Doa Khatam Al-Quran

2 min read

Doa Khatam Al-Quran

Berikut ini merupakan materi tentang Doa Khatam Al-Quran, Makna Doa Setelah Khatam Al-Quran, serta Keutamaan Membaca Al-Quran lengkap dengan gambar.

Ketika Anda tidak dapat menghatam Al-Quran, tidak ada kata yang terlambat untuk memperbaiki diri sendiri. Anda sekarang dapat membaca Alquran dengan rajin.

Khatam Al-Quran berarti selesai membaca Al-Quran dari Al-Fatihah atau surat pertama dalam Al-Quran sampai ke An-Naas atau surat pengantar dari Al-Quran.

Itu sebabnya mari selalu membaca dan mendengarkan Alquran dengan rajin. Setelah Anda menghatam Al Qur’an, ada baiknya untuk membaca doa khatam Al-Quran.

Meskipun tidak ada informasi Shahih atau informasi tentang fhadillah berdoa setelah menghatam Al-Quran. Tetapi berdoa setelah khatam Al-Quran telah menjadi tradisi para pendahulu kita dan beberapa ahli fiqih.

Doa Sesudah Khatam Al-Quran

Sesudah khatam membaca Al-Quran dari Juz 1 hingga Juz 30, disarankan untuk membaca doa khatam Al-Quran.

Bacaan Doa Sesudah Khatam Al-Quran

Doa-doa berikut ini dapat anda panjatkan sesudah selesai membaca khatam Al-Quran atau sesudah selesai membaca Al-Quran.

doa-khatam-alquran

Bacaan Latin Doa Khatam Al-Quran

“Allhummarhamni bilqur’an. Wajalhu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa’allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin”

Artinya: “Ya Allah, kasihanilah aku dengan berkah rahmat kitab Al-Quran yang agung ini, jadikan Al-Quran bagiku sebuah panutan, cahaya dan petunjuk serta rahmat.”

“Ya Allah, tolonglah aku jika aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

“Ajari aku apa yang aku tidak tahu, dan beri anugrah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran pada tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia(Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Anda dapat memanjatkan doa ini sesudah seleai membaca Quran atau sesudah mengkhatamkan Al-Quran. Mari kita luangkan waktu untuk membaca Quran dan bacalah Al-Quran walaupun hanya satu ayat.

Al-Quran pula merupakan tuntunan hidup bagi semua Muslim. Oleh karena itu, bacalah Al-Quran dan terjemahannya serta isinya kandungannya sehingga Anda dapat lebih memahami arti dari masing-masing huruf dalam Al-Quran.

Makna Doa Setelah Khatam Al-Quran

Ada 6 makna yang sangat penting dalam Doa Setelah Khatam Al-Quran di atas.

  1. Memohon kasih Tuhan
  2. Minta agar Al-Quran untuk menjadi pembimbing, cahaya, petunjuk, dan rahmat.
  3. Berharap Diingatkan dari isi Al-Quran yang terlupakan.
  4. Megharapkan pelajaran yang tidak kita ketahui dari isi Al-Quran.
  5. Permintaan rezeki dalam bentuk kedekatan dengan Al-Quran.
  6. Memohon Pembelaan dari AL-Quran.

Keutamaan Membaca Al-Quran.

1. Mendapatkan Pahala

Al-Quran akan memberikan ganjaran bagi setiap Muslim yang membacanya.

Sama seperti dalam Hadits riwayat Tirmidzi, yang mengatakan bahwa membaca surat dari Al-Quran akan membawa satu kebaikan, dari satu kebaikan tersebut digandakan menjadi sepuluh kebaikan

2. Memperoleh ketenangan pikiran atau hati

Terdapat didalam Surat Al-Isra ayat 82 menyatakan bahwa Al-Quran diturunkan oleh Allah untuk mengobati semua penyakit hati. Untuk para pembaca Al-Quran dan untuk semua orang yang mendengar dan menyimak ayat-ayat Al-Quran.

3.Ditinggikan Derajatnya

Allah akan meningkatkan derajat orang-orang yang membaca, mempelajari dan mempraktikkan Al-Quran. Selain itu, mereka yang mempraktikkannya akan lebih dekat dengan Allah.

4. Al-Quran dapat memberi Syafaat

Seperti yang telah disebutjelaskan sebelumnya, Al-Quran dapat memberikan syafaat pada hari kiamat bagi siapa saja yang ingin membacanya.

Kemudian memperbanyaklah membaca Al-Quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga kelak Al-Quran adalah penolong Anda pada hari penghakiman (kiamat).

5. Dikunjungi oleh para malaikat

Rumah akan selalu dikelilingi oleh malaikat karena anda selalu membaca Al-Quran dengan sepenuh hati. Dan malaikat akan mengunjungi setiap rumah di mana penduduk selalu membaca Al-Quran.

6. Terbebas dari keluhan Rasulullah

Pada hari kiamat nanti akan ada beberapa orang yang akan dilaporkan oleh Rasulullah kepada Allah. Salah satu pelajaran membaca Al-Quran adalah bahwa ia akan bebas dari keluhan Nabi.

7. Menjadi suatu kehormatan bagi Orang Tuanya di Surga

Mempunyai anak yang saleh dan salehah tentu menjadi impian setiap orang tua. Setiap orang tua berharap bahwa suatu hari nanti anak mereka dapat membantu orang tuanya di akhirat.

Setiap anak yang belajar dan membaca Alquran juga menghafal Al-Qur’an 30 juz, dan di akhirat kelak orang tuanya menerima pakaian luar biasa di surga.

Jadi ajari anak-anak Anda untuk selalu membaca Al-Quran dan mempraktikkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Merupakan suatu kehormatan membaca Al-Qu’ran. Ayo baca Quran dan selalu luangkan waktu untuk membaca Quran beserta terjemahannya.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Khatam Al-Quran. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *