Doa Ketika Mendengar Petir

2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Berikut ini adalah doa ketika mendengar petir, makna petir serta doa ketika mendengar petir sesuai sunnah Rasulullah Saw dengan lengkap dan ringkas.

Hal yang terlintas dalam pikiran ketika kilatan kilat berkedip yaitu rasa terkejut, heran dan takjub melihat kedahsyatan dan keindahan cahaya, itulah reaksi yang muncul. Tetapi juga muncul rasa takut dan bersembunyi didalam rumah.

Ketika kilatan petir muncul yang kadang didertai dengan suara gemuruh, langit seketika menyala dan pemandangan yang mempesona muncul.

Namun di tengah-tengah kekaguman itu, rasa takut, cemas, dan khawatir juga muncul. Ketika tiba-tiba terdengar bunyi guruh menggelegar, guruh yang begitu dahsyat hingga terkadang jantung berdebar.

Perasaan takjub dan ketakutan memenuhi perasaan kita saat ada petir melintas atau bergemuruh.

Hampir setiap orang pasti takut akan kilat. Ketika tersambar petir, itu sangat menakutkan karena sering mengakibatkan korban jiwa.

Makna Petir

Petir merupakan cahaya yang menyilaukan yang biasanya disertai dengan suara guntur, yang kemudian disebut sebagai guntur.

Secara total, Petir berlangsung dalam waktu hingga setengah detik. Suara gemuruh yang mengikutinya disebabkan oleh pemanasan tiba-tiba udara dari luar di sekitar jalur petir.

Akibatnya, udara mengembang dengan kecepatan yang melebihi kecepatan suara, meskipun gelombang kejut kembali ke gelombang suara normal dalam kisaran beberapa meter.

Gelombang suara terbentuk setelahnya sesuai dengan udara atmosfer dan bentuk permukaan. Itulah alasan terjadinya guntur dan kilat yang saing susul menyusul.

Panas yang dilepaskan oleh petir atau kilatan petir dapat meningkatkan suhu udara sekitar menjadi lima puluh ribu derajat Fahrenheit atau sama dengan dua puluh tujuh ribu tujuh ratus enam puluh derajat Celcius. Sangat panas, benda yang tersambar petir langsung terbakar dan akan hangus seketika itu juga.

Suhu pada tanur untuk meleburkan besi yaitu antara seribu lima puluh dan seribu seratus derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir paling sedikit bisa mencapai sepuluh kali lipatnya.

Panas luar biasa ini berarti petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan semua elemen yang ada di Bumi. Perbandingan lain adalah suhu permukaan matahari yang tinggi yaitu tujuh ratus ribu derajat Celcius.

Dengan kata lain, suhu petir ialah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dipancarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya dari sepuluh juta lampu pijar berdaya seratus watt.

Allah menarik perhatian pada kilasan luar biasa dari petir ini di dalam Al-Quran.

Ketika kita memikirkan kilatan petir ini, kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini benar-benar sesuatu yang menakjubkan.

Kekuatan luar biasa seperti itu diciptakan oleh partikel bermuatan positif dan negatif yang tidak terlihat oleh mata. Dari kekuatan ini muncul petir yang membuktikan sekali lagi bahwa petir itu dibuat dengan kebijaksanaan khusus.

Doa Ketika Mendengar Petir Sesuai Sunnah Rasulullah

Hal yang harus dilakukan ketika Anda mendengar menyaksikan kekuatan petir yaitu berdoa, berdoa memohon perlindungan dari Allah Swt.

Di masa lalu, Mesopotamina dan Suriah, Cina dan India, serta orang-orang Yunani percaya bahwa kilat dan guntur adalah peristiwa-peristiwa indah yang patut disembah dan memberikan pengorbanan kepadanya.

Namun, bagi umat Islam. Petir dan guntur merupakan peristiwa alam yang diciptakan oleh Allah untuk menyebarkan rasa takjub dan takut, yang sebagai mana terdapat dalam Al-Quran

Doa ketika ada petir bahasa arab

Bacaan latin doa ketika ada petir : “Subhanalladzì yusabbìhur ro’du bì hamdìhì wal mala-ìkatu mìn khììfatìh.”

Artinya : “Maha Suci Allah, yang mana Petir dan Malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.” (HR.Iman Malik)

Dengan tasbih di atas kita bermaksud untuk mensucikan Allah dan memuji-Nya, sama seperti petir dan malaikat yang mensucikan Allah karena takut akan Dia.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas mengenai Doa Ketika Mendengar Petir. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *