penjelasan manfaat dari hadist

  • Pasar berarti semua tempat di mana berbagai barang dibawa dan diperdagangkan, termasuk pasar tradisional, pasar modern, supermarket, pusat perbelanjaan, toko-toko besar dan lainnya.
  • Pasar adalah tempat jual beli dan tempat yang malalaikan manusia untuk mengingat Allah Ta’ala karena mereka sibuk berdagang. Di sana kumpulkan setan dan tentara mereka sehingga orang-orang yang berdzikir di tempat seperti itu telah berperang melawan iblis dan pasukannya, sesuai untuk pahala dan kebajikan-kebajikan besar yang disebutkan dalam hadits di atas,
  • Rasulullah Saw Bersabda: “Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah Masjid, dan yang paling dibenci-Nya adalah pasar.”
  • Seorang Muslim yang mencari rezeki yang halal di pasar dengan selalu mengingat Allah Ta’ala dan meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh-Nya adalah salah satu yang usaha terbaik yang diberkahi Allah Ta’ala, seperti yang dikatakan Nabi Saw : “Sungguh Sebaik-baik Rizki yang dimakan oleh seorang pria, adalah berasal dari usahanya sendiri (yang halal). ”
  • Dzikir ini lebih penting ketika diucapkan secara lisan, disertai dengan penghayatan isi maknanya di dalam hati, karena dzikir yang dilakukan secara lisan dan di dalam hati, lebih sempurna dan utama.
  • Ada hadits lain yang mirip dengan hadits ini, hanya dalam hadits, di akhir pengingat yang disebutkan di atas, ada tambahan: laa ilaaha illallahu wallahu akbar …, hadits tersebut adalah hadits palsu, sebagaimana dinyatakan dalam buku “Adh- Dhaa’iifah” oleh shaykh al-Albani (No. 5171).

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Ketika Masuk Pasar. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read